TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiper Berkebangsaan Kamerun yang Merumput di Liga Eropa

Ada yang menjadi pemain andalan timnya!

André Onana ketika memperkuat Ajax Amsterdam di Eredivisie. (instagram.com/andreonana.24)

Kamerun bisa dibilang sebagai salah satu tim besar di Benua Hitam yang sudah menorehkan lima gelar juara Piala Afrika. Tim ini juga berhasil menjadi perwakilan negara Afrika dalam ajang Piala Dunia 2022 di Qatar pada November mendatang. 

Meskipun demikian, tim berjuluk Les Lions Indomptables ini masuk dalam grup G yang dikenal cukup berat. Pasalnya, Kamerun harus bertemu dengan Brasil, Serbia, dan Swiss yang diisi oleh pemain sepak bola berkelas dunia. 

Penampilan Kamerun dalam beberapa tahun belakangan ini memang cukup meyakinkan setelah beberapa pemain andalannya tersebar di sejumlah liga Eropa. Beberapa pemain Kamerun banyak yang merumput di Eropa juga, termasuk penjaga gawang. Siapa saja mereka?

1. Boris Ngoua (RSC Charleroi)

Boris Ngoua ketika menjalani latihan bersama Charleroi. (instagram.com/boris.ngoua_99)

Pertama, ada nama Boris Ngoua yang kini tengah memperkuat klub Belgia, RSC Charleroi. Penjaga gawang berkebangsaan Kamerun ini baru saja menginjak usia 19 tahun pada Mei lalu. Lantaran usianya yang masih belia, maka ia belum ditunjuk untuk membela tim senior Charleroi.

Pemain kelahiran 2003 ini masih belum mendapatkan kesempatan sebagai penjaga gawang utama di tim junior Charleroi. Meski begitu, kabarnya ia sudah mendapatkan panggilan dari tim nasional Kamerun U-20. 

Baca Juga: 5 Pemain Top Kamerun yang Bermain di Kompetisi Eropa, Penuh Talenta

2. Blondy Nna Noukeu (Stoke City)

Blondy Nna Noukeu saat menjalani sesi latihan bersama Stoke City. (facebook.com/SCFCThe12thMan)

Blondy Nna Noukeu dikenal sebagai salah satu kiper muda berkebangsaan Kamerun yang merumput di klub Eropa. Pemain yang akan menginjak usia 21 tahun pada September mendatang ini sudah merumput di klub divisi dua Liga Inggris, Stoke City sejak awal tahun 2022. 

Pemain jebolan akademi Stoke City ini sempat merumput di akademi klub Belgia, Mouscron pada 2019 silam. Pada 2021/2022, Nna Noukeu sudah diturunkan dalam tiga belas pertandingan dan berhasil mempersembahkan dua clean sheets

3. Devis Epassy (OFI Kreta)

Davis Epassy ketika membela Timnas Kamerun. (instagram.com/devis.epassy)

Mengawali kariernya di dunia sepak bola bersama Rennes, kini Devis Epassy tengah memperkuat tim Liga Yunani, OFI Kreta. Pemain berusia 29 tahun ini sudah bergabung dengan tim asal Kota Heraklion itu pada 2021 dari PAS Lamia dengan status bebas transfer. 

Bersama OFI Kreta, Epassy sudah dijadikan kiper andalan dan berhasil mencatatkan 8 clean sheets dalam 26 pertandingan. Ia juga sudah dimasukkan dalam skuad Timnas Kamerun dalam gelaran Piala Afrika 2021 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

4. Simon Ngapandouetnbu (Olympique Marseille)

Simon Ngapandouetnbu ketika membela Marseille. (instagram.com/infolympiquedemarseille)

Kemudian, ada Simon Ngapandouetnbu yang dikenal sebagai penjaga gawang dalam skuad Olympique Marseille. Pemain muda berusia 19 tahun ini sudah masuk dalam tim senior Les Olympiens sejak 2019 silam. Sayangnya, karena statusnya sebagai kiper pelapis ia belum dikeluarkan dalam pertandingan klubnya. 

Ngapandouetnbu yang memiliki dua kewarganegaraan, Prancis dan Kamerun memang dikenal lebih memilih untuk membela Prancis. Namun, bukan berarti ke depannya, ia tidak akan berpaling untuk membela tim Les Lions Indomptables.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Ternyata Punya Kewarganegaraan Kedua Kamerun

Verified Writer

Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya