TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Brasil Raih Medali Emas Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

Brasil bekuk Spanyol di babak final

Pemain Brasil merayakan gol. (twitter.com/CBF_Futebol)

Jakarta, IDN Times - Brasil sukse meraih kemenangan dalam babak final cabor sepak bola Olimpiade Tokyo 2020. Bersua Spanyol di Nissan Stadium pada Sabtu (7/8/2021) malam, Brasil menang dengan skor 2-1, dalam laga alot yang berakhir di perpanjangan waktu.

Gol-gol dalam laga ini dicetak oleh Matheus Cunha (45+2') dan Malcom (109') untuk Brasil, serta Mikel Oyarzabal (61') untuk Spanyol. Berkat hasil ini, Brasil sukses meraih medali emas Olimpiade, mempertahankan apa yang sudah mereka dapat di Rio de Janeiro, 2016 silam.

Baca Juga: Brasil Lolos ke Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

1. Brasil ungguli Spanyol di babak pertama

Brasil vs Spanyol. (twitter.com/SeFutbol)

Kedua tim memainkan pemain inti sejak awal laga. Brasil menurunkan Richarlison, Matheus Cunha, Antony, Diego Carlos, dan Douglas Luiz, sedangkan Spanyol menurunkan Marco Asensio, Mikel Oyarzabal, Dani Olmo, Pedri, dan Pau Torres.

Di awal-awal babak pertama, laga berjalan seimbang. Baik Brasil maupun Spanyol saling melepaskan tekanan. Kedua tim memang andal dalam hal menguasai bola, sehingga kedua tim mampu mengatur tempo masing-masing. Tidak ada yang mendikte laga.

Situasi seperti terus berlangsung hingga menit 20. Selepas itu, Brasil mencoba mendominasi laga. Mereka mulai melancarkan beberapa serangan langsung, dengan Richarlison dan Cunha sebagai motornya. Pada menit 38, Brasil berkesempatan unggul setelah mendapatkan penalti.

Namun, Richarlison yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugas dengan baik. Kendati begitu, Brasil tetap mampu mencetak gol. Jelang babak pertama tuntas, Cunha sukses mencetak gol, memanfaatkan buruknya koordinasi di lini pertahanan Spanyol. Skor berubah 1-0.

Skor ini tidak berubah sampai babak pertama tuntas. Brasil memasuki ruang ganti dengan keunggulan satu angka atas Spanyol.

2. Babak kedua, Spanyol mulai menggeliat

Brasil vs Spanyol. (twitter.com/SeFutbol)

Memasuki babak kedua, Brasil tetap mengancam Spanyol. Permainan direct yang mereka peragakan menjadi momok tersendiri bagi Eric Garcia dan Pau Torres. Bahkan, pada menit 51, Richarlison hampir mencetak gol kedua Brasil, andai saja sepakannya tidak mengenai mistar.

Beberapa perubahan pun dilakukan Spanyol di babak kedua ini. Mereka memasukkan Carlos Soler dan Bryan Gil untuk menambah daya gedor. Pergantian yang dilakukan Spanyol pun membuahkan hasil.

Berawal dari serangan dari sisi kiri pertahanan Brasil, Oyarzabal sukses membobol gawang Brasil pada menit 61, memanfaatkan umpan dari Soler. Skor berubah 1-1 untuk kedua tim. Peluang Spanyol untuk bangkit terbuka kembali.

Setelah kedudukan imbang, tensi laga mulai meningkat. Sekarang giliran Spanyol yang mengambil inisiatif. Mereka menguasai bola lebih banyak, dan tidak membiarkan Brasil melancarkan serangan langsung yang menjadi senjata mereka di laga ini.

Di sisa waktu babak kedua, Brasil dan Spanyol masih silih berganti melepaskan serangan. Namun, kebuntuan yang dialami kedua tim membuat skor 1-1 tetap bertahan. Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo: Pedri Siap Torehkan Sejarah Baru Spanyol

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya