5 Pemain Top Ini Ternyata Punya Kewarganegaraan Kedua Kamerun

Termasuk pemain muda Manchester United Anthony Elanga

Kamerun merupakan tuan rumah Piala Afrika 2021. Mereka meraih peringkat ketiga saat itu. Kamerun sendiri merupakan langganan perwakilan benua tersebut di Piala Dunia. 

Kamerun punya cukup banyak nama top yang bermain di klub Eropa. Malah ada sebagian pesepak bola yang tidak membela tim nasional Kamerun, tetapi memiliki kewarganegaraan kedua di negara tersebut.

1. Aurelien Tchouameni

5 Pemain Top Ini Ternyata Punya Kewarganegaraan Kedua KamerunAurelien Tchouameni bersama AS Monaco (lookcharms.com)

Nama Aurelien Tchouameni naik daun dalam 2 musim terakhir setelah tampil impresif bersama AS Monaco. Berposisi sebagai gelandang bertahan, pemain berusia 22 tahun itu merupakan pemain internasional Prancis saat ini. 

Dia sendiri memiliki kewarganegaraan kedua Kamerun yang didapatkan dari orangtuanya. Walau memiliki darah Kamerun, Aurelien Tchouaméni lebih memilih membela Prancis karena lahir dan besar di negara tersebut. 

2. Youssoufa Moukoko

5 Pemain Top Ini Ternyata Punya Kewarganegaraan Kedua KamerunYoussoufa Moukoko (fcbarcelonanoticias.com)

Youssoufa Moukoko merupakan bintang muda Borussia Dortmund. Moukoko berhasil menjadi pelapis Erling Haaland yang tak kalah berbahaya pada 2020 lalu. Pemain berusia 17 tahun itu juga menjadi andalan timnas Jerman U-21 saat ini.

Moukoko sebenarnya bisa saja membela timnas Kamerun karena dia lahir di Younde, Kamerun. Selain itu, kedua orangtua Moukoko berasal dari Kamerun. Walau begitu, dia memilih untuk membela timnas Jerman karena besar di sana sejak kecil.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Ternyata Memiliki Kewarganegaraan Kedua Prancis

3. William Saliba

5 Pemain Top Ini Ternyata Punya Kewarganegaraan Kedua KamerunWilliam Saliba bersama Marseille (odu.bz)

Tak banyak yang tahu bahwa William Saliba memiliki dua kewarganegaraan, Prancis dan Kamerun. Lahir di Bondy, Prancis, dia memiliki keturunan Kamerun dari orangtuanya. 

Dia memasuki dunia sepak bola pada usianya yang baru 6 tahun. Kala itu dia dilatih ayah Kylian Mbappe. Berposisi sebagai bek tengah, pemain berusia 20 tahun itu kini menjadi kapten timnas Prancis U-21.

4. Anthony Elanga

5 Pemain Top Ini Ternyata Punya Kewarganegaraan Kedua KamerunAnthony Elanga bersama Manchester United (skysports.com)

Fans Manchester United pastinya tak asing lagi dengan sosok Anthony Elanga. Dia merupakan pemain muda yang diorbitkan ke skuad utama oleh Ralf Rangnick pada awal Januari 2022 lalu. Dia mulai mendapatkan jatah bermain yang banyak di skuad utama setelah Mason Greenwood terseret kasus kekerasan terhadap pacarnya. 

Elanga saat ini memperkuat Timnas Swedia U-21. Lahir di Hylie, Swedia, Elanga juga memiliki keturunan Kamerun dari orang tuanya sehingga dirinya juga memiliki kewarganegaraan kedua Kamerun.

5. Bryan Mbeumo

5 Pemain Top Ini Ternyata Punya Kewarganegaraan Kedua KamerunBryan Mbeumo bersama Brentford (brentfordfc.com)

Bryan Mbeumo merupakan pemain Brentford yang bergabung pada 2019 sejak didatangkan dari Troyes. Pemain berusia 22 tahun itu memiliki posisi sebagai penyerang sayap. Tampil apik bersama Brentford pada 2 musim terakhir, Mbeumo belum pernah dipanggil oleh Didier Deschamps sejauh ini.

Mbeumo sendiri memiliki potensi untuk bergabung ke rimnas Kamerun. Dia memiliki kewarganegaraan kedua Kamerun dari orangtuanya yang merupakan keturunan negara tersebut.

Dari sekian nama di atas, hanya ada nama Bryan Mbeumo yang berpotensi bergabung ke timnas Kamerun. Sedangkan, keempat pemain lainnya dipercaya akan terus membela tim nasional kewarganegaraannya pertama.

Baca Juga: 10 Fakta Vincent Aboubakar, Striker Kamerun Top Skor Piala Afrika 2021

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya