TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada PR Menanti Timnas U-20 di Piala Asia U-20 2023

Timnas U-20 rentan serangan balik

Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Jakarta, IDN Times - Timnas U-20 Indonesia sukses melaju ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Namun, bukan berarti tidak ada pekerjaan rumah yang menanti mereka. Ada satu hal yang disoroti oleh Shin Tae Yong selaku pelatih.

Pekerjaan rumah itu Shin beberkan dalam sesi jumpa pers selepas laga lawan Vietnam. Menurutnya, Muhammad Ferarri dan kolega rentan terkena serangan balik, dan itu jadi sebuah hal yang berbahaya.

Baca Juga: Bekuk Vietnam, Timnas U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Baca Juga: Ini Skema Jika Timnas U-20 Mau Lolos ke Piala Asia U-20 2023

1. Kenapa Timnas U-20 rentan serangan balik?

Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Dua gol yang dicetak Vietnam di laga ini, plus satu gol yang dicetak Hong Kong, rata-rata berawal dari serangan balik. Perkara rentannya Timnas U-20 akan serangan balik, Shin mengakui bahwa ada yang tidak rapi di organisasi pertahanan.

"Para pemain harusnya sudah tahu, kadang kita melawan tim yang banyak bermain di belakang, tetapi para pemain bertahan malah terlalu memajukan garis pertahanan ke depan. Ini jadi evaluasi bagi kami," kata Shin.

2. Ada juga pengaruh fisik yang menurun

Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Shin mengungkapkan, rentannya Timnas U-20 terkena serangan balik juga acap dipengaruhi fisik. Khusus di laga lawan Vietnam, beberapa pemain mengalami penurunan fisik di babak kedua, akibat bermain intens di babak pertama.

Alhasil, Shin melakukan tiga pergantian di babak kedua, termasuk menurunkan Alfriyanto Nico dan Rabbani Tasnim. Dua nama inilah yang akhirnya keluar sebagai pembeda di laga lawan Vietnam ini.

"Jadi, starting awal memang sangat bekerja keras sampai fisik mereka menurun di babak kedua, dan memang sebagai pelatih, saya ada insting untuk memasukkan tiga pemain. Nah, insting saya itu pas," ujar Shin.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya