Ulang Tahun, Begini 5 Fakta Menarik Sir Alex Ferguson

Selamat ulang tahun, Sir Alex Ferguson!

Fans Manchester United pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Sir Alex Ferguson. Bagaimana tidak, dia menangani tim Setan Merah selama 27 tahun, yaitu sejak 1986 hingga 2013. 

Pelatih asal Skotlandia itu lahir pada 31 Desember 1941 di Glasgow. Berikut lima fakta menarik dari Sir Alex Ferguson, legenda Manchester United. 

1. Sir Alex Ferguson merupakan striker tajam pada zamannya

Ulang Tahun, Begini 5 Fakta Menarik Sir Alex FergusonSir Alex Ferguson saat masih muda (instagram.com/utdways)

Tak banyak yang tahu bahwa Sir Alex Ferguson memiliki karier sepak bola gemilang selama menjadi pesepak bola. Dia memulai karier sepak bola di klub lokal Skotlandia, Queen's Park, pada 1957 hingga 1960. Dia berhasil menorehkan 15 gol dari 31 laga yang dijalaninya di klub tersebut.

Setelah itu, dia memutuskan berkelana ke beberapa klub lokal lainnya, seperti St. Johnstone, Dunfermline Athletic, Rangers, Falkirk, dan Ayr United. Selama berada di level klub, setidaknya Ferguson sudah mencetak 170 gol.

2. Ferguson mengawali karier sebagai pelatih di usia 32 tahun

Ulang Tahun, Begini 5 Fakta Menarik Sir Alex FergusonSir Alex Ferguson (instagram.com/utdways)

Ferguson mengawali karier sebagai pelatih di usia yang tergolong muda, yaitu 32 tahun. Ferguson ditunjuk sebagai pelatih paruh waktu di klub lokal Skotlandia, East Stirlingshire. Setelah kontraknya selesai, dia menerima pinangan dari klub St. Mirren dan di klub inilah namanya mulai naik daun.

Pada 1978, dia direkrut oleh klub top Aberdeen dan berhasil meraih Piala Skotlandia pada 1979/1980. Pada 1983, Ferguson berhasil membawa Aberdeen untuk menjuarai Piala Winners setelah mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-1.

Baca Juga: Deretan Pembelian Pertama Pelatih Manchester United pasca Era Ferguson

3. Ferguson juga sempat menangani Timnas Skotlandia

Ulang Tahun, Begini 5 Fakta Menarik Sir Alex Fergusonpotret Sir Alex Ferguson (twitter.com/TenHagBalI)

Nama Ferguson benar-benar tenar setelah menjuarai Piala Winners pada 1983. Pada 1985, dia ditunjuk sebagai staf dalam tim pelatih Skotlandia dalam menghadapi laga-laga di Piala Dunia 1986. 

Meninggalnya pelatih utama Jock Stein membuat Alex Ferguson ditunjuk untuk menggantikan sang mendiang. Menariknya, Ferguson kemudian menunjuk Archie Knox menjadi asisten manajer Timnas Skotlandia yang mana juga asistennya di Aberdeen.

4. Ferguson berhasil jaya di Manchester United

Pada 1986, Ferguson akhirnya menerima pinangan Manchester United untuk menjadi manajer untuk menggantikan Ron Atkinson. Beberapa musim pertama Ferguson memang tak berjalan mulus karena dirinya tak mempu menorehkan gelar.

Namun, semua berubah ketika Ferguson berhasil menjuarai Piala FA pada musim 1989/1990. Sejak itu, skuad Manchester United semakin solid dan kerap mencetak banyak pemain muda berbakat.

Setidaknya Ferguson telah menorehkan 13 trofi Premier League, 5 Piala FA, 4 Piala Liga, hingga 2 Liga Champions. Tak hanya itu, dia juga sukses membawa Manchester United meraih satu trofi Piala Dunia Antarklub.

5. Ferguson sempat memegang rekor di ajang Liga Champions

Ulang Tahun, Begini 5 Fakta Menarik Sir Alex FergusonCarlo Ancelotti pelatih Real Madrid (sempreinter.com)

Alex Ferguson sempat memegang sebuah rekor di ajang Liga Champions, yaitu pelatih dengan kemenangan terbanyak. Selama menjadi pelatih, Ferguson berhasil menorehkan 102 kemenangan.

Sayangnya, pada November 2022 lalu, rekor Ferguson dipecahkan oleh Carlo Ancelotti yang menangani Real Madrid. Walau begitu, Ferguson tetap menjadi salah satu pelatih legendaris di Liga Champions.

 

Harus diakui bahwa Alex Ferguson merupakan salah satu pelatih terbaik sepanjang sejarah. Selamat ulang tahun Sir Alex Ferguson!

Baca Juga: Ten Hag Jadi Manajer Kedua MU yang Abaikan Saran Ferguson

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya