TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Format Baru di Fase Gugur Liga Europa, Barcelona Terancam

Fase grup Liga Europa 2021/22 sudah tuntas

Pesepak bola Ajax Amsterdam Dusan Tadic (kanan) berupaya melewati penjagaan penjaga gawang AS Roma Paul Lopez dalam laga leg pertama babak perempat final Liga Europa, di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (8/4/2021) (ANTARA FOTO/Reuters-Piroschka Van De Wouw)

Jakarta, IDN Times - Liga Europa 2021/22 sudah melangsungkan laga terakhir fase grup pada Jumat (10/12/2021) dini hari. Beberapa tim sudah menentukan tempat di fase gugur. Ada yang lolos sebagai runner-up, sebagian menjadi juara grup.

Nah, berbeda dengan musim-musim sebelumnya, format fase gugur Liga Europa 2021/22 sedikit berbeda. Tidak lagi menggunakan format babak 32 besar, Liga Europa memberi keuntungan lebih bagi para juara di fase grup.

Baca Juga: UEFA Resmi Hapus Aturan Gol Tandang di Liga Champions dan Liga Europa

1. Ada play-off 16 besar

Pemain Villarreal Gerard Moreno merayakan gelar juara Liga Europa usai melibas Manchester United di Polsat Plus Arena Gdansk, Gdansk, Polandia, Kamis (2.7/5/2021). ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Michael Sohn

Fase gugur Liga Europa 2021/22 tidak langsung menggabungkan tim-tim dari fase grup Liga Europa dengan peringkat tiga babak penyisihan Liga Champions. Ada pemisahan yang dilakukan oleh UEFA, selaku penyelenggara Liga Europa.

Jadi, ada play-off untuk menentukan delapan tim yang akan berkompetisi di babak 16 besar. Play-off mempertemukan runner-up grup dan tim-tim peringkat tiga fase grup Liga Champions. Merunut jadwal, play-off akan dilaksanakan pada 17 dan 24 Februari 2022.

2. Keuntungan bagi juara grup

Pesepak bola AS Roma Edin Dzeko (kedua kanan) menendang bola dan berhasil mencetak gol ke gawang Ajax Amsterdam dalam laga leg pertama babak perempat final Liga Europa, di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Kamis (8/4/2021) (ANTARA FOTO/Reuters-Piroschka Van De Wouw)

Di sisi lain, juara grup tidak akan bertarung lagi untuk memperebutkan satu tempat di babak 16 besar. Total, delapan tim juara grup Liga Europa 2021/22 akan langsung melaju ke babak 16 besar. Mereka hanya tinggal menunggu lawan yang akan bertanding di play-off.

Aturan ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para juara grup. Alhasil, tak heran setiap tim di Liga Europa 2021/22 benar-benar berjuang untuk bisa finis sebagai juara grup. Nyatanya, ada sesuatu yang memang mereka kejar.

Baca Juga: Hasil Liga Europa: Leicester City Gagal ke Fase Gugur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya