5 Inverted Fullback Terbaik pada Era Sepak Bola Modern

Didominasi pemain Manchester City dan Liverpool

Bek sayap dahulu hanya berfungsi sebagai pengadang para penyerang sayap lawan. Namun, pada era sepak bola modern, bek sayap juga memiliki peran penting dalam membangun serangan.

Belakangan bahkan muncul istilah inverted fullback. Mereka merupakan bek sayap yang tidak pasif menunggu lawan melakukan serangan.

Bek sayap dengan istilah ini bisa berlari ke tengah untuk mendorong garis pertahanan ke depan. Sejauh ini, terdapat beberapa bek sayap yang dapat menjalankan peran inverted fullback dengan baik.

1. Trent Alexander-Arnold (Liverpool)

5 Inverted Fullback Terbaik pada Era Sepak Bola ModernTrent Alexander-Arnold bersama Liverpool (thisisanfield.com)

Trent Alexander-Arnold salah satu bek sayap paling berbahaya saat ini. Tak hanya berbahaya bagi para pemain depan, melainkan juga para pemain belakang tim lawan. Pasalnya, dia mampu menjadi pencetak assist terbanyak kedua di Premier League 2021/2022 sejauh ini. 

Hal tersebut tak lepas dari peran inverted fullback yang berhasil diperankannya dengan baik. Alexander-Arnold kerap membantu Liverpool menyerang dari sisi sayap agar Sadio Mane atau Mohamed Salah dapat masuk ke kotak penalti lawan.

2. Andrew Robertson (Liverpool)

5 Inverted Fullback Terbaik pada Era Sepak Bola ModernAndrew Robertson bersama Liverpool (thisisanfield.com)

Jurgen Klopp berhasil memanfaatkan dua bek sayapnya dengan sangat baik. Selain Alexander-Arnold, sang pelatih juga membuat Andrew Robertson menjadi salah satu contoh inverted fullback yang baik. 

Robertson menjadi pencetak assist terbanyak ketiga setelah Mohamed Salah dan Alexander-Arnold. Dia telah mengoleksi sepuluh assist pada 2021/2022 ini. Pemain asal Skotlandia itu bisa bermain di sisi sayap saat membangun serangan.

Baca Juga: 5 Deep Lying Playmaker Terbaik di Era Sepak Bola Modern Saat Ini

3. Oleksandr Zinchenko (Manchester City)

5 Inverted Fullback Terbaik pada Era Sepak Bola ModernOleksandr Zinchenko bersama Manchester City (livescore.com)

Walau memiliki jatah bermain yang tak banyak, Oleksandr Zinchenko merupakan salah satu inverted fullback yang dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berbeda dengan taktik Jurgen Klopp, di bawah Pep Guardiola di Manchester City, Zinchenko dapat memainkan peran di lini tengah maupun sayap saat menyerang. 

Hal tersebut tak lepas dari kemampuan Zinchenko yang memiliki tendangan yang keras dan akurat. Di timnas Ukraina sendiri, sang pemain ditugaskan untuk mengisi posisi pemain tengah. Tak heran jika dirinya mampu menerapkan inverted fullback dengan fasih.

4. Joao Cancelo (Manchester City)

5 Inverted Fullback Terbaik pada Era Sepak Bola ModernJoao Cancelo bersama Manchester City (twitter.com/City_Chief)

Joao Cancelo merupakan salah satu pemain terbaik yang berhasil menerapkan inverted fullback pada era sepak bola modern. Memiliki posisi awal sebagai bek sayap kanan, pada 2021/2022, dia lebih serang ditugaskan mengisi posisi bek sayap kiri. 

Tak seperti Zinchenko yang unggul dalam tendangan jarak jauh, Cancelo lebih unggul dalam melakukan tendangan melengkung yang kerap berbuah assist. Pemain Portugal itu juga cepat dalam membangun serangan balik yang membuat dirinya diandalkan Pep Guardiola pada 2021/2022 ini.

5. Theo Hernandez (AC Milan)

5 Inverted Fullback Terbaik pada Era Sepak Bola ModernTheo Hernandez bersama AC Milan (sempremilan.com)

Theo Hernandez salah satu bek sayap yang memainkan peran inverted fullback dengan baik di Serie A. Pemain AC Milan itu dikenal memiliki umpan silang yang berbahaya. Dia juga mampu melakukan akselerasi dengan baik. 

Pemain asal Prancis itu lebih sering membantu timnya menyerang dari sisi sayap. Di Serie A 2021/2022, dia sudah menyumbang 4 gol dan 6 assist. Catatan itu membuat dirinya menjadi bek sayap dengan keterlibatan gol terbanyak di Liga Italia. 

Kelima bek sayap di atas merupakan contoh inverted fullback pada era sepak bola modern. Apakah ada pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Era Modern dengan Ciri Khas Kaus Kaki Pendek

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya