Ini Skema Jika Timnas U-20 Mau Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Timnas U-20 punya peluang besar untuk lolos

Jakarta, IDN Times - Perjalanan Timnas U-20 Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-2023 berjalan mulus sejauh ini. Terbaru, dalam laga melawan Hong Kong di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (15/9/2022), Indonesia menang 5-1.

Berkat kemenangan ini, Timnas U-20 berhasil membukukan enam poin, sama dengan raihan poin pesaing mereka di Grup F, yaitu Vietnam. Tidak cuma itu, Indonesia dan Vietnam juga memiliki selisih gol dan torehan gol yang sama.

Berdasarkan catatan tersebut, ada beberapa skema yang harus ditempuh Timnas U-20 Indonesia agar bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Apa saja skema itu?

1. Timnas U-20 wajib menang

Ini Skema Jika Timnas U-20 Mau Lolos ke Piala Asia U-20 2023Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Dengan jumlah poin yang sama, serta selisih gol dan juga torehan gol yang sama, salah satu cara yang harus ditempuh Timnas U-20 agar bisa lolos ke putaran final adalah dengan menang lawan Vietnam di laga terakhir. Ini cara terbaik bagi Garuda Nusantara.

Kemenangan akan memastikan Timnas U-20 keluar sebagai juara grup, dan juga berpeluang membawa Timnas U-20 di pot yang lebih baik dalam undian putaran final nanti. Namun, mengalahkan Vietnam tentu bukan perkara mudah.

Menilik selisih gol dan jumlah gol yang Vietnam torehkan sejauh ini, menandakan bahwa mereka merupakan lawan terberat Timnas U-20 di babak kualifikasi. Apalagi, mereka juga memiliki pemahaman taktik yang apik.

Baca Juga: Timnas U-20 Bantai Hong Kong, Persaingan dengan Vietnam Kian Ketat

2. Imbang atau kalah bisa lolos, tapi ada syaratnya

Ini Skema Jika Timnas U-20 Mau Lolos ke Piala Asia U-20 2023Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Jikapun kelak Timnas U-20 meraih hasil imbang atau kalah, mereka tetap bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Namun, khusus jika Indonesia dan Vietnam meraih hasil imbang, akan ada skema spesial yang terjadi.

Mengingat head-to-head, selisih gol, hingga jumlah gol yang berjumlah sama jika Indonesia dan Vietnam meraih hasil imbang, maka laga akan berlanjut ke adu penalti.

Sementara itu, jika Timnas U-20 kalah dari Vietnam, mereka tetap punya peluang lolos. Dengan kemenangan atas Hong Kong, setidaknya Indonesia sudah memastikan lolos sebagai runner-up grup. Nah, mereka tinggal bersaing dengan yang lain untuk jadi runner-up terbaik.

Dengan selisih gol dan jumlah gol yang banyak, terbuka besar peluang Timnas U-20 untuk bersaing dengan para runner-up grup lain. Sejauh ini, ada China, Malaysia, Yaman, dan Bahrain yang jadi pesaing Timnas U-20.

3. Jadwal Timnas U-20 lawan Vietnam

Ini Skema Jika Timnas U-20 Mau Lolos ke Piala Asia U-20 2023Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Timnas U-20 akan bersua Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (18/9/2022). Jika tak ada aral melintang, laga akan terlaksana pada pukul 20.00 WIB. Vietnam sendiri adalah lawan yang tangguh bagi Indonesia.

Dalam pertemuan terakhir Timnas U-20 dan Vietnam di ajang Piala AFF U-19 2022, skuad Garuda Nusantara hanya mampu meraih hasil imbang. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa justru Indonesia-lah yang akan tumbang.

Baca Juga: 3 Pemain yang Sukses Bawa Timnas U-20 Bungkam Timor Leste

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya