TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Peter Schmeichel Jabarkan Beda Kiper Dulu dan Sekarang

Peter Schmeichel memantau evolusi kiper

Peter Schmeichel di Indonesia. (Dok. Vidio)

Jakarta, IDN Times - Kiper adalah posisi pemain dalam sepak bola yang mengalami transformasi. Hal itu juga yang menjadi perhatian dari legenda Manchester United, Peter Schmeichel. Dia melihat, banyak perubahan terjadi di posisi kiper.

"Waktu zaman saya posisi kiper itu masih serba fisik. Itu menjadi tantangan tersendiri. Kiper dulu banyak menghalau umpan silang, beradu fisik dengan para penyerang, dan tidak banyak menggunakan kaki," ujar Schmeichel di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Andre Onana Dipermalukan Gol Jarak Jauh Lens, Sampai Terjungkal

1. Kiper sekarang harus bisa membagi bola

Peter Schmeichel di Indonesia. (Dok. Vidio)

Schmeichel melihat, sekarang ini peran dari kiper lebih dari sekadar sosok penjaga di bawah mistar. Kiper saat ini kudu terlibat dalam permainan, dan berani bermain umpan dalam area sempit di lini pertahanan.

"Sekarang, kiper tak perlu adu fisik dan tekel seperti zaman dulu. Sekarang kiper harus bisa membagi bola, main umpan di area sempit, dan juga jadi orang terakhir yang bisa mengontrol bola, itu bedanya," kata Schmeichel.

2. Alasan merekrut Andre Onana

Andre Onana. (skysports.com)

Schmeichel mengungkapkan, evolusi inilah yang akhirnya membuat Manchester United merekrut Andre Onana. Eks kiper Inter Milan dan Ajax itu adalah sosok yang bisa membagi bola dengan baik dan sosok dengan skema Erik ten Hag.

"Musim lalu saya banyak nonton Andre Onana di Liga Champoins, dan bagaimana dia bisa membagi bola dan mengontrol bola dengan baik. Atas alasan itulah dia direkrut Ten hag, dan Ten Hag memang menyukainya," ujar Schmeichel.

Baca Juga: Sponsor Bantu Liverpool Demi Datangkan Kylian Mbappe

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya