Comscore Tracker

Brasil Lolos ke Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

Brasil tumbangkan Meksiko

Jakarta, IDN Times - Brasil meraih kemenangan dalam laga semifinal cabor sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020. Menghadapi Meksiko di Ibaraki Stadium, Selasa (3/8/2021), Brasil menang lewat adu penalti dengan skor 4-1, setelah bermain imbang 0-0 kontra Meksiko di waktu normal plus perpanjangan waktu.

Berkat hasil ini, Brasil memastikan diri sukses melaju ke final Olimpiade dalam tiga edisi terakhir secara beruntun. Pada perhelatan London 2012 dan Rio de Janeiro 2016, Brasil juga sukses memastikan tempat di final.

1. Babak pertama, Brasil menguasai laga

Brasil Lolos ke Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020Brasil vs Jerman. (twitter.com/DFB_Team_EN)

Kedua tim menurunkan pemain-pemain terbaik sejak awal laga. Meksiko menurunkan Guillermo Ochoa, Carlos Antuna, Jose Esquivel, Ernesto Vega, hingga Johan Vasquez. Brasil memainkan Richarlison, Paulinho, Antony, Douglas Luiz, serta Dani Alves.

Sejak babak pertama, tekanan intens sudah dilepaskan oleh Brasil. Berbekal nama Richarlison dan Paulinho, Brasil rutin menekan dari sisi sayap. Belum lagi, ada nama Dani Alves dan Guilherme Arana yang juga kerap naik membantu serangan.

Akibat tekanan ketat ini, Meksiko kesulitan mengembangkan permainan. Mereka begitu susah melepaskan tembakan, karena sejak dari tengah, Brasil sudah menekan para pemain Meksiko sedemikian rupa. Untungnya, Brasil juga lemah dalam penyelesaian akhir di babak pertama.

Meski beragam cara sudah mereka coba, baik itu lewat situasi bola mati ataupun lewat skema open play, Brasil tetap kesulitan membobol gawang Meksiko. Di sisi lain, serangan-serangan balik Meksiko juga urung membuahkan hasil.

Tak pelak, skor 0-0 pun tetap bertahan di sisa waktu babak pertama, dan tidak berubah hingga wasit meniup peluit penanda tuntasnya babak pertama.

Baca Juga: Bomber Brasil Cetak Rekor Ciamik di Olimpiade Tokyo 2020

2. Meksiko mulai melawan balik

Brasil Lolos ke Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020Brasil vs Jerman. (twitter.com/CBF_Futebol)

Memasuki babak kedua, Meksiko mulai memberikan perlawanan. Masuknya Diego Lainez dan Carlos Rodriguez menghidupkan lini serang mereka. Beberapa kali, Meksiko mampu mengancam lini pertahanan Brasil lewat serangan balik cepat.

Sadar bahwa Meksiko sudah bangkit, Brasil tidak tinggal diam. Mereka memasukkan Gabriel Martinelli dan Reinier untuk meningkatkan kekuatan di lini serang. Masuknya Martinelli membuat lini serang Brasil bergelora.

Sayang, sama seperti babak pertama, Brasil masih kesulitan menembus lini pertahanan Meksiko. Selain karena pertahanan Meksiko yang rapat, para pemain Brasil juga urung melakukan kombinasi permainan atraktif. Kehilangan sosok Mateus Cunha begitu terasa di lini serang mereka.

Sementara itu, Meksiko juga sama. Meski memasukkan beberapa pemain baru lagi seperti Jesus Angulo dan Roberto Alvarado, gebrakan yang sempat mereka tunjukkan tidak berlangsung lama. Memasuki pertengahan dan akhir babak kedua, mereka tertelan lagi oleh tekanan Brasil.

Situasi ini terus berlangsung di sisa waktu babak kedua. Brasil buntu, dan Meksiko tertekan. Alhasil, sampai babak kedua tuntas, skor 0-0 masih tetap bertahan. Laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

3. Brasil pastikan kemenangan di babak adu penalti

Brasil Lolos ke Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020Brasil vs Jerman. (twitter.com/CBF_Futebol)

Memasuki babak pertama perpanjangan waktu, situasi masih tidak berubah untuk kedua tim. Brasil tetap dominan, tetapi masih sulit mencetak gol ke gawang Meksiko yang dikawal Ochoa. Sedangkan Meksiko, mereka lebih banyak menunggu.

Di babak kedua perpanjangan waktu, skor 0-0 masih saja jadi penanda antara kedua tim. Meski Meksiko sempat menggeliat, mereka terlalu mengandalkan serangan pada sosok Lainez seorang, sehingga akhirnya mereka kesusahan mencetak gol.

Sedangkan untuk Brasil, situasi masih sama seperti sebelumnya. Sulit sekali mereka mencetak gol. Alhasil, pertandingan pun berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, dua penendang Meksiko, yaitu Eduardo Aguirre dan Johan Vasquez, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan empat penendang Brasil, yakni Alves, Martinelli, Bruno Guimaraes, dan Reinier, sukses menjalankan tugas mereka.

Brasil menang 4-1, dan mereka dipastikan melangkah ke final Olimpiade Tokyo 2020. Mereka tinggal menghadapi pemenang antara Spanyol atau Jepang. Sedangkan Meksiko, mereka masih berkesempatan meraih medali perunggu.

Baca Juga: Kisah Raket Senar Tali Pancing Apriyani Rahayu Antar Juara Olimpiade

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya