TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rapor Wakil ASEAN di Piala Asia U-23 2024, Indonesia Tersukses

Hanya Indonesia yang sampai ke semifinal

Thailand U-23 (instagram.com/changsuek)

Pertandingan final antara Uzbekistan dan Jepang di Stadion Jassin bin Hamad, Jumat (3/5/2024), akan menandakan berakhirnya Piala Asia U-23 2024. Turnamen tahun ini cukup menyita perhatian. Apalagi negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), seperti Indonesia, turut berpartisipasi di Qatar.

Perjalanan tim-tim ASEAN di Piala Asia U-23 2024 sendiri tidaklah mulus. Tiap wakil Asia Tenggara tahun ini memiliki hasil yang tidak semuanya sama. Ada yang mampu tampil gemilang dan melaju hingga ke babak perempat final maupun semifinal, ada pula yang harus terhenti pada babak penyisihan grup karena kalah bersaing dengan wakil Asia lainnya.

Begini rapor wakil ASEAN di Piala Asia U-23 2024.

1. Malaysia menjadi negara pertama yang tersingkir di Piala Asia U-23 2024

Malaysia U-23 vs Kuwait U-23 (instagram.com/famalaysia)

Mimpi Malaysia U-23 untuk melaju ke babak selanjutnya harus berakhir lebih cepat. Menelan dua kekalahan beruntun membuat Harimau Malaya muda menjadi tim pertama yang harus tersingkir. Tentu hasil ini sangat jauh dari ekspektasi yang diinginkan pendukung Malaysia.

Sejak awal, Malaysia memang dihadapkan dengan rintangan berat. Tergabung di Grup D bersama raksasa Asia seperti Uzbekistan, Vietnam, dan Kuwait, peluang mereka untuk lolos ke babak selanjutnya terbilang kecil. Tim asuhan Juan Torres ini diragukan untuk lolos dari grup dan melaju ke babak selanjutnya.

Kekhawatiran ini pun akhirnya terbukti benar. Malaysia U-23 tidak mampu meraih 1 pun poin dari 3 pertandingan mereka. Di laga pertama, mereka takluk 1-2 dari Kuwait. Di laga kedua, mereka dipermalukan Vietnam dengan skor 0-2. Di laga pemungkas, mereka kembali kalah 0-2 dari Uzbekistan. Hasil ini mengantarkan Malaysia U-23 ke dasar klasemen Grup D.

2. Thailand hanya mampu meraih satu kemenangan pada fase grup Piala Asia U-23 2024

Thailand U-23 vs Irak U-23 (instagram.com/iraq.ifa)

Thailand U-23 harus menelan pil pahit di Piala Asia U-23 2024 Qatar. Tim asuhan Issara Sritaro ini gagal melaju ke babak selanjutnya setelah hanya finis di dasar klasemen Grup C. Dari 3 pertandingan yang mereka jalani, Tim Gajah Putih muda hanya mampu mengumpulkan 3 poin.

Tergabung bersama Irak, Arab Saudi, dan Tajikistan di Grup C. Awalnya, banyak yang memprediksi Thailand U-23 akan lolos dari grup ini. Terlebih lagi setelah berhasil mengalahkan Irak U-23 di pertandingan pertama Grup C, Selasa (16/4/2024). 

Namun, masalah utama mereka ada di dua pertandingan berikutnya. Kekalahan telak 0-5 dari Arab Saudi U-23 di laga kedua dan 0-1 dari Tajikistan U-23 di laga pemungkas menjadi penyebab tersingkirnya mereka dari turnamen. Hasil ini tentu menjadi kekecewaan besar bagi Thailand dan seluruh pendukungnya.

Baca Juga: 4 Fakta Irak di Piala Asia U-23 2024, Indonesia Harus Waspada

3. Perjalanan Vietnam harus terhenti akibat gol titik putih Ali Jasim di perempat final

Vietnam U-23 (instagram.com/famalaysia)

Berbekal pernah menjadi runner-up pada 2018. Ternyata, perjalanan Vietnam U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar harus berakhir pahit pada babak perempat final. Tim asuhan Hoang Anh Tuan ini gagal melaju lebih jauh setelah ditaklukkan Irak U-23 dengan skor 0-1 pada babak perempat final, gol dicetak Ali Jasim lewat titik putih. 

Meskipun gagal menyamai pencapaian pada 2018, Vietnam U-23 patut mendapat apresiasi. Lolos dari fase grup dengan raihan 6 poin dari 2 kemenangan mengantarkan mereka finis di posisi kedua Grup D. Satu-satunya kekalahan yang mereka rasakan saat melawan Uzbekistan dengan skor akhir 3-0, Selasa (23/4/2024).

Pada perempat final, Mimpi Vietnam U-23 untuk melaju ke semifinal harus pupus di tangan Irak. Bermain di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, (27/4/2024), Vietnam kalah tipis 0-1. Gol penalti Ali Jasim pada menit ke-64 menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan ini.

Verified Writer

Muhamad Luthfi Maruf

Fans Arsenal karna Jerseynya mirip sama Indonesia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya