TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Shin Minta Timnas U-19 Menunjukkan Mental Juara di Laga Terakhir

Kans skuad Garuda Muda lolos semifinal ditentukan laga lain

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Tata Firza).

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 mendapat ujian berat untuk melangkahkan kaki ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Selain wajib menang di laga terakhir Grup A, mereka juga mesti menunggu hasil di laga lain.

Bagi Shin Tae Yong, kondisi ini jadi momentum untuk melihat seberapa besar mental juara yang dimiliki Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan. Beban berat bakal berada di pundak pemain dalam laga terakhir nanti yang harus menyelesaikan misi untuk menang. 

Sementara, kondisi tim juga sedang tidak ideal. Selain para pemain yang mulai kelelahan akibat menjalani jadwal padat di babak penyisihan ini, mereka juga tak akan diperkuat beberapa pemain andalannya. Salah satunya adalah Marselino Ferdinan.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Jadwal Padat di Piala AFF U-19 Bahayakan Pemain

1. Shin Tae Yong ingin melihat mental juara pemain Timnas U-19

Shin Tae Yong sedang berdiskusi dengan tim pelatih Timnas U-19 Indonesia di salah satu laga Piala AFF U-19. (IDN Times/Tata Firza)

Namun demikian, Shin Tae Yong optimistis anak asuhnya mampu melewati rintangan tersebut. Syaratnya dengan memperlihatkan mental juara di atas lapangan.

Mental serta motivasi jadi aspek yang tengah digenjot Shin demi lolos ke semifinal Piala AFF. Berkorban untuk tim jadi hal yang ditekankan olehnya.

Sebab, saat ini, Timnas U-19 diakui sudah keletihan karena padatnya skedul Piala AFF U-19 2022. Ditambah, hilangnya peran Marselino membuat Garuda Muda sedikit pincang.

"Saya berusaha untuk mengubah mental pemain agar mereka bisa berkorban untuk tim. Itu yang ditegaskan kepada mereka. Pemain juga sudah berusaha keras," kata Shin usai laga kontra Filipina, Kamis (8/7/2022).

2. Shin putar otak untuk akali keletihan pemain Timnas U-19

Pemain Timnas U-19 melakukan selebrasi di salah satu pertandingan Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Perjudian besar dilakukan Shin saat meladeni Filipina kemarin malam. Saat membutuhkan kemenangan, dia malah merombak pemain yang jadi starter dalam laga tersebut. 

Hasilnya cukup memuaskan. Skuad Garuda Muda tampil lebih moncer ketimbang saat bentrok dengan Thailand. Subhan Fajri dan kolega mampu menggasak Filipina dengan skor telak 5-1.

Kemenangan itu jadi modal positif. Shin memiliki banyak opsi untuk laga pamungkas, kontra Myanmar pada Minggu (10/7/2022). Rotasi yang dilakukan diharapkan bisa membantu Timnas U-19 lebih bugar pada laga tersebut.

"Saya antisipasi fisik (pemain) untuk laga berikutnya, jadi hampir semua starting diganti. Semua pemain yang main (lawan Filipina) sangat bekerja keras. Jadi saya ucapkan terima kasih," ujar Shin.

Baca Juga: Kans Timnas U-19 ke Semifinal Piala AFF Ditentukan Laga Lain

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya