Comscore Tracker

5 Pemain Serie A Berusia 35 Tahun ke Atas yang Tampil Apik Sejauh Ini

Ada yang sudah berusia 43 tahun

Bagi pesepak bola, usia 35 tahun ke atas merupakan masa-masa yang begitu krusial dalam kariernya. Bagaimana tidak, performa mereka kian menurun dan penampilan mereka pun tidak selincah dulu. Periode ini menjadi momen yang tepat untuk gantung sepatu alias pensiun.

Namun, tak semuanya memilih opsi tersebut. Di Serie A, misalnya, ada beberapa pemain yang telah berusia 35 tahun ke atas, tetapi masih tampil prima di atas lapangan. Dari semua pemain tersebut, 5 pemain ini sukses tampil impresif hingga sekarang. Penasaran siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Gianluigi Buffon

5 Pemain Serie A Berusia 35 Tahun ke Atas yang Tampil Apik Sejauh IniGianluigi Buffon (goal.com)

Musim 2020/2021 menjadi musim yang ke-19 bagi Gianluigi Buffon mengenakan jersey Juventus. Meski saat ini ia hanya berstatus pelapis dari Wojciech Szczesny, Buffon yang sudah berusia 43 tahun tetap mampu menunjukkan performa gemilang di bawah mistar gawang saat diberikan kesempatan untuk tampil.

Tercatat, Buffon sudah membuat 13 penampilan musim ini dan berhasil mengemas 6 clean sheet. Pengalaman dan kematangannya sebagai pemain paling senior di skuad Si Nyonya Tua tentu sangat dibutuhkan. Namun, kebersamaannya untuk Juventus dikabarkan akan segera berakhir pada musim ini.

2. Franck Ribery

5 Pemain Serie A Berusia 35 Tahun ke Atas yang Tampil Apik Sejauh IniFranck Ribery (goal.com)

Dengan usianya yang sudah 38 tahun, Franck Ribery mungkin tak selincah saat berseragam Bayern Munchen. Namun, bukan berarti performanya saat di Fiorentina jauh dari kata ciamik. Buktinya, pemain berpaspor Prancis tersebut tetap menjadi andalan La Viola di sektor sayap penyerangan.

Dalam beberapa kesempatan, Ribery juga rajin melakukan penetrasi dan melayani rekan-rekannya dengan sederet assist brilian. Tercatat, mantan pemain Marseille ini sudah mengemas 2 gol dan 7 assist dari 28 pertandingan musim ini. Torehan yang cukup baik bagi pemain yang akan memasuki usia kepala empat.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi LOSC Lille, Ribery hingga Eden Hazard!

3. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Serie A Berusia 35 Tahun ke Atas yang Tampil Apik Sejauh IniZlatan Ibrahimovic (90min.com)

Zlatan Ibrahimovic menjadi sosok vital di dalam skuat AC Milan musim ini. Usianya memang sudah 39 tahun, tapi performa yang ditunjukkan pria berpaspor Swedia tersebut tak mengalami penurunan sama sekali. Ibrahimovic masih dikenal sebagai salah satu penyerang haus gol di depan gawang lawan.

Musim ini, misalnya, Ibrahimovic sudah mengoleksi 17 gol dan 3 assist dari 27 pertandingan. Kehadirannya untuk Rossoneri tentu memberikan banyak dampak positif dalam berbagai hal. Ia juga mampu menjadi mentor yang tepat bagi penggawa AC Milan yang didominasi oleh para pemain muda.

4. Samir Handanovic

5 Pemain Serie A Berusia 35 Tahun ke Atas yang Tampil Apik Sejauh IniSamir Handanovic (twitter.com/SempreIntercom)

Nama Lautaro Martinez dan Romelu Lukaku mungkin banyak menghiasi tajuk berita karena berhasil mengantarkan Inter Milan meraih Scudetto musim ini. Meski begitu, ada satu pemain lain yang punya peran penting di balik keberhasilan Nerazzuri tersebut. Dia adalah sang kiper utama berusia 36 tahun, Samir Handanovic.

Ia nyaris tak tergantikan posisinya di bawah mistar gawang Inter Milan. Selain itu, Handanovic juga dikenal dengan jiwa kepemimpinannya yang turut mengantarkan kiper berpaspor Slovenia didapuk jadi kapten utama. Tercatat, Handanovic sudah membuat 45 penampilan dengan raihan 17 clean sheet.

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Serie A Berusia 35 Tahun ke Atas yang Tampil Apik Sejauh IniCristiano Ronaldo (goal.com)

Juventus menjalani periode pesakitan di musim ini. Di bawah kepelatihan pelatih anyar, Andrea Pirlo, Si Nyonya Tua malah terombang-ambing dan gagal melanjutkan hegemoninya di Serie A. Namun, keterpurukan tersebut bukan berarti semua pemain Juventus tampil buruk, salah satunya Cristiano Ronaldo.

Megabintang Portugal ini menjadi juru gedor utama klub Turin dalam menghasilkan pundi-pundi gol. Sampai saat ini, Ronaldo yang beranjak 36 tahun sudah mencetak 35 gol dan 4 assist dari 42 penampilan di semua ajang. Ia juga memimpin perburuan gelar top skor Serie A dan mengungguli beberapa pesaing lainnya.

 

Usia 35 tahun ke atas merupakan usia senja bagi pesepak bola karena performa yang kian menurun. Namun, para pemain Serie A di atas masih dapat tampil gemilang meski telah memasuki periode krusial tersebut.

Baca Juga: Kode Keras Cristiano Ronaldo Pensiun di Kampung

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya