TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Verifikasi Lisensi Klub Rampung, 6 Klub Liga 1 Lolos, Siapa Saja?

Enam klub berhasil mendapatkan status 'Granted'

IDN Times/Galih Persiana

Jakarta, IDN Times - Ketua Club Licensing Committee, Timmy Setiawan beserta jajarannya, merampungkan pleno dan telah mengambil keputusan terhadap pengajuan lisensi AFC.

Dari hasil yang telah diputuskan, komite membagi klub-klub yang selesai dinilai ke dalam tiga kategori, yakni Granted, Granted with Sanction, dan Rejected.

Baca Juga: Bonnie Fautngil, Asisten Pelatih Berlisensi UEFA Milik PSM Makassar

1. Enam klub dinyatakan 'Granted'

liga-indonesia.id

Sebanyak enam klub dinyatakan mendapat status 'Granted', keenam klub tersebut adalah Persib, Arema FC, Persija, Persebaya, Persipura, dan PSM. Hal itu memastikan mereka bisa berpartisipasi dalam kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh AFC.

Selanjutnya, dua klub dinyatakan 'Granted with Sanction', yakni Bali United dan juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC. Mereka masih memiliki waktu untuk memperbaiki data yang dikumpulkan sampai sebelum bergulirnya musim kompetisi AFC 2020.

Sisanya, delapan klub masih harus terus memperbaiki kriteria-kriteria yang disyaratkan AFC karena statusnya masih 'Rejected.'

2. Standar kualitas manajemen klub harus jadi prioritas

IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Club Licensing Committee telah melakukan proses verifikasi terhadap 16 peserta kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air. Dalam proses verifikasinya, terdapat lima kriteria penilaian yang dievaluasi: Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Finance.

"Harapannya dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia memiliki referensi untuk standar kualitas manajemen klub yang selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepak bola modern baik dari AFC mau pun PSSI," kata Timmy Setiawan, Minggu (13/10) dilansir laman resmi PSSI.

Baca Juga: PSSI Angkat Tangan Kasus Jual-Beli Lisensi Perseru?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya