5 Pemain yang Berpotensi Jadi Top Skor di Liga 1 2020

Siapa jagoan kalian?

Pemain Persija, Marko SImic. Instagram/@persijajkt

Jakarta, IDN Times - Liga 1 2020 resmi bergulir. Gelaran ajang kompetisi sepak bola tertinggi Tanah Air itu akan ditandai laga seru bertajuk derbi Jawa Timur, yakni tuan rumah Persebaya yang bakal bentrok dengan Persik di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (29/2).

Sama halnya seperti edisi sebelumnya, Liga 1 musim ini diprediksi bakal berjalan sengit. Melihat deretan pemain di setiap tim, tampaknya lebih seimbang. Gelar juara atau penentuan degradasi pun kemungkinan bakal dipastikan di detik-detik akhir jelang kompetisi selesai.

Selain penentuan gelar juara, persaingan prestasi individu pun tak kalah seru. Setiap pemain, baik lokal maupun asing, bakal berebut singgasana untuk jadi yang paling subur. Berikut sederet pemain yang berpotensi jadi top skor di Liga 1 2020.

Baca Juga: Liga 1: Antar Lini PSM vs PSS, Para Rekrutan Anyar dan Sosok Andalan 

1. Marko Simic (Persija)

Persija.id

Marko Simic tetap jadi kandidat top skor paling kuat di Liga 1 edisi kali ini. Hal itu bisa dilihat dari kestabilan performanya saat tampil pada ajang pramusim bertajuk Piala Gubernur Jatim. Bahkan, ia jadi pemain paling subur pada ajang itu dengan mencetak enam gol, unggul tiga gol dari dua penggawa Persebaya, Makan Konate dan David da Silva.

Musim lalu, pemain berpaspor Kroasia tersebut jadi top skor Liga 1 2019 dengan koleksi 28 gol. Peluang untuk melampaui catatan tersebut cukup besar, mengingat musim ini ia tak hanya bergantung pada Riko Simanjuntak saja, yang biasa memberikan assist musim lalu, tapi ada juga Evan Dimas, Marc Klok, sampai Marco Motta yang bisa memanjakan Simic dengan umpan-umpan akuratnya.

2. Alberto "Beto" Goncalves (Madura United)

pssi.org

Nama pemain naturalisasi Alberto Goncalves alias Beto tak bisa dikesampingkan dalam persaingan musim ini. Ia tetap berpotensi jadi pesaing kuat Marco Simic lantaran tak terlihat penurunan performa sejak pertama kali tampil di Indonesia, yang selalu mencetak lebih dari 10 gol per musim. Tentu itu rekor yang sulit diukir oleh siapa pun yang tampil di Liga Indonesia.

Musim lalu, Beto bisa membukukan 18 gol, torehan itu merupakan yang paling mendekati Simic. Jika konsistensinya terus terjaga sampai akhir musim dan tak terganggu usia yang terus bertambah, bukan tak mungkin pemain yang kini mengantongi paspor Indonesia tersebut bisa jadi top skor Liga 1 yang sudah beberapa musim terakhir didominasi legiun asing.

3. Alex do Santos (TIRA-Persikabo)

Semua berita yang kamu suka #AdadiIDN

Baca berita sesuai topik yang kamu pilih dan
lebih nyaman di IDN app

Download Yuk!
liga-indonesia.id

Sejak musim lalu, pemain asing asal Brasil memang mendominasi Liga 1. Terlebih, kemampuan pemain asal Negeri Samba banyak membantu performa klub. Hal itu dibuktikan oleh Alex Dos Santos yang selama semusim membela Persela.

Ketajamannya mampu menyelamatkan Persela dari zona degradasi sekaligus jadi pencet gol terbanyak ketiga musim lalu. Tentu itu jadi kejutan, lantaran sang pemain merupakan debutan dan tak memiliki rekor impresif selama berkarier di luar Indonesia.

Musim ini, pemain berusia 29 tahun itu bakal bermain dengan TIRA-Persikabo. Ia diproyeksikan berduet dengan Ciro Alves yang juga cukup tajam di Liga 1 2019. Ini jelas jadi ancaman setiap klub yang bakal bersua klub asal Bogor tersebut lantaran punya duet menakutkan.

4. David da Silva (Persebaya)

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Satu lagi pemain Brasil yang punya kans untuk bisa jadi top skor musim ini. Ia adalah David da Silva. Ia mampu membawa Persebaya tampil lebih baik sejak datang menggantikan Amido Balde pada putaran kedua. Terbukti, Persebaya yang tadinya terseok langsung mengakhiri musim di posisi kedua.

Tak hanya itu, ia juga tampil cukup subur dengan mencetak 14 gol selama setengah musim. Catatan tersebut menunjukkan jika David bakal mudah bersaing dengan pemain lain seperti Alex, Beto, sampai Simic dalam perebutan gelar topskor di Liga 1 2020.

5. Geoffrey Castillion

Pemain Persib, Geoffrey Castillion. persib.co.id

Walau didominasi muka lama, nama pemain debutan pun tak bisa dikesampingkan. Salah satunya adalah striker anyar milik Persib Geoffrey Castillion. Ia merupakan pemain yang kenyang pengalaman di Liga Belanda bersama Ajax Amsterdam sampai RKC Waalwijk. Namun, catatan golnya tak begitu istimewa di sana, karena tak bisa mencetak lebih dari 10 gol per musim.

Hanya saja, hal itu mulai berbalik 360 derajat usai sang pemain pindah ke Islandia. Ia tampil produktif dengan mencetak 28 gol selama tiga musim di sana, dengan rincian 10 gol Víkingur Reykjavík, tujuh gol (FH Hafnarfjörður dan Víkingur Reykjavík), dan 11 gol (Fylkir).

Jika saja proses adaptasinya lancar, bukan tak mungkin Castillion bisa menjadi suksesor Ezechile N'Douassel yang jadi mesin gol Persib dalam dua musim terakhir. Bahkan, tak menutup kemungkinan ia bakal jadi debutan sukses yang jadi top skor di Liga 1.

Baca Juga: Hadapi Persebaya di Laga Perdana Liga 1 2020, Persik Siap Mencuri Poin

Berita Terkini Lainnya