Comscore Tracker

5 Manajer Klub yang Ternyata Mantan Pelatih Timnas Inggris

Ada siapa saja ya kira-kira?

Dapat melatih sebuah kesebelasan sepak bola suatu negara pastinya merupakan sebuah kebanggaan bagi para pelatih sepak bola. Apalagi, kesebelasan negara yang dia latih merupakan tanah kelahirannya. Inggris dikenal sebagai negara yang mempunyai kompetisi paling seru dan kompetitif, yaitu Premier League.

Tak heran jika sebagian penggemar bola menyoroti performa Timnas Inggris karena negaranya mempunyai kompetisi sepak bola yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Pastinya para manajer dan bekas manajer juga tak lepas dari berbagai sorotan publik. Saat ini, pelatih dari Timnas Inggris dipegang oleh Gareth Southgate.

Beberapa pendahulu Gareth Southgate di Timnas Inggris ternyata saat ini sedang sibuk melatih klub mereka masing-masing. Berikut 5 manajer klub yang merupakan eks pelatih Timnas Inggris.

Baca Juga: Butuh Pelatih Baru, Sam Allardyce Siap Jadi Pelatih Arsenal

1. Sam Allardyce - West Bromwich

5 Manajer Klub yang Ternyata Mantan Pelatih Timnas Inggriswsj.com

Penggemar dunia sepak bola Inggris pastinya tak asing lagi dengan sosok yang akrab dipanggil Big Sam. Dia merupakan manajer baru dari West Bromwich yang baru ditunjuk pada Desember 2020 lalu. Pada tahun 2016, ternyata dia merupakan pelatih Timnas Inggris sebelum akhirnya digantikan oleh Gareth Southgate.

Sam Allardyce keluar dari jajaran kepelatihan Timnas Inggris setelah dipermalukan Islandia dengan skor 1-2 pada ajang Piala Euro 2016. Meskipun begitu, banyak orang yang menganggap kegagalan Big Sam tak lepas dari kegagalan pelatih sebelumnya, Roy Hodgson.

2. Roy Hodgson - Crystal Palace

5 Manajer Klub yang Ternyata Mantan Pelatih Timnas Inggrisgolisports.com

Meskipun mengalami kekalahan telak 4-0 dari Manchester City pada 18 Januari 2020 lalu, manajer Crystal Palace ini memiliki catatan yang cukup baik ketika melatih Timnas Inggris. Roy Hodgson merupakan pelatih Timnas Inggris pada tahun 2012--2016.

Dia juga sempat dipindahtugaskan sementara untuk melatih Timnas Inggris U-21 pada tahun 2013 dengan tujuan mencari bibit-bibit pemain muda dari Inggris yang siap tampil di ajang Piala Dunia 2014 Brasil. Sayangnya, Inggris harus menjadi juru kunci Grup D di ajang tersebut.

3. Steve McClaren - Derby County

5 Manajer Klub yang Ternyata Mantan Pelatih Timnas Inggrisexpressandstar.com

Steve McClaren merupakan pelatih Derby County saat ini. Dia mempunyai pengalaman melatih Timnas Inggris selama 2 tahun, tepatnya pada tahun 2006--2007. Setelah meninggalkan Timnas Inggris, dia ditunjuk sebagai seorang manajer di berbagai klub, baik domestik maupun internasional.

Beberapa klub yang pernah dilatihnya ialah VfL Wolfsburg, Twente FC, Newcastle, QPR, dan beberapa klub lainnya. Posisinya di Derby County sendiri ialah direktur teknis yang kadang mempunyai peran penting untuk mempersiapkan segala hal sebelum bertanding bersama sang manajer baru, Wayne Rooney.

4. Stuart Pearce - West Ham United

5 Manajer Klub yang Ternyata Mantan Pelatih Timnas Inggriswhufc.com

Asisten manajer West Ham United, Stuart Pearce, ternyata juga pernah melatih Timnas Inggris. Dia sebenarnya merupakan pelatih sementara untuk mengisi kekosongan kursi pelatih setelah ditinggalkan Fabio Capello.

Dia hanya memainkan 1 pertandingan sebagai manajer Timnas Inggris dan itu pun kalah. Setelah keluar dari Timnas Inggris, dia ditunjuk untuk melatih Nottingham Forest. Sayangnya, dia tak mampu berbicara banyak ketika melatih klub tersebut.

Pada tahun 2017, dia mulai ditunjuk sebagai asisten manajer David Moyes di West Ham hingga tahun 2018. Pada Agustus 2020 lalu, dia kembali ditunjuk sebagai asisten manajer West Ham hingga saat ini.

5. Fabio Capello - Pensiun

5 Manajer Klub yang Ternyata Mantan Pelatih Timnas Inggristalksport.com

Fabio Capello merupakan pelatih Timnas Inggris pada tahun 2007--2012. Uniknya, setelah dia meninggalkan Inggris, dia melatih Rusia selama 3 tahun hingga 2015. Pada tahun 2017, dia ditunjuk sebagai manajer klub asal Tiongkok, JS Suning.

Fabio Capello sendiri merupakan pria asal Italia yang merupakan mantan bintang Juventus dan AC Milan. Dia resmi pensiun dari dunia sepak bola pada 2018 lalu.

 

Nah, itu dia 5 manajer klub yang ternyata merupakan mantan peatih Timnas Inggris. Memang, kelima sosok ini tidak melatih klub-klub besar. Namun, kelima pelatih ini pastinya memberikan dampak yang luar biasa terhadap klub yang mereka latih.

Baca Juga: Lakukan Diving Konyol, Leonardo Bonucci Dikecam Fabio Capello

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya