TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UEFA Akan Sediakan 2 Slot Tambahan bagi Klub Liga Champions

UEFA akan tambah peserta di Liga Champions

trofi Liga Champions (sports404.com)

Jakarta, IDN Times - Otoritas sepak bola Eropa, UEFA, memiliki sebuah rencana menarik. Mereka akan menyediakan dua slot tambahan di Liga Champions bagi klub, berdasarkan sejarah dan juga prestasi yang dicapai klub tersebut.

Rencana ini muncul seiring wacana European Super League (ESL) yang masih terus bergulir. UEFA ingin agar Liga Champions tetap menjadi kompetisi antarklub Eropa yang prestisius, dengan menawarkan beragam rencana baru yang menarik perhatian.

Baca Juga: Banding Rusia soal Sanksi UEFA Ditolak

1. Seperti apa syarat yang diusulkan UEFA?

cr7creative.co.in

Jadi, UEFA berencana akan memberikan slot tambahan di Liga Champions, bagi klub-klub yang berprestasi di Liga Champions dalam lima musim terakhir. Dengan catatan, klub-klub tersebut tidak lolos Liga Champions via jalur domestik.

Contoh, jika Chelsea gagal finis di posisi empat besar Premier League 2021/22, mereka bisa mendapatkan slot ini. Pun dengan Liverpool. Andaikan mereka gagal finis empat besar, mereka bisa dapat slot ini lantaran sempat jadi juara di musim 2018/19.

2. Siapa yang jadi pionir usulan ini?

dailypost.ng

Usulan ini muncul dari Deputi Sekjen UEFA, Giorgio Marchetti, dalam pertemuan European Club Assiociation (ECA), Senin (28/3/2022). Meski begitu, usulan ini tidak serta merta disepakati sampai 2024.

Masih mungkin beberapa perubahan terjadi di beberapa waktu ke depan. Apalagi, pada 2024, Liga Champions juga dikabarkan akan mengalami perubahan format dan jumlah peserta.

Baca Juga: 15 Klub yang Pernah Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya