Beban Berat Menanti Shin Tae Yong di Bulan September

Shin akan lakoni jadwal super padat

Jakarta, IDN Times - September 2023 agaknya akan jadi bulan yang berat bagi seorang Shin Tae Yong. Dua timnas yang dia tangani, yakni Timnas Indonesia senior dan Timnas U-23, bakal menjalani laga dalam waktu yang berdekatan.

Kok bisa seperti itu? Jadi, semua berawal dari kontrak Shin yang mewajibkannya menangani Timnas U-23 di ajang Piala AFF U-23 dan Kualifikasi Piala Asia U-23. Alhasil, dia bertanggung jawab menangani skuad Garuda Muda.

Bersamaan dengan itu, Shin juga diserahi tanggung jawab untuk menangani Timnas Indonesia senior. Nah, di bulan September ini, Timnas senior dan U-23 dihadapkan pada dua agenda yang sangat berdekatan.

1. Timnas Indonesia dan Timnas U-23 main di dua ajang berbeda

Beban Berat Menanti Shin Tae Yong di Bulan SeptemberPotret latihan Timnas Indonesia di Lapangan ABC Senayan, Kamis (15/6/2023). (IDN Times/Tino).

Berdasarkan pengumuman dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Timnas Indonesia akan melakoni FIFA Matchday lawan Turkmenistan, 8 Septembe 2023r. Venue laga sendiri dipastikan di Gelora Bung Tomo, Surabaya, tidak di Jakarta.

"Artinya kita akan mengisi satu pertandingan (di FIFA Matchday September) tanggal 8 September, lawan Turkmenistan, itu nanti di Gelora Bung Tomo. Jadi hanya satu, tidak mengisi dua, karena ada Kualifikasi Piala Asia U-23," ujar Erick pada Kamis, 20 Juni 2023.

Uniknya, selang sehari setelah pertandingan ini, Timnas U-23 akan mentas di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Solo. Nah, bagaimana cara Shin mengatur waktunya ini? Apalagi jarak Solo dan Surabaya juga terbilang jauh.

Baca Juga: Argentina Patahkan Rekor Nirkalah Shin Tae Yong di Kandang

2. Fokus juga terbagi saat persiapan laga

Beban Berat Menanti Shin Tae Yong di Bulan SeptemberTimnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday. (dok. PSSI)

Tidak cuma saat pertandingan, fokus Shin juga akan terbagi saat masa persiapan. Karena, sudah barang tentu Timnas Indonesia senior dan Timnas U-23 Indonesia akan melakoni pemusatan latihan terlebih dahulu.

Ditambah lagi, Shin tentu akan kesulitan mengakali ketersediaan pemain. Dengan jeda sehari antara laga lawan Turkmenistan dan juga Kualifikasi Piala Asia U-23, dia tak bisa menggunakan skuad yang sama. Beda cerita jika laga berselang minimal empat hari.

3. Apa yang mesti dilakukan Shin?

Beban Berat Menanti Shin Tae Yong di Bulan SeptemberPelatih Timnas Indonesia U-20 saat memimpin latihan Timnas Indonesia, di Uzbekistan, Jumat (3/3/2023). (Dok. PSSI).

Untuk menyiasati dekatnya jadwal antara FIFA Matchday dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ini, Shin bisa saja mengutus perwakilannya di posisi asisten pelatih, untuk fokus mendampingi salah satu tim, entah itu U-23 atau senior.

Pun ketika berlaga, jikapun Shin memang malas menempuh perjalanan jauh, dia bisa saja mengutus asisten pelatih untuk mendampingi tim di salah satu laga. Bisa jadi, dia menerapkan ini di laga Kualifikasi Piala Asia U-23.

Berbeda dengan FIFA Matchday yang hanya digelar sehari, Timnas U-23 akan melakoni dua laga di Kualifikasi Piala Asia U-23, yakni lawan Taiwan pada 9 September, dan Turkmenistan pada 12 September.

Masih ada kesempatan bagi Shin Tae Yong menemani tim di salah satu laga kualifikasi. Terlepas dari itu, tak bisa dimungkiri bahwa sosok asal Korea Selatan itu harus betul-betul memutar otak di awal September 2023 ini.

Baca Juga: Acungan Jempol Shin Tae Yong untuk Struick dan Jenner

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya