5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Besar EPL

Banyak pemain yang dilepas pada musim panas ini

Chelsea merupakan salah satu tim unggulan di English Premier League (EPL). Klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu cukup sering bertengger di papan atas klasemen EPL. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari banyaknya pemain berkualitas yang dimiliki.

Dengan materi pemain yang berkualitas, tidak heran para pemain Chelsea menjadi incaran tim lain, tidak terkecuali tim besar EPL. The Blues tercatat beberapa kali melepas pemain ke klub pesaingnya di Premier League. Berikut lima pemain Chelsea terakhir yang dilepas secara permanen ke klub besar EPL.

1. Willian

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Besar EPLpotret Willian (chelseafc.com)

Pertama, ada Willian, eks gelandang atau winger asal Brasil. Willian pernah berkarier di Premier League bersama tiga klub berbeda, yaitu Chelsea, Arsenal, dan Fulham. Namun, klub EPL yang membesarkan namanya adalah Chelsea. Pemain 34 tahun tersebut memperkuat The Blues selama 7 musim pada 2013--2020.

Willian sukses mempersembahkan berbagai gelar juara bagi Chelsea termasuk dua trofi Premier League pada 2014/2015 dan 2016/2017. Dirinya berhasil mencatatkan 339 penampilan dengan mengemas 63 gol dan 62 assist. Pada musim panas 2020, Willian memutuskan untuk berlabuh ke Arsenal dengan status bebas transfer setelah kontraknya bersama The Blues habis.

2. Jorginho

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Besar EPLpotret Jorginho(chelseafc.com)

Jorginho juga memulai karier di Premier League bersama Chelsea. Gelandang bertahan asal Italia itu didatangkan Chelsea dari Napoli pada 2018. Jorginho menjadi salah satu pemain pilar di lini tengah The Blues. Ia telah tampil dalam 213 pertandingan dengan mencatatkan 29 gol dan 8 assist.

Setelah memperkuat Chelsea selama 4,5 musim, Jorginho secara mengejutkan hengkang ke Arsenal pada Januari 2023. Pemain 31 tahun itu ditebus dengan harga 11,3 juta euro atau Rp190 miliar. Sang pemain menandatangani kontrak selama 1,5 musim hingga Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: 5 Prestasi Jorginho Saat Berseragam Chelsea

3. Mateo Kovacic

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Besar EPLpotret Mateo Kovacic (chelseafc.com)

Saat Jorginho bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2018, ia tidak sendiri. Mateo Kovacic saat itu juga didatangkan The Blues dari Real Madrid dengan status pinjaman selama semusim. Berkat penampilan apiknya, pemain asal Kroasia itu dipermanenkan pada Juli 2019. Secara total, Kovacic telah mengemas 221 penampilan dengan kontribusi 6 gol dan 15 assist.

Kebersamaan Kovacic dengan Chelsea resmi berakhir pada musim panas ini. Gelandang berusia 29 tahun itu diboyong Manchester City dengan biaya transfer mencapai 29,1 juta euro atau Rp489 miliar. Kovacic akan mengenakan nomor punggung delapan yang ditinggalkan Ilkay Gundogan.

4. Mason Mount

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Besar EPLpotret Mason Mount (chelseafc.com)

Mason Mount merupakan pemain hasil didikan akademi Chelsea. Dirinya berhasil promosi ke skuad utama The Blues pada 2019. Sejak saat itu Mount menjadi pemain yang tidak tergantikan di lini tengah Chelsea dengan mencatatkan 195 penampilan.

Pada musim panas ini, Mount resmi berpisah dengan klub yang membesarkan namanya itu. Manchester United menjadi pelabuhan selanjutnya bagi pemain 24 tahun tersebut. Untuk mendatangkan Mason Mount, The Reds harus mengeluarkan 64,2 juta euro atau setara Rp1 triliun. Mount diikat kontrak selama 5 musim hingga 2028 mendatang.

5. Kai Havertz

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Klub Besar EPLpotret Kai Havertz (chelseafc.com)

Chelsea ternyata cukup sering melepas pemainnya ke Arsenal. Setelah Willian dan Jorginho, Kai Havertz menyusul pada musim panas ini. Kai Havertz adalah gelandang asal Jerman yang memperkuat Chelsea sejak 2020.

Kai Havertz meninggalkan Stamford Bridge setelah The Gunners menebusnya dengan harga 75 juta euro atau Rp1,2 triliun. Kehadiran Havertz di skuad Arsenal menjadi amunisi yang sangat berharga. Pasalnya, tim asuhan Mikel Arteta itu akan kembali tampil di ajang Liga Champions pada 2023/2024.

Lima pemain di atas dilepas Chelsea ke klub besar Premier League. Dari daftar tersebut, sebagian besar pemain, yaitu Mateo Kovacic, Mason Mount, dan Kai Havertz baru saja meninggalkan The Blues pada musim panas ini. Penampilan pemain-pemain tersebut bersama klub barunya tentu sangat dinantikan para pecinta sepak bola.

Baca Juga: Kai Havertz Jadi Pemain dengan Gaji Tertinggi di Arsenal

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya