5 Catatan Menarik Pekan Terakhir Liga Champions 2021/2022

Apakah klub favoritmu lolos ke babak 16 besar UCL?

Pekan terakhir fase grup Liga Champions baru saja selesai. Sebanyak 15 klub memastikan diri melaju ke babak penyisihan pada awal tahun depan. Ada pula 7 klub yang memastikan diri ke 32 besar Liga Europa. 

Sebagai catatan, satu klub lainnya masih menunggul hasil pertandingan. Villareal melawan Atalanta harus ditunda akibat cuaca buruk menjelang pertandingan. Terlepas dari hal tersebut, terdapat beberapa catatan menarik tentang pekan terakhir Liga Champions 2021/2022 yang wajib kamu tahu.

1. Tiga dari empat top skor sementara masih akan bersaing pada babak 16 besar Liga Champions

5 Catatan Menarik Pekan Terakhir Liga Champions 2021/2022Robert Lewandowski bersama Bayern Munich. (skysports.com)

Hingga fase grup berakhir, terdapat empat nama yang berstatus top skor sementara. Keempat nama tersebut ialah Sebastien Haller (10 gol), Robert Lewandowski (9 gol), Mohamed Salah (7 gol), dan Christopher Nkunku (7 gol).

Menariknya, hanya ada satu nama yang gagal melaju ke babak 16 besar, yaitu Nkunku yang membela RB Leipzig. Namun, RB Leipzig dipastikan melaju ke babak 32 besar Liga Europa setelah gagal bersaing dengan Manchester City dan Paris Saint-Germain.

Di sisi lain, persaingan antara ketiga top skor lainnya masih berlanjut. Ketiga pemain tersebut dipastikan tak akan bertemu pada babak 16 besar karena klubnya sama-sama berstatus juara grup.

2. Red Bull Salzburg menjadi klub Austria pertama yang melaju ke babak 16 besar Liga Champions

5 Catatan Menarik Pekan Terakhir Liga Champions 2021/2022RB Salzburg melawan Sevilla di Liga Champions 2021/2022. (twitter.com/RedBullSalzburg)

Dalam sejarahnya, belum ada klub Austria yang berhasil melaju ke babak 16 besar Liga Champions. Namun, hal tersebut tak berlaku musim ini. Pasalnya, Red Bull Salzburg baru saja memastikan kelolosan tim mereka ke babak tersebut.

Red Bull Salzburg berhasil mengalahkan Sevilla dengan skor 1-0 pada pekan terakhir ini. Hal tersebut membuat klub tersebut menjadi runner-up Grup G di bawah LOSC Lille. Kelolosan Salzburg pastinya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Austria saat ini.

Baca Juga: 6 Rekor Sepanjang Fase Grup Liga Champions 2021/2022

3. Barcelona gagal menembus babak 16 besar Liga Champions untuk pertama kali pada abad 21

5 Catatan Menarik Pekan Terakhir Liga Champions 2021/2022Bayern Munich versus Barcelona di Liga Champions 2021/2022. (twitter.com/AlphonsoDavies)

Kekalahan Barcelona dari Bayern Munich dengan skor 0-3 membuat klub tersebut harus terlempar ke babak 32 besar Liga Europa. Barcelona hanya mampu menempati posisi ketiga di Grup E, di bawah Bayern Munich dan Benfica. Pasalnya, Benfica berhasil meraih kemenangan atas Dynamo Kyiv.

Absennya Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions merupakan yang pertama kalinya pada abad 21. Pastinya hal ini merupakan pembelajaran berharga bagi skuad Barcelona musim depan.

4. Club Brugge mencatatkan rekor buruk pada pekan terakhir Liga Champions

5 Catatan Menarik Pekan Terakhir Liga Champions 2021/2022unggahan Club Brugge usai kalah dari PSG (twitter.com/ClubBrugge)

Club Brugge mencatatkan rekor buruk setelah laga melawan PSG. Club Brugge menjadi satu-satunya klub yang kebobolan 4 gol pada 4 laga beruntun fase grup Liga Champions.

Club Brugge sudah kebobolan setidaknya 4 gol pada 2 laga melawan Manchester City. Club Brugge juga kebobolan empat gol pada laga tandang melawan RB Leipzig dan PSG.

5. Deretan klub yang lolos ke babak 16 besar

5 Catatan Menarik Pekan Terakhir Liga Champions 2021/2022Lionel Messi pada laga melawan Club Brugge. (twitter.com/PSG_English)

Dengan berakhirnya pekan terakhir fase grup Liga Champions, terdapat daftar nama yang resmi melaju ke babak 16 besar. Berikut daftar klub-klub yang lolos ke babak tersebut:

  1. Ajax
  2. Atlético Madrid
  3. Bayern Munich
  4. Benfica
  5. Chelsea
  6. Inter Milan
  7. Juventus
  8. LOSC Lille
  9. Liverpool
  10. Manchester City
  11. Manchesrer United
  12. Paris Saint-Germain
  13. Real Madrid
  14. RB Salzburg
  15. Sporting CP

Satu tim lagi masih menunggu hasil pertandingan. Villareal akan melawan Atalanta pada Jumat (10/12/2021) pukul 01.00 WIB. Laga tersebut diselenggarakan di Bergamo, Italia.

Baca Juga: Kesempurnaan Ajax dan Liverpool di Fase Grup Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya