TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Terakhir yang Diboyong Sporting Lisbon dari Klub Besar Eropa

Sebagian besar dari Barcelona

Francisco Trincao (instagram.com/trincao)

Sporting Lisbon adalah salah satu klub terbesar di Primeira Liga Portugal. Jika dibandingkan dengan liga-liga top Eropa, pamor Liga Portugal memang masih kalah. Namun, Sporting Lisbon tetap punya daya tarik tersendiri, bahkan bagi para pemain di liga-liga top Eropa tersebut.

Buktinya, Sporting Lisbon beberapa kali sukses menggaet pemain dari klub besar Eropa. Terbaru, Sporting mendatangkan Francisco Trinaco dari Barcelona pada musim panas 2023. Termasuk Trincao, inilah lima pemain terakhir yang didapat Sporting Lisbon dari klub besar Eropa.

1. Jeremy Mathieu diboyong dari Barcelona

Jeremy Mathieu berseragam Barcelona. (fcbarcelona.com)

Sporting Lisbon ternyata cukup sering memboyong pemain dari raksasa Spanyol, Barcelona. Salah satunya Jeremy Mathieu yang didatangkan pada musim panas 2017. Bek asal Prancis itu bergabung ke Sporting dengan status bebas transfer setelah menyelesaikan kontrak di Barcelona.

Selama di Barcelona, Mathieu menjadi bagian kesuksesan klubnya meraih delapan trofi. Setelah pindah ke Sporting, karier Mathieu pun cukup sukses. Ia menetap selama 3 tahun dengan catatan 106 penampilan dan meraih tiga trofi. Mathieu pun pensiun bersama Sporting pada 2020.

Baca Juga: 11 Fakta Pedro Porro, Pemain Baru Tottenham Hotspur

2. Luciano Vietto hanya menetap semusim usai bergabung dari Atletico Madrid

Luciano Vietto (instagram.com/lucianovietto)

Luciano Vietto bergabung ke Sporting Lisbon dari Atletico Madrid. Kepindahan Vietto terjadi pada 2019 setelah dirinya gagal mendapat banyak kesempatan tampil bersama Atletico. Striker asal Argentina itu hanya bermain 38 kali dalam 4 musim.

Setelah bergabung dengan Sporting, Vietto langsung bermain 35 kali pada musim pertamanya. Namun, ia tak menetap di Sporting untuk waktu lama. Vietto langsung dibeli klub Arab Saudi, Al Hilal, pada 2020. Saat ini, Vietto sedang tanpa klub usai dilepas Al Hilal pada musim panas 2023.

3. Pedro Porro bergabung setelah tak pernah tampil bersama Manchester City

Pedro Porro (instagram.com/pedroporro29_)

Pedro Porro juga didapat Sporting Lisbon dari klub besar Eropa, Manchester City. Porro sempat berstatus pemain Manchester City pada 2019–2022. Namun, ia tak pernah dapat kesempatan tampil bersama The Citizens. Porro selalu dipinjamkan ke klub lain, termasuk ke Sporting Lisbon.

Selama dipinjam Sporting pada 2020–2022, Porro sukses jadi andalan. Status bek kanan atau winger asal Spanyol itu pun dipermanenkan Sporting pada musim panas 2022. Namun, setelah setengah musim, Porro memutuskan hijrah kembali ke klub Inggris, Tottenham Hotspur.

4. Hector Bellerin hanya setengah musim di Sporting Lisbon

Hector Bellerin (instagram.com/hectorbellerin)

Seperti Jeremy Mathieu, Hector Bellerin juga didapatkan Sporting Lisbon dari Barcelona. Bellerin hijrah ke Sporting pada Januari 2023, alias hanya 5 bulan setelah bergabung ke Barcelona. Sang bek kanan asal Spanyol memang kesulitan mendapat menit bermain selama berbaju El Barca.

Bersama Sporting, nasib Bellerin sedikit membaik. Ia sempat 13 kali tampil dan mencetak 1 gol bagi Sporting. Namun, karier Bellerin bersama Sporting pun tak bertahan lama. Ia telah dilepas ke Real Betis pada musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan oleh Sporting Lisbon

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya