Piala AFF: Timnas Indonesia Tidak Takut Ancaman Vietnam

Indonesia akan bersua Vietnam dan Malaysia

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengaku anak-anak asuhnya tidak takut dengan ancaman Vietnam. Meski memprediksi Vietnam adalah calon juara Piala AFF 2020, Shin menyebut Skuad Garuda bisa meraih kemenangan atas tim asuhan Park Hang Seo tersebut.

"Pastinya Vietnam adalah tim yang terkuat di turnamen ini. Mereka juga calon juara, tetapi kami tidak takut. Jika main baik dan percaya diri, kami bisa mendapat hasil yang bagus lawan Vietnam," ujar Shin usai laga kontra Laos, Minggu (12/12/2021).

1. Kepercayaan diri Indonesia tengah meninggi

Piala AFF: Timnas Indonesia Tidak Takut Ancaman VietnamStriker Indonesia, Ezra Walian, di duel kontra Kamboja / PSSI

Kepercayaan diri Indonesia sedang meninggi. Kemenangan besar atas Laos dengan skor 5-1, Minggu (12/12/2021), membuat Indonesia cukup percaya diri lolos ke semifinal.

Shin mengaku tantangan yang dihadapi anak-anak asuhnya bakal lebih berat. Sebab, dua lawan terakhirnya adalah Vietnam dan Malaysia.

"Terima kasih kepada para pemain yang sudah bekerja keras. Mereka tampil baik hingga akhirnya kami mendapatkan hasil yang maksimal," ujar Shin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Makin Pede Hadapi Vietnam dan Malaysia

2. Shin anggap kualitas skuad merata

Piala AFF: Timnas Indonesia Tidak Takut Ancaman VietnamWinger Indonesia, Irfan Jaya, saat duel melawan pemain Kamboja / PSSI

Saat melawan Laos, Shin melakukan sejumlah rotasi. Lini belakang menjadi yang paling banyak dibongkar olehnya. Pun, sektor depan juga diubah komposisinya oleh Shin sejak awal.

Dia juga mengganti pemain secara radikal di babak kedua. Setidaknya, ada lima pemain yang diganti Shin di paru kedua.

"Ini jadi bukti pemain pelapis kami juga bagus kualitasnya. Sekarang, siapa saja bisa main sebagai starter. Saya percaya kualitas mereka," tutur Shin.

3. Indonesia akan bersua Vietnam dan Malaysia

Piala AFF: Timnas Indonesia Tidak Takut Ancaman VietnamTimnas Indonesia vs Myanmar di Turki. (pssi.org)

Menang dua kali, Indonesia membuka peluang lolos ke semifinal. Kini, Indonesia harus beradu kuat dengan Vietnam pada 15 Desember, serta Malaysia pada 19 Desember 2021.

Shin mengakui kalau tantangan Indonesia makin berat. Dia pun meminta anak-anak asuhnya buat berkonsentrasi dalam menghadapi laga kontra dua musuh bebuyutannya itu.

"Kami sadar tantangan akan semakin berat di dua laga ke depan (lawan Vietnam dan Malaysia). Namun, saya yakin Timnas Indonesia bisa meraih hasil positif, jika mereka main dengan berani dan percaya diri," kata Shin.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal di Piala AFF 2020, Indonesia Ada Gak?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya