Comscore Tracker

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik yang Bermain pada 2022/2023

Termasuk pemain Manchester City, Ilkay Guendogan

Terdapat banyak tipe pemain tengah, salah satunya gelandang box-to-box. Gelandang box-to-box disematkan kepada para pemain tengah yang memiliki kemampuan bertahan sekaligus menyerang yang sangat mumpuni. 

Mereka juga dikenal cerdas dalam mengatur ritme atau tempo permainan di lini tengah. Terdapat beberapa nama top gelandang box-to-box yang bermain pada 2022/2023 ini. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

1. Frenkie de Jong

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik yang Bermain pada 2022/2023Frenkie de Jong bermain bersama Barcelona. (twitter.com/DeJongFrenkie21)

Frenkie de Jong menjadi incaran beberapa klub ternama pada bursa transfer musim panas 2022 ini, termasuk Manchester United dan Chelsea. De Jong sendiri merupakan pemain tengah bertipe box-to-box

Dia memiliki kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya. Pemain asal Belanda itu memiliki umpan lambung yang cukup akurat sehingga sang pemain sangat membantu dalam menerapkan skema serangan balik.

2. Nicolo Barella

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik yang Bermain pada 2022/2023Nicolo Barella bermain bersama Inter Milan. (instagram.com/nicolo_barella)

Nicolo Barella dapat dikatakan sebagai salah satu gelandang box-to-box terbaik saat ini. Pemain Inter Milan itu merupakan pemain yang cepat melakukan transisi bertahan ke menyerang, begitu pula sebaliknya. 

Barella telah menyumbang 3 gol dan 13 assist di ajang Serie A 2021/2022. Sebagai seorang pemain tengah, torehan ini tergolong sangat baik bagi pemain berusia 25 tahun itu. Belum lagi perannya dalam membantu lini pertahanan yang juga cukup besar.

Baca Juga: 10 Potret Piotr Zielinski, Gelandang Box to Box Andalan Napoli

3. Paul Pogba

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik yang Bermain pada 2022/2023Paul Pogba berfoto dengan jersey Juventus. (twitter.com/paulpogba)

Walau gagal bersinar bersama Manchester United, Paul Pogba diyakini akan tampil apik bersama Juventus pada 2022/2023. Pogba dikenal sebagai gelandang yang menyukai kebebasan di lini tengah.

Pogba dapat melakukan transisi ke sayap maupun depan sesuai dengan situasi permainan. Ia juga merupakan pemain yang efektif dalam menciptakan peluang di lini depan. Selain itu, Pogba memiliki kemampuan yang baik dalam membaca pola permainan lawan saat menyerang.

4. Ilkay Guendogan

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik yang Bermain pada 2022/2023Ilkay Guendogan bermain bersama Manchester City. (twitter.com/IlkayGuendogan)

Ilkay Guendogan merupakan salah satu gelandang box-to-box yang bersinar dalam beberapa musim terakhir. Perannya dalam menciptakan peluang tak usah diragukan lagi. Guendogan sangat cerdik dalam memainkan permainan tiki taka ala Pep Guardiola.

Guendogan juga disiplin dalam membantu timnya bertahan dan cermat dalam membaca pola serangan lawan. Seperti Pogba, jika diperlukan, Guendogan bermain di area sayap untuk membantu tim dalam membangun serangan.

5. Leon Goretzka

5 Gelandang Box-to-Box Terbaik yang Bermain pada 2022/2023Leon Goretzka bermain bersama Bayern Munich. (twitter.com/leongoretzka_)

Ada juga Leon Goretzka yang merupakan gelandang box-to-box Bayern Munich. Pemain berusia 27 tahun itu didatangkan dari FC Schalke 04 pada 2018 lalu secara gratis alias bebas transfer. 

Sempat kesulitan untuk menyesuaikan pada musim pertamanya, Leon Goretzka berhasil menjadi pemain tengah yang efisien dalam memainkan tempo permainan. Tak heran jika dirinya kerap menjadi langganan di lini tengah Timnas Jerman saat ini.

Menjadi gelandang box-to-box memang tak mudah. Selain harus memiliki kemampuan bertahan yang baik, mereka juga dituntut bisa membangun serangan secara efisien.

Baca Juga: 5 Bek Tengah U-23 Terbaik di Premier League 2022/2023

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya