TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Eks Akademi RC Lens yang Bermain di Liga Italia pada 2023/2024

Wylan Cyprien memperkuat klub Serie B Italia

Wylan Cyprien (instagram.com/wylancyprien)

RC Lens adalah klub yang berkompetisi di Ligue 1, kasta teratas sepak bola Prancis. Seperti klub-klub lain, RC Lens juga memiliki akademi yang bertujuan untuk mengasah para talenta muda. Sudah banyak pemain jebolan akademi RC Lens yang melanglang buana dan merumput di berbagai liga berbeda.

Salah satu liga sepak bola yang jadi destinasi para eks akademi RC Lens adalah Liga Italia. Pada 2023/2024, ada sedikitnya tiga pemain eks akademi RC Lens yang merumput di Liga Italia. Ada 1 yang bermain untuk klub Serie A, dan 2 yang bermain untuk klub Serie B. Penasaran siapa saja mereka? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Ange Caumenan N'Guessan bermain untuk Ternana di Serie B Italia

Ange Caumenan N'Guessan (ternanacalcio.com)

Ange Caumenan N'Guessan adalah pemain kelahiran Paris, Prancis, yang kini berusia 20 tahun. Dia biasa beroperasi di lini belakang seiring berposisi utama sebagai bek tengah. Postur N'Guessan yang mencapai 187 sentimeter bisa dibilang cukup ideal untuk mengisi posisi tersebut.

N'Guessan sendiri pernah menimba ilmu di akademi RC Lens dan menunjukkan kinerjanya di berbagai kategori umur. Tak sampai promosi ke tim senior, pemain yang berpaspor Prancis/Pantai Gading ini dilepas ke Torino U19 pada musim dingin 2022. Dinilai sudah cukup matang, N'Guessan dipromosikan ke tim senior Torino pada musim panas 2023.

Sayang, N'Guessan agaknya kesulitan bersaing di tim senior Torino. Alhasil, dirinya harus dipinjamkan kepada Ternana pada musim dingin 2024. Dengan dipinjamkan, N'Guessan diharapkan bisa mendapat menit bermain yang cukup untuk mendukung perkembangannya sebagai seorang pemain muda.

2. Wylan Cyprien mengisi lini tengah Parma

Wylan Cyprien (instagram.com/wylancyprien)

Selanjutnya, ada pemain berusia 29 tahun bernama Wylan Cyprien. Pemain dengan tinggi badan 180 sentimeter ini kerap mengisi area tengah permainan tim. Cyprien sanggup menjalankan tugas sebagai gelandang tengah, gelandang serang, dan gelandang bertahan sesuai kebutuhan tim.

Cyprien sempat dididik di akademi RC Lens dan promosi ke tim senior pada 11 Maret 2013. Sepak terjangnya di Liga Italia dimulai pada 5 Oktober 2020. Saat itu, Cyprien dipinjamkan kepada klub Serie B Italia bernama Parma. Setelah masa peminjamannya habis, pemain berpaspor Prancis/Guadeloupe ini dipermanenkan oleh Parma.

Parma rela membayar biaya transfer sebesar 131 miliar rupiah untuk mendatangkan Cyprien. Saat ini, dia masih terikat kontrak dengan Parma hingga musim panas 2025. Pada 2023/2024, Cyprien sudah memainkan 13 pertandingan di berbagai ajang bersama klub dan mengukir 2 gol per 6 April 2024.

Verified Writer

Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya