6 Bek Tengah Liga Inggris Paling Sukses, Siapa Saja?

Mulai dari John Terry hingga Vincent Kompany

Premier League dikenal sebagai kompetisi sepak bola dengan gaya permainan yang cepat serta mengandalkan serangan balik maupun penguasaan bola dengan intensitas tinggi. Hal tersebut membuat setiap klub di Premier League membutuhkan bek tengah yang tangguh. Bek tengah top dari liga lain belum tentu bersinar jika bermain di Premier League.

Sejauh ini, terdapat beberapa bek tengah yang diketahui memiliki trofi yang banyak. Dapat dikatakan mereka merupakan bek tengah Liga Inggris tersukses. Kira-kira siapa saja? Yuk, simak penjelasannya!

1. John Terry (19 trofi)

Fans Chelsea pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok John Terry. Pemain asal Inggris itu membela The Blues pada 1995—2017. Menariknya, dia memutuskan untuk pensiun ketika tidak bersama Chelsea. Dia pensiun saat dirinya berstatus free agent

John Terry merupakan salah satu bek tengah tersukses di Liga Inggris. Pasalnya, dia sudah meraih 19 trofi dari 492 laga yang dijalaninya. Setidaknya, dia sudah menyumbangkan 5 trofi Premier League, 5 trofi Piala FA, hingga 1 trofi Liga Champions.

2. Rio Ferdinand (18 trofi)

Rio Ferdinand merupakan bek tengah legendaris Manchester United. Dia bermain untuk Setan Merah pada 2002—2014. Dia juga berhasil menjadi salah satu pemain andalan di skuad Inggris dengan memberikan penampilan sebanyak 81 kali. 

Ferdinand sejauh ini sudah berhasil mengoleksi 18 trofi. Dari sekian trofi tersebut, terdapat 6 trofi Premier League, 1 trofi Liga Champions, hingga 3 trofi Piala Liga. Sayangnya, Ferdinand tak mampu meraih trofi Piala FA sepanjang kariernya.

3. Nemanja Vidic (15 trofi)

Satu lagi bek tengah Manchester United yang tak kalah sukses dari Rio Ferdinand ialah Nemanja Vidic. Ferdinand dan Vidic menjadi salah satu duo yang sangat menyusahkan para pemain depan tim lawan. Vidic sendiri sudah berbakti dalam 211 laga bersama Manchester United. 

Setidaknya, sudah ada 15 trofi yang diraihnya selama berkarier bersama Manchester United. Dari sekian trofi tersebut, terdapat 5 trofi Premier League dan 1 trofi Liga Champions. Sama seperti Ferdinand, Vidic tak pernah mengoleksi trofi Piala FA sepanjang kariernya.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

4. Gary Pallister (15 trofi)

Gary Pallister merupakan salah satu bek tengah top pada akhir abad ke-20. Dia pernah membela beberapa klub Inggris, seperti Manchester United, Middlesbrough FC, Billingham Town, dan Darlington. Walau begitu, hanya Manchester United yang bisa memberikan trofi kepadanya. 

Setidaknya, sudah ada 15 trofi yang berhasil diraihnya, mulai dari Premier League, Piala FA, Piala Liga, hingga UEFA Super Cup. Dia sendiri memutuskan pensiun pada 2001 dengan klub terakhir Middlesbrough FC.

5. Steve Bruce (12 trofi)

Fans Newcastle United pastinya sudah tak asing lagi dengan Steve Bruce. Dia merupakan pelatih Newcastle United sejak 2019. Beberapa klub yang pernah dibela olehnya ialah Manchester United, Norwich City, Birmingham City, Sheffield United,s dan Gillingham FC. 

Steve Bruce sudah mengoleksi 12 trofi, mulai dari kompetisi domestik hingga kompetisi internasional. Sayangnya, dia diacuhkan oleh Timnas Inggris karena tidak pernah dipercaya untuk memperkuat negaranya.

6. Vincent Kompany (12 trofi)

Vincent Kompany merupakan salah satu legenda yang dimiliki oleh Manchester City. Dia membela Manchester City pada 2008—2019 lalu. Selama 11 tahun membela Manchester City, sudah ada 12 trofi yang diraihnya. 

Sayangnya, Kompany tak bisa memberikan trofi Liga Champions bagi Manchester City sebelum dia pensiun tahun lalu. Dia juga dipercaya menjadi kapten Timnas Belgia yang sudah memberikan caps sebanyak 89 kali sejak 2004. 

Nah, itu dia enam bek tengah yang dapat dikatakan sukses di Inggris dan Eropa dalam sejarahnya. Memang, para bek tengah Manchester United cukup mendominasi dalam daftar ini. Terlepas dari hal tersebut, adakah bek tengah favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Liga Inggris yang Golnya Lebih Banyak dari Ronaldo

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya