TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mau Nonton Liga 2 Langsung di Stadion? Ini Prosesnya

Penonton di stadion akan diatur dalam masa uji coba

Twitter/@infokomjakmania

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memaparkan ada beberapa langkah yang akan dilakukan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI terkait uji coba kehadiran penonton di stadion. Iwan Bule (sapaannya) menyatakan skemanya tak sembarangan, karena penonton yang hadir merupakan undangan dari PSSI dan LIB.

Dalam masa uji coba, suporter akan menjadi prioritas. Nantinya, skema yang diambil adalah kelompok suporter dari sejumlah klub akan mendapatkan undangan dengan kuota tertentu. 

"Kami akan undang suporter dari beberapa klub untuk bisa masuk ke stadion, tetapi tetap dibatasi. Dalam aturan yang ada memang 50 persen atau 5.000, tetapi mungkin untuk sementara belum segitu," ujar Iwan Bule dalam sesi jumpa pers, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Liga 2 Jadi Ajang Uji Coba Laga dengan Penonton

1. Arus keluar masuk penonton diatur

instagram.com/kabar_bonek

Direktur Utama (LIB), Akhmad Hadian Lukita, menyebut arus keluar-masuk penonton akan diatur. Dia ingin agar tidak terjadi persilangan antar penonton dalam satu laga. Alhasil, agar itu tidak terjadi, jarak antar laga akan dibuat jauh.

"Kami berencana akan membuat jarak antar satu laga dengan lainnya yang mempunyai batas atau jam yang paling aman, jangan sampai nanti ada benturan arus mana yang masuk dan keluar, karena ini jadi pertimbangan utama. Jangan sampai ada kerumunan di stadion," tutur Akhmad.

2. LIB dan PSSI akan gelar komunikasi dengan klub

Ketua OC Piala Menpora, Akhmad Hadian Lukita saat di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Akhmad mengungkapkan, LIB dan PSSI nantinya akan menggelar komunikasi dengan klub-klub yang bertanding. Selain itu, mereka juga akan berkomunikasi, terutama dengan pihak kepolisian, BNPB, Kemenkes, Kemenpora, dan Satgas COVID-19

"Kami akan berkoordinasi dengan klub-klub yang bertanding. Karena ini masih uji coba, paling tidak ada perwakilan dari suporter yang dikoordinir klub hadir di uji coba. Kami juga tetap mengampenyekan beberapa hal, dan komunikasi tetap buka dengan berbagai pihak," tutur Akhmad.

Baca Juga: Indonesia Patut Waspada, Laos Punya Jebolan Liga Prancis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya