TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Mantan Pemain Valencia yang Kini Merintis Karier di Premier League

Ada 2 pemain Manchester City

Joao Cancelo (goal.com)

Sepak bola Spanyol akan selalu lekat hubungannya dengan dua klub superior, Real Madrid dan Barcelona. Kedua nama itu memang punya hubungan rival yang telah berlangsung sejak lama. Selain itu, dari kedua tim tersebut juga atmosfer kompetisi Spanyol menjadi menarik diikuti oleh banyak penggemar si kulit bundar.

Akan tetapi, ke sampingkan dua nama itu sejenak. Masih banyak tim asal LaLiga lain yang sejatinya juga tak bisa dianggap remeh, seperti Atletico Madrid, Sevilla, dan Valencia. Terkhusus bagi Valencia, klub berjuluk Los Che tersebut memang mengalami penurunan dalam beberapa musim terakhir. Namun, Valencia ternyata juga pernah dibela oleh sederet pemain yang kini berkarier di Premier League. Siapa sajakah mereka?

1. Juan Mata

Juan Mata (90min.com)

Juan Mata telah kenyang pengalaman selama berkarier di Premier League. Ia berkarier di Negeri Ratu Elizabeth sejak tahun 2011 lalu dengan membela 2 klub berbeda, Chelsea dan Manchester United. Namun, sebelum itu, pemain berusia 33 tahun tersebut pernah berseragam Valencia selama 4 musim.

Bersama Los Che juga nama Mata makin melambung yang membuatnya diincar klub-klub papan atas Eropa. Keputusan Mata memilih Chelsea sebagai klub barunya tentu tak salah mengingat ia meraih kesuksesan besar di sana. Kendati harus terdepak, kiprah Mata di Inggris masih terus berlanjut usai bergabung ke Manchester United sejak tahun 2014 lalu.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih Everton

2. Andre Gomes

Andre Gomes (skysports.com)

Nama Andre Gomes mungkin lebih diingat saat membela Barcelona. Bersama La Blaugrana, kiprah Gomes tak begitu istimewa karena kalah bersaing di lini tengah. Padahal, ia merupakan tumpuan utama di tim sebelumnya, yaitu Valencia. Gomes membela Los Che selama 2 musim dan mulai meraih kepopuleran.

Performa apiknya bersama Valencia turut membuat Barcelona kepincut dan membawa Gomes ke Camp Nou. Akan tetapi, kegagalannya mendapatkan tempat utama membuat Gomes tak bisa bertahan lama. Ia memutuskan hengkang ke Everton di musim panas 2018 dan menjadi salah satu pilar kunci The Toffees meski sempat diterpa cedera parah.

3. Ferran Torres

Ferran Torres. (eurosport.com)

Ferran Torres baru memulai petualangannya di Premier League sejak musim lalu. Ia bergabung dengan Manchester City untuk memperkuat kedalaman di sektor penyerangan. Hadirnya Torres membawa dampak positif bagi The Cityzens. Terlebih lagi, ia mampu menggantikan peran Sergio Aguero dengan begitu baik.

Kunci dari perkembangan karier Torres sejauh ini tentu tak lepas dari klub lamanya, Valencia. Klub berlogo kelelawar itu sudah tak asing lagi bagi Torres karena ia memulai karier profesionalnya di sana. Puncaknya, pada musim 2017/2018 lalu, Torres promosi ke tim utama dan membantu Valencia berkutat di papan atas LaLiga.

4. Rodrigo Moreno

Rodrigo Moreno (skysports.com)

Tak hanya Ferran Torres, eks pemain Valencia lain yang baru memulai debutnya di Premier League musim lalu adalah Rodrigo Moreno. Berbeda dengan nama-nama lain yang hijrah ke klub besar, Rodrigo menjatuhkan pilihannya ke Leeds United, tim yang baru promosi ke Premier League sejak menghilang beberapa tahun.

Makin spesial lagi, Rodrigo datang sebagai rekrutan termahal Leeds dengan mahar 30 juta euro atau sekitar Rp514 miliar. Pengalamannya yang pernah membela Valencia selama 6 musim menjadi modal kuat bagi Rodrigo untuk bersaing di Inggris. Hanya saja, musim debutnya di Premier League tak berjalan mulus karena adaptasi yang lambat.

Baca Juga: 5 Pemain Top Portugal yang Pernah Membela Valencia, Ada Joao Cancelo!

Verified Writer

Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya