TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada Nguyen Quang Hai, Raksasa Kecil Timnas Vietnam

Nguyen Quang Hai kecil, tetapi menakutkan

news.zing.vn

Jakarta, IDN Times - Raksasa tidak selamanya besar. Kadang, ada raksasa-raksasa kecil yang bisa menghadirkan kejutan. Tengok saja David, sosok kecil yang mengejutkan karena bisa menundukkan Goliath. Timnas Vietnam juga nyatanya punya sosok seperti itu. Namanya Nguyen Quang Hai.

Quang Hai sudah menarik perhatian sejak 2012 lalu, ketika dia masih membela Vietnam U-16. Perlahan, seiring bertambahnya usia, Quang Hai menjelma jadi andalan Vietnam di segala level usia, mulai dari U-19, U-23, hingga kini di tim senior.

Dengan kemampuannya, Quang Hai menjelma jadi raksasa kecil Vietnam. Dia siap memangsa dan menghadirkan kejutan bagi setiap lawan-lawan Vietnam.

Baca Juga: Timnas Indonesia Makin Pede Hadapi Vietnam dan Malaysia

Baca Juga: 3 Pelatih Tersukses di Piala AFF, Ada Legenda

1. Punya pengalaman internasional mentereng

www.fourfourtwo.com/sg

Quang Hai sudah membela Vietnam sejak usia 14 tahun. Dari Timnas Vietnam U-16, kemampuannya berkembang hingga akhirnya masuk Timnas Vietnam U-19 pada 2014. Dia juga mewakili Vietnam U-19 di ajang Piala Asia U-19 pada 2016, sekaligus membawa Vietnam melaju hingga semifinal.

Berkat keberhasilan tersebut, Quang Hai pun mencicipi atmosfer Piala Dunia U-20 bersama Vietnam. Meski gagal lolos fase grup, torehan ini menandakan bahwa pengalaman internasional Quang Hai tidak kaleng-kaleng. Berlanjut ke U-23, dia sempat membawa Vietnam U-23 berjaya.

Di ajang Piala Asia U-23 2018, Quang Hai dan kolega membawa Vietnam melaju hingga babak final. Dia didapuk sebagai pahlawan berkat penampilan ciamiknya sepanjang turnamen, kendati Vietnam sendiri tumbang di tangan Uzbekistan dengan skor 1-2.

Di ajang Asian Games 2018, Quang Hai juga tampil apik dan membawa Vietnam melaju hingga ke semifinal. Sayang, Vietnam gagal meraih medali usai tumbang di laga perebutan perunggu. Namun, Quang Hai berhasil mempersembahkan emas bagi Vietnam di ajang SEA Games 2019.

Segala pengalamannya di Timnas level usia ini membawa Quang Hai ke Timnas senior. Ajang Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019 jadi momen Quang Hai unjuk gigi. Di Piala AFF 2018, dia menjadi pemain terbaik turnamen dan membawa Vietnam juara.

Sedangkan di ajang Piala Asia 2019, Quang Hai tampil ciamik dan memegang peranan penting atas keberhasilan Vietnam melaju hingga ke babak perempat final. Meski Vietnam kalah dari Jepang, secara individu, penampilan Quang Hai menghadirkan puja-puji.

2. Atribut yang membuat Quang Hai menakutkan

Twitter/@aqi_tony

Selain bertabur pengalaman di level internasional, salah satu hal yang bikin Quang Hai menakutkan adalah kemampuan individunya. Dengan tinggi badan yang hanya 168 cm, Quang Hai jadi momok bagi pertahanan lawan lewat kecepatan yang dia miliki. Dia juga sangat lincah.

Apiknya lagi, kelincahan Quang Hai ini dilengkapi dengan teknik olah bolanya yang mumpuni. Quang Hai mampu melakukan dribel dengan apik, plus menjadi pengalir bola yang akurat di area sepertiga akhir pertahanan lawan. Dia juga sangat dinamis.

Dalam laga babak grup Piala AFF 2020 lawan Malaysia, tampak Quang Hai beberapa kali bergerak di area sepertiga akhir pertahanan Malaysia. Pergerakan liarnya ini mengacaukan pertahanan rapat Malaysia, sekaligus memberi ruang bagi para pemain depan Vietnam yang lain.

Quang Hai juga kerap muncul dari lini kedua dan menyelesaikan peluang. Sepakan jarak jauhnya menghadirkan decak kagum di ajang Piala Asia U-23 2018. Hal itu juga yang tampak ketika Vietnam mengalahkan Malaysia. Sepakan terukur Quang Hai membuat Khairul Fahmi tidak berkutik.

Seiring berkembangnya usia, visi bermain Quang Hai juga makin terasah. Tidak cuma asal lari, dribel, dan menembak, Quang Hai juga jadi lebih awas dalam membaca pergerakan lawan dan rekan sendiri. Umpan tumitnya pada Nguyen Cong Phuong di laga lawan Malaysia jadi cermin dari itu semua.

Berbekal segala atribut ini, tak salah jika Quang Hai dianggap sebagai raksasa kecil dari Vietnam. Dengan tinggi badan tidak mencapai 170 cm, Quang Hai mampu menebar teror bagi pertahanan lawan.

Baca Juga: Piala AFF: Timnas Indonesia Tidak Takut Ancaman Vietnam

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya