Comscore Tracker

5 Debutan Termuda di Kompetisi Serie A Italia Sepanjang Sejarah

Mulai dari Wisdom Amey hingga Aristide Rossi

Serie A merupakan salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia. Terdapat beberapa klub top, seperti Juventus, Inter Milan, AS Roma, dan AC Milan yang kerap mendominasi Italia, bahkan Eropa. Hal tersebut membuat Serie A menjadi salah satu kompetisi liga yang paling digemari oleh penggemar sepak bola.

Bermain di Serie A pastinya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pesepak bola muda. Dalam sejarahnya, terdapat pemain-pemain muda yang pernah melakoni debut di Serie A. Berikut 5 debutan termuda di Serie A sepanjang sejarah.

1. Wisdom Amey - Bologna (2020/2021)

5 Debutan Termuda di Kompetisi Serie A Italia Sepanjang Sejarahpotret Wisdom Amey di Bologna (italy24news.com)

Wisdom Amey merupakan bek tengah milik Bologna musim ini. Dia menjalani debutnya bersama Bologna pada saat klub tersebut mengalahkan Genoa dengan skor 2-0 pada 12 Mei 2021 lalu. Umurnya pada waktu itu baru 15 tahun dan 274 hari dilansir The Sun UK.

Wisdom Amey menjadi pemain dengan debut termuda sepanjang sejarah Serie A. Mendapatkan menit bermain di umur yang baru berusia 15 tahun bukan merupakan suatu hal yang mudah karena Serie A sendiri dikenal sebagai kompetisi dengan stok bek tangguh yang banyak.

2. Amedeo Amadei - AS Roma (1936/1937)

5 Debutan Termuda di Kompetisi Serie A Italia Sepanjang Sejarahpotret Amedeo Amadei (siamolaroma.it)

Amedeo Amadei merupakan debutan termuda sepanjang sejarah Serie A sebelum rekornya dipecahkan oleh Wisdom Amey pada 12 Mei 2021 lalu. Dia bermain di Serie A saat dirinya masih berumur 15 tahun, 9 bulan, dan 5 hari. Kala itu, dirinya membela AS Roma yang bermain di Serie A pada musim 1936/1937.

Setidaknya, pemain asal Italia itu menjadi debutan termuda selama 74 tahun. Selama karier sepak bolanya, pemain yang berposisi striker itu sudah membela Timnas Italia sebanyak 13 kali. Amedeo Amadei dikenal sebagai penyerang yang cepat dalam hal dribbling.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Menangani AS Roma Sebelum Jose Mourinho, Siapa Saja?

3. Pietro Pellegri - Genoa (2016/2017)

5 Debutan Termuda di Kompetisi Serie A Italia Sepanjang Sejarahpotret Pietro Pellegri di Genoa (acmilaninfo.com)

Pietro Pellegri dikenal sebagai striker andalan AS Monaco saat ini. Dia dibeli dari Genoa pada tahun 2018 lalu dengan harga 20,9 juta euro. Jika dirupiahkan, angka tersebut setara dengan 360 miliar rupiah. 

Pemain asal Italia itu memulai debutnya pada musim 2016/2017. Kala itu, umurnya baru berusia 15 tahun, 9 bulan, dan 5 hari. Dia menjadi striker termuda yang pernah bermain di Serie A pada abad ke-21.

4. Gianni Rivera - US Alessandria Calcio 1912 (1958/1959)

5 Debutan Termuda di Kompetisi Serie A Italia Sepanjang Sejarahpotret Gianni Rivera bersama AC Milan (sempremilan.com)

Gianni Rivera merupakan pemain termuda yang pernah dimainkan klub US Alessandria Calcio 1912. Dia dimainkan pada musim 1958/1959 saat umurnya masih berumur 15 tahun, 9 bulan, dan 15 hari. Di lapangan, dia berposisi sebagai gelandang serang.

Pemain asal Italia itu pindah ke AC Milan pada tahun 1969 dan memutuskan untuk pensiun di klub tersebut pada tahun 1979. Da juga sempat membela Timnas Italia sebanyak 60 kali dan sudah menyumbang 14 gol.

5. Aristide Rossi - Cremonese (1929/1930)

5 Debutan Termuda di Kompetisi Serie A Italia Sepanjang SejarahPoster untuk mengenang sosok Aristide Rossi yang meninggal di usia 22 tahun. (minutidirecupero.it)

Aristide Rossi merupakan pemain asal Italia yang bermain bagi Cremonese. Dia lahir di Cremona pada 8 September 1914. Dia menjalani debutnya pada musim 1929/1930 saat dirinya masih berumur 15 tahun, 9 bulan, dan 21 hari.

Saat bertanding di kota Messina, dia mendapatkan pukulan pada kepalanya yang membuat dirinya harus dilarikan di rumah sakit. Empat bulan kemudian, para dokter melihat dirinya juga mengalami cedera paru-paru yang membuatnya meninggal dunia di umur 22 tahun, dilansir laman Minuti Di Recupero Italia.

 

Nah, itu dia debutan termuda sepanjang sejarah kompetisi Serie A Italia. Mereka semua merupakan legenda bagi sepak bola Italia. Nama mereka akan selalu dikenang oleh para pencinta sepak bola Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain Serie A Berusia 35 Tahun ke Atas yang Tampil Apik Sejauh Ini

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya