Timnas Indonesia Makin Pede Hadapi Vietnam dan Malaysia

Tantangan Indonesia kini semakin berat

Jakarta, IDN Times - Kepercayaan diri Timnas Indonesia sedang meninggi. Kemenangan besar atas Laos dengan skor 5-1, Minggu (12/12/2021), membuat Pasukan Garuda cukup percaya diri buat lolos ke semifinal.

Pelatih Indonesia, Shin Tae Yong, mengaku tantangan yang dihadapi anak-anak asuhnya bakal lebih berat. Sebab, dua lawan terakhirnya adalah Vietnam dan Malaysia.

"Terima kasih kepada para pemain yang sudah bekerja keras. Mereka tampil baik hingga akhirnya kami mendapatkan hasil yang maksimal," ujar Shin usai laga.

1. Kemenangan seluruh tim

Timnas Indonesia Makin Pede Hadapi Vietnam dan MalaysiaSkuad Timnas Indonesia merayakan gol Asnawi Mangkualam ke gawang Laos (Dokumentasi PSSI)

Kemenangan atas Laos, menurut Shin, jadi bukti kekompakkan seluruh pemainnya. Sebab, di laga lawan Laos, Indonesia dianggapnya bermain begitu solid.

Shin menilai semua pemain Indonesia mulai menampilkan permainan yang kompleks, tak bertumpu pada satu orang saja, semua terlibat dalam permainan dan terciptanya gol.

"Ini kemenangan buat 30 orang di dalam tim. Mereka bermain dengan militan. Jadi, kemenangan ini merupakan buah dari kerja keras tim, memberikan kami kepercayaan diri," ujar Shin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Hentikan Kutukan Partai Pembuka Piala AFF

2. Skuad yang dalam

Timnas Indonesia Makin Pede Hadapi Vietnam dan MalaysiaTC Timnas U-23. (Website/pssi.org)

Saat melawan Laos, Shin melakukan sejumlah rotasi. Lini belakang menjadi yang paling banyak dibongkar olehnya. Pun, sektor depan juga diubah komposisinya oleh Shin sejak awal.

Dia juga mengganti pemain secara radikal di babak kedua. Setidaknya, ada lima pemain yang diganti Shin di paru kedua.

"Ini jadi bukti pemain pelapis kami juga bagus kualitasnya. Sekarang, siapa saja bisa main sebagai starter. Saya percaya kualitas mereka.

3. Ekskalasi meningkat

Timnas Indonesia Makin Pede Hadapi Vietnam dan MalaysiaSkuad Timnas Indonesia merayakan gol Witan Sulaeman ke gawang Laos (Dokumentasi PSSI)

Menang dua kali, Indonesia membuka peluang lolos ke semifinal. Kini, Indonesia harus beradu kuat dengan Vietnam dan Malaysia.

Shin mengakui kalau tantangan Indonesia makin berat. Dia pun meminta anak-anak asuhnya buat berkonsentrasi dalam menghadapi laga kontra dua musuh bebuyutannya itu.

"Kami sadar tantangan akan semakin berat di dua laga ke depan. Tapi, kami yakin para pemain bisa meraih hasil positif, jika mereka main dengan berani dan percaya diri," kata Shin.

Baca Juga: Heboh, Malaysia Diisukan WO dari Piala AFF Usai Krisis

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya