TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pertemuan Brasil dengan Tim Asia di Piala Dunia, Selalu Menang!

Brasil masih terlalu kuat bagi tim-tim Asia 

Brasil melawan Korea Selatan di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Timnas Brasil menang telak dengan skor 4-1 atas Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Neymar Jr dan kawan-kawan terbukti masih terlalu kuat bagi lawannya. Padahal, Korea Selatan sendiri sudah tampil cukup apik di Piala Dunia tahun ini.

Kemenangan Brasil atas Korea Selatan makin menegaskan dominasi Tim Samba atas negara Asia di Piala Dunia. Hal itu juga jadi gambaran bahwa kualitas tim Asia memang belum bisa menjangkau juara dunia lima kali ini.

Beginilah lima pertemuan Brasil dengan tim Asia di Piala Dunia.

1. Brasil 4-0 China (Piala Dunia 2002)

China melawan Brasil di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Negara Asia pertama yang dihadapi Brasil di Piala Dunia adalah China. Kedua tim bersua di Grup C Piala Dunia 2002 Korea/Jepang. Itu adalah debut China di Piala Dunia, sementara Brasil sudah empat kali juara dunia saat itu.

Sesuai dugaan, Tim Samba tanpa kesulitan menang 4-0 atas China. Tak hanya melawan China, Brasil juga memenangi seluruh laga di Grup C. Bahkan, mereka akhirnya jadi juara. Sebaliknya, China hanya jadi bulan-bulanan pada fase grup dan hingga kini belum pernah tampil lagi di Piala Dunia.

Baca Juga: Hadiah dan Gestur Manis dari Pemain Brasil untuk Pele

2. Brasil 2-0 Australia (Piala Dunia 2006)

Australia melawan Brasil di Piala Dunia 2006. (twitter.com/Socceroos)

Secara geografis, Australia sebenarnya bukan negara Asia. Namun, Timnas Australia masuk AFC alias Konfederasi Sepak Bola Asia sejak 2006. Saat berlaga di Piala Dunia 2006 Jerman, Australia sudah berstatus anggota AFC.

Piala Dunia 2006 pun sempat mempertemukan Brasil dengan Australia di Grup F. Laga itu berkesudahan 2-0 bagi keunggulan Brasil berkat gol-gol Adriano dan Fred. Brasil lagi-lagi tampil dominan pada fase grup edisi tersebut. Namun, kali itu langkah mereka hanya sampai perempat final.

3. Brasil 4-1 Jepang (Piala Dunia 2006)

Brasil melawan Jepang di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Tak hanya Australia, Brasil juga bertemu Jepang di Grup F Piala Dunia 2006. Pertemuan keduanya terjadi pada matchday penentuan, ketika Brasil sudah memastikan melaju ke babak knockout. Ternyata, meski sudah lolos, performa Brasil tetap tak kendor dan menang telak 4-1 atas Jepang.

Jepang sebenarnya sempat unggul terlebih dahulu atas Tim Samba melalui gol Keiji Tamada. Namun, Ronaldo mengamuk dan mencetak dua gol bagi Brasil, ditambah lagi gol-gol Juninho Pernambucano dan Gilberto. Jepang pun tersisih pada fase grup sebagai juru kunci Grup F.

4. Brasil 2-1 Korea Utara (Piala Dunia 2010)

Brasil melawan Korea Utara di Piala Dunia 2010. (fifa.com)

Brasil kembali satu grup dengan tim Asia di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Tim tersebut adalah Korea Utara, yang baru pertama kali lolos ke Piala Dunia sejak 1966. Di atas kertas, tentu Brasil diunggulkan menang mudah atas Korea Utara.

Siapa sangka, Korea Utara bisa memberi perlawanan. Brasil sempat tertahan imbang 0-0 pada babak pertama, lalu hanya bisa menutup laga dengan kemenangan tipis 2-1. Namun, pada akhirnya, Brasil memang keluar sebagai juara grup, sedangkan Korea Utara gugur sebagai juru kunci.

Baca Juga: Jadi Saksi Brasil Bantai Korea Selatan, Stadion 974 Langsung Dibongkar

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya