Comscore Tracker

Pernah Nobatkan Juara Bersama, Ini 5 Fakta Sejarah FA Community Shield

Dulu masih gak kenal konsep adu penalti #IDNTimesSport

Baru-baru ini, Leicester City berhasil menjuarai ajang FA Community Shield setelah mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0. Gol semata wayang Iheanacho cukup mengunci gelar juara Community Shield bagi Leicester City. FA Community Shield sendiri merupakan ajang bertemuanya juara Piala FA dan juara Liga Inggris. 

Sebagai ajang bergengsi yang sudah digelar sejak bertahun-tahun silam, FA Community Shield tentu memiliki beberapa fakta menarik yang berkaitan dengan sejarah ajang tersebut. Ajang yang dimulai lebih dari seratus tahun lalu tersebut telah menghadirkan juara dari berbagai klub sepak bola di Inggris.

Berikut 5 fakta sejarah FA Community Shield yang wajib kamu tahu. 

1. Pernah ada peraturan jika hasil laga berakhir imbang, maka akan ada laga ulang

Pernah Nobatkan Juara Bersama, Ini 5 Fakta Sejarah FA Community Shieldpotret koran yang melaporkan laga ulang antara Manchester United dan Queens Park Rangers (blog.britishnewspaperarch_ive.co.uk)

Dilansir The Bristish Newspaper Archive, FA Community Shield dimulai pada tahun 1908 dengan mempertemukan Manchester United dan Queens Park Rangers.Laga ini berakhir dengan skor 1-1. Pada zaman dahulu, belum ada istilah adu penalti layaknya saat ini. 

Alhasil, laga diulang pada beberapa hari setelah pertandingan pertama digelar. Manchester United sukses memenangkan laga ulangan tersebut dengan sksor 4-0 sekaligus menasbihkan diri sebagai juara pertama FA Community Shield. 

2. Sempat ada peraturan juara bersama jika hasil pertandingan berakhir imbang

Pernah Nobatkan Juara Bersama, Ini 5 Fakta Sejarah FA Community Shieldpotret Tottenham Hotspur dan Arsenal saat menjuarai bersama Community Shield pada tahun 1991 (talksport.com)

Ada juga fakta menarik lain tentang peraturan Community Shield dahulu, yaitu istilah juara bersama. Juara bersama akan diberlakukan jika hasil pertandingan berakhir imbang. Juara bersama pertama diberikan kepada Portsmouth dan Wolverhampton Wanderers di tahun 1949. 

Tak hanya sekali, juara bersama ini dinobatkan kepada dua klub di banyak perhelatan. Daftar peraih juara bersama FA Community Shield antara lain West Bromwich Albion dan Wolverhampton Wanderers (1954), Burnley dan Wolverhampton Wanderers (1960), Liverpool dan West Ham United (1964), Liverpool dan Manchester United (1965), Manchester United dan Tottenham Hotspur (1967), Liverpool dan Manchester United (1977), Aston Villa dan Tottenham Hotspur (1981), Liverpool dan Everton (1986), Liverpool dan Manchester United (1990), dan Arsenal dan Tottenham (1991).

Baca Juga: 6 Klub dengan Trofi Community Shield Terbanyak, Klub Mana Saja?

3. Pertandingan Community Shield tak hanya digelar di Wembley Stadium dalam sejarahnya

Pernah Nobatkan Juara Bersama, Ini 5 Fakta Sejarah FA Community Shieldpotret Wembley Stadium (sportslumo.com)

Saat ini, memang pertandingan FA Community Shield hanya digelar di stadion milik Pemerintah Inggris, Wembley Stadium. Dalam sejarahnya, sebelum konsisten menggunakan Wembley, ajang ini ternyata juga digelar di Stamford Bridge pada tahun 1908 hingga 1911. Setelah itu, pertandingan digelar di berbagai stadion, mulai dari Old Trafford hingga Villa Park. 

Pada tahun 1974, untuk pertama kalinya pertandingan FA Community Shield digelar di Wembeley Stadium. Kala itu, pertandingan menyuguguhkan Liverpool kontra Leeds United. Liverpool dinobatkan sebagai jawara setelah menang atas Leeds United melalui drama adu penalti dengan skor 6-5. 

4. Manchester United sebagai juara Community Shield pertama dan terbanyak

Pernah Nobatkan Juara Bersama, Ini 5 Fakta Sejarah FA Community Shieldpotret Manchester United saat menjuarai Community Shield (skysports.com)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Manchester United merupakan jawara FA Community Shield pertama kali setelah mengalahkan Queens Park Rangers. Tak hanya itu, Manchester United juga tercatat sebagai klub dengan raihan trofi FA Community Shield terbanyak. Sejauh ini, The Red Devils sudah mengoleksi 21 trofi FA Community Shield. 

Meskipun begitu, Manchester United juga merupakan klub yang paling sering kalah di FA Community Shield selain Chelsea. Setidaknya Manchester United dan Chelsea sudah sama-sama kalah di ajang tersebut sebanyak 9 kali sejauh ini. 

5. FA Community Shield pernah tampilkan laga antara Skuad Inggris Terbaik XI versus Skuad Inggris Amatir XI

Pernah Nobatkan Juara Bersama, Ini 5 Fakta Sejarah FA Community Shieldpotret trofi Community Shield (thefa.com)

Dalam sejarahnya, FA Community Shield tak hanya diperebutkan oleh jawara Piala FA dan jawara Liga Inggris saja. Ajang ini ternyata pernah menampilkan pertandingan antara Skuad Inggris Terbaik XI melawan Skuad Inggris Amatir XI. Laga tersebut diadakan pada beberapa tahun yang berbeda, yaitu 1913, 1923, 1924, 1925, 1926, dan 1929. 

Skuad yang bermain pada laga tersebut hanya dibentuk pada pertandingan itu saja. Setelah laga selesai, pemain tersebut akan bermain di klub mereka masing-masing. Sejak tahun 1929, format pertandingan yang cenderung seperti konsep laga persahabatan ini sudah tidak pernah digunakan lagi.

Nah, itu dia 5 fakta menarik tentang sejarah FA Community Shield yang menarik untuk diketahui. Memang, dalam sejarahnya, ajang ini memiliki format yang acap kali berubah. Terhitung sejak tahun 2007, tempat dan format peraturan FA Community Shield diketahui sudah tidak pernah berubah. 

Baca Juga: Memorable! 5 Pertandingan Community Shield Terbaik Sepanjang Sejarah

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya