TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PSSI Hormati Keputusan FIFA Tunda Piala Dunia U-20 2021 

PSSI akan tetap jalin komunikasi

Pintu masuk kantor PSSI saat masih berada di kawasan Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) harus menerima kenyataan pahit. Gelaran Piala Dunia U-20 yang sejatinya digelar di Indonesia tahun depan, harus ditunda hingga 2023 mendatang.

Meski begitu, PSSI tetap menghormati keputusan federasi sepak bola dunia, FIFA. Melalui keterangan resminya, PSSI menyebut bahwa kelancaran serta keselamatan semua pihak merupakan prioritas utama saat ini. Termasuk di dalamnya adalah keselamatan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

1. PSSI sudah melakukan persiapan dengan baik

IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut bahwa persiapan terkait Piala Dunia U-20 2021 sudah dilaksanakan dengan baik. Meski begitu, keputusan FIFA ini tak bisa diganggu gugat. 

“Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 Indonesia tahun 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang. PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021," kata Iriawan, dilansir situs resmi PSSI.

"Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada tahun 2023," lanjut eks Plt Gubernur Jawa Barat itu.

Baca Juga: [BREAKING] FIFA Resmi Tunda Piala Dunia U-20 di Indonesia

2. Timnas Indonesia diharapkan dapat mematangkan persiapan

Timnas U-19 memulai latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (17/11/2020). (Dok. PSSI)

PSSI mengambil hikmah pembatalan ini. Iriawan berharap agar waktu tambahan yang ada dapat dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. Ada waktu tambahan dua tahun buat Garuda Muda mematangkan skuat.

"Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 pada 2021, Timnas yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 pada 2023. Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara,” ujar pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut.

3. PSSI akan tetap berkoordinasi dengan semua pihak

Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Waketum PSSI) Iwan Budianto (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Terkait penundaan ini, Iwan Budianto selaku Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus Wakil Ketua INAFOC (Panitia Piala Dunia U-20) mengungkapkan, koordinasi akan tetap dilakukan PSSI bersama pihak-pihak terkait. Ia juga berterima kasih atas dukungan pemerintah sejauh ini.

"Agar pada tahun 2023 program bisa berjalan lancar, komunikasi dan koordinasi yang erat antara FIFA, PSSI, dan LOC tetap berjalan. Sesuai keputusan Biro Dewan FIFA, PSSI segera melapor kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, sembari menunggu surat resmi tentang pembatalan ini dari FIFA," kata Iwan.

“PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia khususnya Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan semua pihak yang telah mendukung persiapan FIFA U-20 World Cup Indonesia 2021. PSSI dan LOC akan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan INAFOC untuk memastikan semuanya berjalan lancar di tahun 2023,” lanjut dia.

Baca Juga: Inilah 30 Pemain Timnas U-19 yang Dibawa Shin Tae-yong ke Spanyol

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya