TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Medan Perang Liga 1 Masih Misterius

Liga 1 bisa gelar sembilan laga per pekannya

Bali United meraih kemenangan atas Persik 1-0 dalam laga perdana di Liga 1 2021/2022, Jumat (27/8/2021). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/rwa).

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah, memberikan lampu hijau kepada PT Liga Indonesia Baru untuk menjalankan kembali Liga 1 2021/22. Namun, medan perang alias venue pertandingan nantinya baru bakal diumumkan dua hari sebelum pertandingan dimulai.

Pertandingan pekan pertama Liga 1 musim ini bakal dilanjutkan dengan enam laga tersisa mulai 3 September 2021. Jadwal bahkan sudah disusun PT LIB hingga pekan keenam. Tapi, belum ada kepastian tempat pertandingan sampai sekarang, karena harus menunggu perkembangan kondisi wilayah masing-masing.

"Jadwal sudah kami sampaikan pada hari apa, tanggal dan jam berapa. Klub akan diberi tahu venue pertandingan pada H-2. Kenapa? Karena klub ini posisinya siap. Apalagi tim semua berada di posisi yang dekat," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, dalam konferensi pers, Selasa (31/8/2021). 

Baca Juga: Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 Ditambah

1. Cuma sembilan laga per pekannya

Persita meraih kemenangan atas Persipura pada laga pertamanya di Liga 1 2021. (Dok Persita).

Sesuai Inmendagri, Liga 1 nantinya bakal digelar per pekan dengan maksimal sembilan pertandingan dengan waktu di akhir pekan, yakni mulai Jumat hingga Minggu. Sementara, pertandingan dipastikan digelar di venue yang kriteria di bawah level 4 Kabupaten/Kota. 

"Kami sampaikan, tempat fleksibel dan dinamis. Sesuai instruksi Inmendagri pertandingan dimainkan yang berada di level 3 dan 2, jadi pilihannya tergantung dari itu," ujar Sudjarno.

2. Sisa pertandingan pekan pertama digelar 3-5 September 2021

Pemain Persib, Wander Luiz sedang berduel dengan salah satu ek Persela. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj).

Sudjarno berharap, klub-klub yang bakal bertanding sudah siap kapan saja jika venue dirilis H-2. Sehingga, mereka tinggal pergi ke lokasi yang dituju untuk bertanding. Dengan catatan, semua tetap mengikuti protokol yang diberlakukan, termasuk swab PCR mandiri. 

Dengan demikian, PT LIB memastikan jika akhir pekan ini, sisa enam pertandingan di pekan pertama Liga 1 bakal diselesaikan terlebih dahulu. Baru pada pekan berikutnya, bakal digelar sembilan pertandingan lainnya. 

"Pekan pertama, baru tiga pertandingan digelar. Sifatnya hanya uji coba, meski musim resmi bergulir, dan masih ada sisa enam pertandingan lagi. Itu kami mainkan dulu, berikutnya ada sembilan pertandingan," jelas Sudjarno.

Baca Juga: Dilarang Main di Liga 1 Kalau Belum Vaksin 2 Kali

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya