TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Euro, CR7 Kejar Platini!

Akankah akan ada rekor baru di Euro 2020 nanti?

Cristiano Ronaldo (goal.com)

Kurang dari sebulan kita akan menyaksikan pertarungan pesepak bola Eropa. Euro 2020 yang semestinya digelar pada tahun lalu, baru akan digelar pada Juni nanti akibat COVID-19. Gelaran 4 tahunan sepak bola Eropa itu tentunya akan menjadi panggung bagi bintang-bintang Eropa.

Dalam sejarah Euro, sudah banyak pemain yang bisa membuktikan diri dengan mencatatkan gol yang cukup banyak di ajang ini. Cristiano Ronaldo yang juga akan berlaga di Euro 2020 nanti sangat berpeluang menjadi top skor sepanjang masa Euro. Saat ini ia memiliki gol yang sama dengan Michel Platini. Lantas, siapa saja pemain dengan gol terbanyak dalam sejarah Euro? Berikut ulasannya.

1. Michel Platini - Prancis (9 Gol)

Michel Platini (fifa.com)

Salah satu pemain dengan gol terbanyak dalam sejarah Euro adalah Michel Platini. Pemain yang telah gantung sepatu pada tahun 1987 ini pernah menjadi andalan Timnas Prancis di masa jayanya. Ia juga pernah mengantarkan Prancis juara Euro 1984. Di ajang Euro, ia menorehkan 9 gol hanya dari 5 pertandingan.

2. Cristiano Ronaldo - Portugal (9 Gol)

Cristiano Ronaldo (twitter.com/goal)

Selain Michel Platini, ada Cristiano Ronaldo yang juga telah mengemas 9 gol dari 21 pertandingan di Euro. Bahkan, megabintang Portugal ini masih sangat berpeluang menambah jumlah golnya. Pemain yang kini membela Juventus itu dipastikan akan ambil bagian di Euro 2020 nanti setelah dipanggil Timnas Portugal. Ronaldo juga telah mengantarkan Portugal juara Euro 2016 lalu.

3. Alan Shearer - Inggris (7 Gol)

Alan Shearer (thefa.com)

Alan Shearer yang berstatus sebagai pencetak gol terbanyak di Premier League juga memiliki gol yang cukup banyak di Euro. Pemain yang membela Timnas Inggris ini telah mengoleksi 7 gol dari 9 pertandingan di Euro. Sayangnya, Shearer gagal membawa Timnas Inggris menjuarai Euro hingga ia pensiun pada tahun 2006 lalu.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Swedia Sepanjang Masa, Ada Ibrahimovic

4. Zlatan Ibrahimovic - Swedia (6 Gol)

Zlatan Ibrahimovic (eurosport.com)

Pemain ketiga ini juga sebenarnya masih aktif bermain meskipun sudah berusia 39 tahun, yakni Zlatan Ibrahimovic. Sempat kembali membela Timnas Swedia, ia dipastikan akan absen pada gelaran Euro 2020. Selama bermain di Euro, Zlatan telah menggelontorkan 6 gol dari 13 pertandingan.

5. Thierry Henry - Prancis (6 Gol)

Thierry Henry (bleacherreport.com/Shaun Botterill/Getty Images)

Thierry Henry juga menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Euro. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2015 itu pernah membawa Timnas Prancis menjuarai Euro pada edisi tahun 2000. Untuk catatan pribadi, legenda Arsenal itu mengoleksi 6 gol dari 11 pertandingan selama bermain di Euro.

6. Patrick Kluivert - Belanda (6 Gol)

Patrick Kluivert (uefa.com)

Salah satu legenda Belanda, Patrick Kluivert, juga tampil meyakinkan di Euro. Sayangnya, ia gagal membawa Timnas Belanda menjadi juara di Euro sepanjang kariernya hingga gantung sepatu pada tahun 2008. Kluivert berhasil mencetak 6 gol dari 9 pertandingan di Euro.

7. Nuno Gomes - Portugal (6 Gol)

Nuno Gomes (goal.com)

Sebelum Cristiano Ronaldo, Timnas Portugal mengandalkan Nuno Gomes untuk urusan mencetak gol. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2014 itu berhasil mencetak 6 gol dari 14 pertandingan di Euro. Namun, prestasi terbaiknya bersama Timnas Portugal hanya mencapai partai final.

8. Antoine Griezmann - Prancis (6 Gol)

Antoine Griezmann (goal.com)

Pemain Prancis lainnya yang juga memiliki catatan gol cukup banyak di Euro adalah Antoine Griezmann. Griezmann juga masih memiliki peluang besar untuk menambah koleksi golnya di Euro. Pemain yang kini membela Barcelona itu dipastikan akan membela Prancis di Euro 2020 nanti. Sejauh ini, ia telah menorehkan 6 gol dari 7 pertandingan di Euro.

9. Wayne Rooney - Inggris (6 Gol)

Wayne Rooney (fifa.com)

Berikutnya ada Wayne Rooney yang pernah menjadi andalan Timnas Inggris. Rooney telah memutuskan gantung sepatu pada Januari 2021 lalu. Ia pun dipastikan tak bisa menambah gol dan membawa Timnas Inggris juara Euro. Selama bermain di Euro, ia menorehkan 6 gol dari 10 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diprediksi Tetap Tampil di Euro 2020 meski Masih Cedera

Verified Writer

Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya