Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Spanyol Bakal Kesulitan Menjuarai Piala Eropa 2020

Para pemain muda Spanyol harus lebih beradaptasi!

Siapa di sini yang menjagokan Spanyol di Piala Eropa 2020? Memang, Spanyol merupakan salah satu negara paling difavoritkan untuk menjuarai kompetisi empat tahunan ini. Sebenarnya banyak alasan mengapa La Roja patut difavoritkan di kompetisi tersebut. 

Sayangnya, skuat Spanyol sendiri sebenarnya memiliki beberapa kekurangan di ajang Piala Eropa 2020 ini yang dapat menghambat ambisi mereka untuk menjuarai kompetisi tersebut. Berikut 5 alasan mengapa Spanyol bakal kesulitan menjuarai Piala Eropa 2020. 

1. Lini belakang yang kurang memiliki berpengalaman

5 Alasan Mengapa Spanyol Bakal Kesulitan Menjuarai Piala Eropa 2020potret Aymeric Laporte berseragam Timnas Spanyol setelah pindah kewarganegaraan dari Prancis(football-espana.net)

Luis Enrique sendiri harus membawa skuad Spanyol tanpa adanya Gerard Pique dan Sergio Ramos di lini belakang. Pau Torres, Aymeric Laporte, Eric Garcia, dan Diego Llorente akan menjadi opsi untuk posisi bek tengah. Sayangnya, keempat pemain tersebut kurang memiliki jam terbang yang tinggi bersama Timnas Spanyol. 

Garcia, Torres, dan Llorente baru bermain bagi Spanyol sebanyak 8 kali. Di sisi lain, Laporte yang baru dinaturalisasi dari Prancis baru bermain sebanyak sekali. Membangun chesmistry yang kuat di lini belakang akan menjadi tantangan bagi Luis Enrique di Piala Eropa 2020. 

2. Skuat belum memiliki pengalaman yang cukup

5 Alasan Mengapa Spanyol Bakal Kesulitan Menjuarai Piala Eropa 2020potret Eric Garcia bersama Timnas Spanyol(fcbarcelonanoticias.com)

Dari 26 daftar pemain yang dibawa oleh Timnas Spanyol, hanya terdapat beberapa pemain yang pernah mengikuti Piala Eropa atau Piala Dunia. Beberapa nama tersebut ada David De Gea, Sergio Busquest, Thiago, Jordi Alba, Cesar Azpilicueta, dan Alvaro Morata. Padahal, pengalaman bertanding merupakan kunci untuk membangun mentalitas yang kuat di lapangan.

Memang, terdapat cukup banyak nama baru di skuat Spanyol pada Piala Eropa 2020. Aymeric Laporte sendiri merupakan pemain yang baru dinaturalisasi dari Prancis yang dipercaya Luis Enrique untuk menggantikan peran Pique dan Ramos.

3. Beberapa pemain terkonfirmasi positif COVID-19

5 Alasan Mengapa Spanyol Bakal Kesulitan Menjuarai Piala Eropa 2020potret Sergio Busquets bersama Timnas Spanyol(cultofcalcio.com)

Baru-baru ini, Sergio Busquets dan Diego Llorente terkonfirmasi COVID-19. Hal itu membuat kedua pemain tersebut harus absen di ajang Piala Eropa 2020 nanti. Per 9 Juni 2021, belum ada informasi mengenai kasus positif tambahan di skuad Spanyol.

Busquets dan Llorente sendiri dikabarkan memiliki kontak erat dengan pemain lain sehingga Spanyol sendiri berpotensi kehilangan pemainnya lagi akibat virus COVID-19. Belum ada informasi yang jelas mengenai penyebaran COVID-19 di skuat Spanyol berasal dari mana sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain Senior yang Bisa Pensiun dari Timnas Setelah Piala Eropa 2020

4. Absennya para skuat pemimpin Spanyol di Piala Eropa

5 Alasan Mengapa Spanyol Bakal Kesulitan Menjuarai Piala Eropa 2020potret Sergio Ramos dan Gerard Pique(cricketsoccer.com)

Pada awalnya, Sergio Busquets akan menjadi kapten utama bagi Timnas Spanyol di ajang Piala Eropa 2020. Sayangnya, pemain Barcelona itu harus absen di ajang tersebut karena tertular virus COVID-19. Alhasil, Spanyol sendiri harus rela kehilangan kapten utama mereka.

Sebelumnya, Luis Enrique memutuskan untuk tidak membawa Sergio Ramos yang merupakan salah satu kapten utama di skuat tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Pensiunnya Gerard Pique dari Timnas Spanyol pada tahun 2018 lalu juga membuat La Roja harus kehilangan sosok pemimpin. 

5. Performa beberapa pemain kunci yang inkonsisten bersama klub

5 Alasan Mengapa Spanyol Bakal Kesulitan Menjuarai Piala Eropa 2020potret Thiago bersama Timnas Spanyol(teamtalk.com)

Memang, Timnas Spanyol memiliki banyak pemain top di sku mereka. Sayangnya, beberapa pemain top mereka ternyata tampil inkonsisten saat berada di klubnya masing-masing. Sebut saja Diego Llorente yang kehilangan tempat di lini belakang Leeds United.

Belum lagi duo Manchester City musim ini, Eric Garcia-Laporte, yang harus rela posisinya diambil oleh Ruben Dias-John Stones. Thiago juga tampil kurang memuaskan bersama Liverpool sepanjang musim ini. Ada juga David De Gea yang kerap dikritik penampilannya akibat penampilan inkonsistennya bersama Manchester United.

Nah, itu dia 5 alasan mengapa Spanyol bakal kesulitan menjuarai Piala Eropa 2020. Memang, Timnas Spanyol harus banyak menyesuaikan dengan para pemain baru mereka. Disisi lain, pencegahan virus i COVID-19 juga harus menjadi salah satu perhatian khusus bagi Luis Enrique agar tidak kehilangan pemain kuncinya lagi. 

Baca Juga: 5 Kuda Hitam Piala Eropa 2020, Kok Ada Jerman dan Spanyol?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya