Comscore Tracker

Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 Ditambah

Syaratnya, kasus COVID-19 sudah melandai

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, Polri membuka peluang untuk memberikan izin agar Liga 1 dan Liga 2 2021/22 digelar di banyak tempat. Jadi, nantinya akan ada potensi penambahan lokasi pertandingan Liga 1 dan Liga 2.

Namun, Listyo mengungkapkan hal itu tergantung dari hasil evaluasi yang nantinya akan digelar Polri. Jika nantinya tidak ada peningkatan kasus COVID-19 akibat digelarnya Liga 1 dan Liga 2, penambahan lokasi pertandingan bisa terwujud.

"Jika nanti dari hasil evaluasi terlihat, tidak terdampak dengan penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2, maka di minggu berikutnya, akan ditentukan terkait dengan penambahan lokasi pertandingan, ataupun kebijakan lain agar kegiatan ini akan terus berlanjut," ujar Listyo dalam sesi jumpa pers di Mabes Polri, Senin (23/8/2021).

1. Izin liga bisa dicabut, jika COVID-19 meningkat lagi

Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 DitambahMenpora Zainudin Amali temui Kapolri Jendral Listyo Sigit bahas Liga I di Mabes Polri, Senin (8/2/2021) (Dok. Humas Polri)

Listyo juga mengingatkan, Polri tidak akan segan untuk mencabut izin Liga 1 dan Liga 2 2021/22, jika dalam praktiknya nanti angka kasus COVID-19 meningkat lagi. Intinya, Polri akan terus mengevaluasi dan memonitor perkembangan COVID-19 selama kompetisi berlangsung.

"Apabila angka COVID-19 kembali meningkat, tentunya kami akan melakukan evaluasi, disesuaikan dengan kondisi perkembangan COVID-19 di lapangan. Oleh karena itu, mari sama-sama kita sepakati, hormati, komitmen yang sudah dibuat sehingga kompetisi bisa berjalan baik," tutur Listyo.

Baca Juga: [BREAKING] Akhirnya, Polisi Izinkan Liga 1 dan Liga 2 Berlangsung

2. Lokasi pertandingan akan disesuaikan dengan kondisi COVID-19

Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 DitambahLiga-Indonesia.id

Sesuai dengan hasil Kongres PSSI yang dihelat pada Mei 2021 lalu, Liga 1 2021 sejatinya akan menerapkan sistem seri. Jadi, nantinya akan ada 306 pertandingan, yang dipertandingkan dalam enam seri. Setiap serinya kelak terbagi menjadi tiga klaster.

Namun, untuk lokasi seri nanti, akan disesuaikan dengan kondisi kasus COVID-19 di daerah yang bersangkutan. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyebut pertandingan Liga 1 nantinya akan digelar di daerah dengan level PPKM rendah.

"Secara teknis, PSSI dan LIB segera mempersiapkan. Kemudian, soal tempat pembukaan kompetisi nantinya, PSSI dan LIB akan menyelenggarakannya di lokasi yang sudah ditetapkan dalam level PPKM rendah, nanti akan diumumkan lagi di mana tempatnya," ujar Zainudin.

3. Polri beri izin Liga 1 dan Liga 2 2021/22

Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 DitambahMenpora Zainudin Amali temui Kapolri Jendral Listyo Sigit bahas Liga I di Mabes Polri, Senin (8/2/2021) (Dok. Humas Polri)

Liga 1 dan Liga 2 dipastikan berjalan sesuai dengan rencana pada 27 Agustus 2021. Listyo memastikan hal tersebut setelah bertemu dengan Menpora Zainudin Amali. Listyo menyatakan kalau kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Pelaksanaannya (Liga 1 dan Liga 2) tanpa suporter, tentu dengan protokol kesehatan yang ketat terhadap pemain dan ofisial. Mereka juga harus sudah dua kali vaksin. Sehari sebelumnya, harus PCR, memastikan pemain dan ofisial dalam kondisi negatif. Setelah laga, juga tes PCR," ujar Listyo.

Baca Juga: PT LIB: Liga 2 Digelar Tiga Pekan Usai Liga 1 Berjalan

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya