5 Bek Tengah Liga Top Eropa yang Kerap Melewati Pemain Lawan

Termasuk bek tengah Genoa, Davide Biraschi

Istilah take-ons merupakan istilah untuk mengungkap seorang pemain sepak bola yang melewati lawan saat membawa bola tanpa terkena tekel. Kemampuan melakukan take-ons biasanya dimiliki pemain tengah, penyerang sayap, hingga penyerang depan.

Meski begitu, sejak 2019/2020, Squawka merilis daftar bek tengah di liga top Eropa yang berhasil melewati pemain lawan. Beberapa dari mereka mampu melakukannya dalam jumlah banyak.

1. Jules Kounde (72 kali)

5 Bek Tengah Liga Top Eropa yang Kerap Melewati Pemain LawanJules Kounde bersama Sevilla (manunitedcore.com)

Jules Kounde merupakan bek tengah muda andalan Sevilla di berbagai kompetisi dalam beberapa musim terakhir. Bek tengah asal Prancis itu memang dikenal berani dalam membangun serangan dari belakang sambil melewati lawan terlebih dahulu.

Sejak 2019/2020, Jules Kounde berhasil melewati pemain lawan sebanyak 72 kali. Tak heran jika namanya menjadi target utama Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022. Pelatih Thomas Tuchel kebetulan masih menerapkan skema tiga bek.

2. Emre Can (68 kali)

5 Bek Tengah Liga Top Eropa yang Kerap Melewati Pemain LawanEmre Can bersama Timnas Jerman (liverpoolfc.com)

Emre Can sebenarnya mengawali kariernya sebagai pemain tengah. Sejak bergabung ke Borussia Dortmund pada 2020 lalu, dia dirotasi sebagai bek tengah. Menariknya, Can berhasil menjadi salah satu bek yang kerap melewati pemain lawan.

Setidaknya dia berhasil melewati pemain lawan sebanyak 68 kali bersama Borussia Dortmund. Bagi pemain yang lama bermain sebagai pemain tengah seperti Can, pastinya teknik untuk melewati pemain lawan merupakan suatu hal yang mudah.

Baca Juga: 6 Top Skor Pemain U-23 di Liga Top Eropa Musim 2021/2022

3. Luke Ayling (64 kali)

5 Bek Tengah Liga Top Eropa yang Kerap Melewati Pemain LawanLuke Ayling bersama Leeds United (teamtalk.com)

Luke Ayling merupakan bek tengah milik Leeds United. Walau posisi aslinya bek kanan, Ayling kerap berposisi sebagai bek tengah dalam beberapa musim terakhir. Selama menjadi bek tengah, dia dikenal kerap melewati para pemain lawan.

Setidaknya Ayling sudah berhasil melewati pemain lawan sebanyak 64 kali. Dia memang memiliki kecepatan dan umpan lambung yang bagus ketika timnya berusaha untuk membangun serangan.

4. Pau Torres (60 kali)

5 Bek Tengah Liga Top Eropa yang Kerap Melewati Pemain LawanPau Torres bersama Villarreal (fcbarcelonanoticias.com)

Pau Torres merupakan bek tengah Villarreal yang dikenal dengan kaki dominan sebelah kiri. Torres memiliki akurasi umpan yang baik sekaligus kemampuan mengecoh pemain lawan.

Sejak 2019/2020, Torres berhasil melewati pemain lawan sebanyak enam puluh kali. Tak heran jika dia saat ini menjadi rebutan beberapa klub top Eropa, seperti Manchester City dan Manchester United.

5. Davide Biraschi (58 kali)

5 Bek Tengah Liga Top Eropa yang Kerap Melewati Pemain LawanDavide Biraschi bersama Genoa (thelaziali.com)

Davide Biraschi merupakan bek tengah Genoa yang sempat dipinjamkan ke klub Turki Karagumruk selama 6 bulan pada 2021/2022. Biraschi dikenal sebagai bek tengah yang cukup berani dalam melewati pemain lawan di area pertahanannya. 

Setidaknya Biraschi sudah berhasil melewati para pemain lawan sebanyak 58 kali. Pemain berusia 27 tahun itu juga diketahui mampu dirotasi sebagai bek sayap kanan dan memainkan skema serangan balik dengan cukup baik.

Kelima bek tengah di atas merupakan pemain yang memiliki kemampuan melewati lawan dengan baik. Tak semua bek tengah mampu melakukannya dengan baik karena hal tersebut sangat berisiko bagi timnya.

Baca Juga: Para Klub Peraih Tiket Kompetisi Eropa 2022/2023 dari 5 Liga Top Eropa

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya