TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Football Institute: Format Liga 2 Pas, Kurangi Match Fixing

Liga 2 tak perlu menggunakan babak 16 besar

RANS Cilegon FC di Liga 2. (ligaindonesiabaru.com)

Jakarta, IDN Times - Founder Football Institute Budi Setiawan setuju dengan format Liga 2 2023/24 yang ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Format baru yang meniadakan babak 16 besar ini membuat potensi match fixing bisa berkurang.

"Saya setuju kompetisi Liga 2 tanpa babak 16 besar, langsung delapan besar. Banyaknya fase gugur sama saja mengundang pelaku praktek pengaturan skor, sehingga format kompetisi memang harus meminimalisir fase gugur," ujar Budi dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Sriwijaya FC Tolak Format Kompetisi Liga 2 Tanpa 16 Besar

1. PT LIB harus berinovasi ke depannya

Logo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Meski begitu, Budi berkata bahwa PT LIB selaku operator kompetisi tidak luput dari pekerjaan rumah. Dia berujar, Liga 2 saat ini masih belum optimal dari sisi komersial, baik itu dari klub maupun LIB sendiri. Kemampuan finansial klub juga belum merata.

"Liga 2 masih belum optimal dari sisi komersial, baik dari klub maupun LIB. Klub-klub Liga 2 masih belum mempunyai kemampuan finansial yang merata. Sementara LIB juga belum mampu untuk meningkatkan value Liga 2," kata Budi.

2. Jumlah pertandingan Liga 2 harus diperbanyak

Dewa United di Liga 2 2021. (ligaindonesiabaru.com)

Selain itu, Budi juga mengakui bahwa jumlah pertandingan Liga 2 saat ini masih terlalu sedikit. Ke depan, LIB harus menjamin klub-klub Liga 2 mendapatkan jumlah pertandingan lebih banyak, minimal 20 laga dalam semusim.

"Memang jumlah pertandingan Liga 2 terlalu sedikit, sementara klub Liga 2 banyak yang mengontrak pemain cukup panjang," ujar Budi.

"Ke depan LIB harus menjamin bahwa klub-klub Liga 2 mendapatkan jumlah pertandingan yang lebih banyak, minimal 20 kali dalam 1 musim. Tentunya dengan memperhatikan kesiapan finansial klub Liga 2," tambahnya.

Baca Juga: PSDS Kontrak 20 Pemain untuk Liga 2, Ada Gusti Sandria

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya