TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Andre Onana, Kiper Terbaru MU Pengganti De Gea

Kepingan puzzle MU akhirnya lengkap

Andre Onana (twitter.com/AndreyOnan)

Kiper utama Inter Milan, Andre Onana sudah resmi bergabung dengan klub raksasa Inggris, Manchester United. Penampilan yang begitu cemerlang musim lalu bersama Inter Milan berhasil membantu klubnya mencapai partai final Liga Champions. Sayangnya, mereka kalah dengan skor 1-0 atas Manchester City.

Tak heran MU tertarik memboyong Onana ke Old Trafford untuk menggantikan De Gea yang sudah resmi hengkang. Berikut profil Andre Onana kiper baru setan merah.

Baca Juga: Daftar Bursa Transfer Liverpool 2023/2024 Terbaru

1. Biodata singkat

Andre Onana (twitter.com/AndreyOnana)
  • Nama lengkap: Andre Onana
  • Tanggal lahir: 02 April 1996
  • Tempat lahir: Nkol Ngok, Kamerun
  • Usia: 27 tahun
  • Kebangsaan: Kamerun
  • Klub: Inter Milan
  • Nomor Punggung: 24
  • Posisi: Kiper
  • Tinggi badan: 190 cm

Baca Juga: 5 Kiper Afrika yang Bermain di Premier League, Andre Onana Terbaru

2. Perjalanan karier Andre Onana

Andre Onana (twitter.com/AndreyOnan)

Akademi Barcelona

Andre Onana memulai karier sepak bolanya sejak berusia 14 tahun. Saat itu, Onana bergabung dengan Eto'o Academy hingga akhirnya memutuskan untuk merantau dan bergabung dengan La Masia, akademi sepak bola milik Barcelona.

Ia menghabiskan waktu 5 tahun sebagai pemain muda Barcelona U-16 hingga U-19 dari 2010 hingga 2015.

Bergabung ke Ajax

Setelah itu, Ajax berani memboyongnya dari Barcelona dengan biaya transfer sebesar 150 ribu euro pada Januari 2015. Selama di Ajax, Onana telah bermain sebanyak 148 kali di liga domestik. Penampilannya di Ajax cukup memukau.

Dihukum karena kasus doping

Andre Onana juga pernah terjerat skandal kasus doping setelah ia gagal tes doping pada 30 Oktober 2020. Hasil dari tes tersebut menyatakan bahwa Andre Onana positif memakai Furosemide, salah satu zat atau obat yang dilarang oleh Badan Anti Doping Internasional (WAD).

Atas kejadian itu, Andre Onana dihukum larangan bermain selama 1 tahun di level klub dan timnas. Sebenarnya Onana sudah mengaku bahwa dia secara tidak sengaja meminum obat istrinya.

Cemerlang di Inter

Pada tahun 2022, Onana resmi bergabung ke Inter Milan. Ia berhasil menampilkan performa yang begitu apik hingga akhirnya bisa menggeser kiper utama Inter Milan sebelumnya, Samir Handanovic. Ia pun sukses menjadi kiper utama Inter Milan dan membawa Inter hingga ke partai final Liga Champions.

Berkat performanya yang cemerlang itu, Manchester United pun tak segan untuk memboyongnya ke Old Trafford untuk menggantikan posisi kiper yang ditinggalkan oleh De Gea.

Baca Juga: Daftar Pelatih Tottenham Hotspur dan Trofi yang Diraih

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya