TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Berkebangsaan Mexico yang Pernah Bermain di Serie A

Apakah memang Serie A tidak cocok untuk para pemain Mexico?

besoccer.com

Di Piala Dunia 2006, skuad tim nasional Mexico mayoritas diisi oleh para pemain yang berasal dari liga lokal mereka. Hanya ada Guillermo Franco, Jared Borgetti dan Rafael Marquez saja, pemain Mexico yang bermain untuk tim-tim Eropa.

Namun dari tahun ke tahun, semakin banyak pemain Mexico yang mulai menapaki karier di Eropa. Puncaknya pada Piala Dunia 2018, mayoritas skuad mereka adalah para pemain yang berkarier di Eropa. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa kualitas pesepak bola Mexico semakin meningkat dan semakin dilirik oleh tim-tim Eropa.

La Liga, English Premier League dan Liga NOS Portugal adalah beberapa liga Eropa yang paling sering merekrut para pemain berkebangsaan Mexico. Namun untuk Serie A sendiri, pemain Mexico masih terhitung jarang.

Hingga saat ini, baru ada 5 pemain berkebangsaan Mexico yang pernah merumput di Serie A Italia. Lantas, siapa sajakah mereka? Check this out!

1. Miguel Layun

skysports.com

Miguel Layun tercatat sebagai pemain berkebangsaan Mexico pertama yang merumput di Serie A. Layun direkrut dari klub Mexico, Tiburones Rojos oleh Atlanta Bergamo pada tahun 2009. Kala direkrut, pemain yang berposisi sebagai sayap kanan ini masih berumur 20 tahun.

Sehingga, tak heran jika Layun lebih banyak berada di bangku cadangan ketimbang bermain bersama utama skuad La Dea. Di tahun pertamanya, Layun hanya mampu memainkan dua laga bersama Atalanta di Serie A. Dan di tahun kedua, ia dipinjamkan ke Club America, sebelum akhirnya dilepas secara gratis di tahun selanjutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Non-Italia Paling Subur dalam Sejarah Serie A, Ada Batistuta!

2. Rafael Marquez

gazzetta.it/LaPresse

Setelah menghabiskan 7 tahun membela Barcelona, Rafael Marquez sempat membela ke klub-klub di benua Amerika, seperti New York Red Bulls dan Club Leon. Namun pada tahun 2014, Rafael Marquez akhirnya memutuskan untuk kembali ke Eropa dengan bergabung dengan Hellas Verona di Serie A Italia.

Rafael Marquez memang dikenal sebagai bek tangguh dan menjadi legenda di timnas Mexico. Selama 1,5 musim berseragam Hellas Verona, Marquez dipercaya sebagai pemain inti dan juga kapten bagi tim berjuluk I Mastini ini. Pada bulan Januari 2016, Marquez pun pulang ke Atlas Guadalajara yang merupakan klub pertamanya di sepak bola.

3. Carlos Salcedo

violanation.com

Bek tim nasional Mexico, Carlos Salcedo, juga pernah mencicipi berlaga di Serie A Italia bersama Fiorentina. Kala itu, Carlos Salcedo datang ke Fiorentina dengan status pinjaman dari Chivas Guadalajara pada tahun 2016.

Dalam semusim tersebut, Salcedo memainkan 18 laga untuk klub berjuluk La Viola ini. Namun sayang, ia tidak dipermanenkan oleh Fiorentina karena pada saat itu, penampilannya masih kalah hebat dari beberapa bek lain seperti Davide Astori, Gonzalo Rodriguez dan Nenad Tomovic.

4. Hector Moreno

asroma.com

Nama berikutnya ialah Hector Moreno yang juga berposisi sebagai bek tengah. Pada bulan Juli 2017, Hector Moreno didatangkan oleh AS Roma dari PSV Eindhoven dengan banderol sebesar 5,7 juta euro atau sekitar Rp98 miliar.

Sebelum bergabung dengan AS Roma, Moreno merupakan bek andalan PSV yang berhasil membawa tim ini menjadi juara Eredivisie. Namun kala bermain di AS Roma, Moreno justru kalah bersaing dengan Kostas Manolas dan Federico Fazio, sehingga Ia hanya mampu memainkan 6 laga saja.

Tidak sampai semusim, Hector Moreno akhirnya dijual ke Real Sociedad, dengan alasan menumpuknya bek di skuad AS Roma kala itu.

Baca Juga: 6 Pemain Top Spanyol yang Pernah Bermain di Serie A, Ada Torres

Verified Writer

Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya