3 Pelatih Tersukses di Piala AFF, Ada Legenda

Mereka membawa timnya meraih gelar juara lebih dari sekali

Jakarta, IDN Times - Tak banyak pelatih yang mampu mencatatkan kesuksesan di Piala AFF. Meski turnamen ini terbilang mini, dan cuma melibatkan negara-negara di regional Asia Tenggara, gengsinya cukup tinggi, hingga mampu mengangkat pesona mereka untuk meniti karier profesionalnya.

Hanya ada beberapa pelatih yang sukses di pentas Piala AFF. Mereka sudah mampu memberikan lebih dari satu gelar kepada tim-tim yang pernah dilatihnya. Berikut ini, IDN Times sajikan buat kamu, sederet pelatih yang sukses di Piala AFF. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal di Piala AFF 2020, Indonesia Ada Gak?

1. Radojko Avramovic

3 Pelatih Tersukses di Piala AFF, Ada Legendaalchetron.com

Pelatih yang paling banyak membawa timnya menjuarai Piala AFF adalah Radojko Avramovic. Eks pelatih Singapura ini memiliki catatan luar biasa bersama Singapura.

Dia meraih tiga gelar juara bersama Singapura, pada 2004, 2007, dan 2012. Radojko menjadi bagian dari kesuksesan proyek naturalisasi Singapura dengan pemain-pemain seperti Mustafic Fachruddin, Alexandar Duric, dan lainnya.

2. Peter Withe

3 Pelatih Tersukses di Piala AFF, Ada Legendamirror.co.uk

Peter Withe juga menjadi pelatih tersukses di Piala AFF. Dia berhasil membawa Thailand juara Piala AFF secara back to back di 2000 dan 2002.

Bahkan, Withe berhasil membawa Thailand jadi kontestan Piala Asia 2000. Sayangnya, Withe gagal meneruskan tren positif di Thailand bersama Timnas Indonesia.

3. Kiatisuk Senamuang

3 Pelatih Tersukses di Piala AFF, Ada Legendawww.goal.com

Dikenal sebagai legenda Thailand dengan julukan Zico, Kiatisuk Senamuang juga punya catatan impresif kala menjadi pelatih. Kariernya sebagai pelatih Thailand dimulai dengan tim level junior.

Kemudian, dia mulai promosi ke tim senior. Sama seperti Withe, Kiatisuk berhasil mempersembahkan gelar juara Piala AFF secara back to back, 2014 dan 2016.

Masih ingat dalam ingatan, di 2016, Kiatisuk berhasil membawa Thailand juara setelah comeback di final leg 2. Kala itu, jumpa dengan Indonesia, Thailand sudah tertinggal 1-2 dari pertemuan pertama. Namun, pada leg 2, Thailand mencukur Indonesia, 3-0.

Baca Juga: Thailand Krisis Gelandang Gara-gara Keracunan Makanan di Piala AFF

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya