5 Klub Kandidat Juara UEFA Conference League 2021/2022

Klub mana yang akan mencetak sejarah di kompetisi baru ini?

Ada yang berbeda dari musim ini terkait ajang sepak bola Eropa. Biasanya, hanya ada Liga Champions dan Liga Europa yang menemani para penggemar sepak bola pada pertengahan pekan. Pada musim ini, terdapat kompetisi baru di tingkat Eropa yang bernama UEFA Conference League. 

Walaupun kompetisi ini masih baru, banyak fans yang tak kalah antusias untuk menonton kompetisi ini, terutama bagi fans klub yang bermain di ajang ini. Terdapat beberapa klub yang dipercaya dapat menjadi kandidat terkuat dalam meraih trofi UEFA Conference untuk pertama kalinya. Klub mana saja kira-kira ya? Yuk simak penjelasannya. 

1. AS Roma

5 Klub Kandidat Juara UEFA Conference League 2021/2022potret Tammy Abraham berseragam AS Roma (romapress.net)

AS Roma berhasil memimpin klasemen Serie A hingga pekan ketiga kompetisi berjalan. Di bawah kepelatihan Jose Mourinho, AS Roma akan menjadi klub yang paling ditakuti oleh klub-klub di UEFA Conference League. Belum lagi klub tersebut diperkuat oleh beberapa nama top, seperti Tammy Abraham, Rui Patricio, hingga Lorenzo Pellegrini. 

Di UEFA Conference League, AS Roma berada di Grup C bersama Zorya Luhansk, CSKA-Sofia, dan FK Bodø/Glimt. Tampaknya AS Roma akan menjalani fase grup dengan cukup mudah di kompetisi ini. Dengan materi pemain yang matang, AS Roma dipercaya akan menjadi kandidat terkuat yang menjuarai kompetisi ini untuk pertama kalinya.

2. SK Slavia Prague

5 Klub Kandidat Juara UEFA Conference League 2021/2022potret para pemain Slavia Prague (sempreinter.com)

SK Slavia Prague merupakan klub asal Republik Ceko yang paling berpengalaman di kompetisi Eropa, baik Liga Champions maupun Liga Europa. Juara Fortuna Liga (liga Republik Ceko kasta tertinggi) musim lalu itu akan menjadi ancaman tersendiri bagi klub-klub yang berambisi untuk menjuarai kompetisi UEFA Conference League. Dalam beberapa tahun terakhir, klub ini menjelma klub raksasa di Republik Ceko dan mengorbitkan beberapa nama potensial, seperti Jan Kuchta dan Tomas Holes. 

Di UEFA Conference League, SK Slavia Prague berada di Grup E bersama Feyenoord, Union Berlin, dan Haifa. Klub yang juga bisa disebut Slavia Praha itu merupakan klub yang paling berpengalaman di kompetisi Eropa bersama Feyenoord sehingga banyak yang percaya klub tersebut akan dengan mudah lolos di fase grup.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Tottenham Hotspur yang Masih Main di Premier League

3. Tottenham Hotspur

5 Klub Kandidat Juara UEFA Conference League 2021/2022potret Harry Kane bersama Tottenham Hotspur (90min.com)

Tak boleh diragukan lagi kedalaman skuad yang dimiliki oleh Tottenham Hotspur musim ini. Klub asal London itu baru saja mendatangkan 3 pemain top, seperti Bryan Gil, Cristian Romero, hingga Emerson Royal. Belum lagi bertahannya Harry Kane akan menjadi ancaman nyata bagi setiap klub yang ada di UEFA Conference League. 

Tottenham berada di Grup G bersama Stade Rennes, Vitesse, dan Mura. Dengan materi pemain yang bagus serta kecerdikan Nuno Espirito Santo, bukan tak mungkin klub ini akan menjuarai UEFA Conference League untuk pertama kalinya.

4. Stade Rennais

5 Klub Kandidat Juara UEFA Conference League 2021/2022potret Jeremy Doku bersama Stade Rennais (ligue1.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, Stade Rennais FC berhasil unjuk gigi di kompetisi Eropa, baik Liga Europa maupun Liga Champions. Klub asal Prancis itu memang merupakan debutan pada liga Champions musim lalu. Walau tak mampu lolos ke babak 16 besar, klub ini pernah mengalahkan Arsenal dengan skor 3-0 di Liga Europa 2018/2019. 

Hal tersebut membuktikan bahwa Stade Rennais FC tak boleh dianggap remeh oleh klub-klub yang ada UEFA Conference League. Walau baru saja ditinggal Eduardo Camavinga ke Real Madrid, terdapat beberapa pemain kunci yang akan membantu klub ini sukses di ajang ini seperti Hamari Traore, Jeremy Doku, Serhou Guirassy, hingga Gaëtan Laborde.

5. FC Copenhagen

5 Klub Kandidat Juara UEFA Conference League 2021/2022potret pemain FC Copenhagen (heraldscotland.com)

FC Copenhagen merupakan salah satu klub sepak bola terkuat di Denmark. Dalam 2 dekade terakhir, klub ini hampir tak pernah absen di kompetisi Eropa, seperti Liga Champions atau Liga Europa. Dapat dikatakan FC Copenhagen merupakan salah satu klub yang paling berpengalaman di ajang UEFA Conference League.

Klub ini berada di Grup F bersama PAOK, Slovan Bratislava, dan Lincoln Red Imps. Pastinya bukan merupakan suatu hal yang sulit bagi FC Copenhagen untuk lolos di fase grup. Dengan pengalamannya yang banyak di kancah Eropa, Copenhagen akan menjadi penantang serius bagi AS Roma dan Tottenham dalam meraih trofi ini.

 

Itu dia 5 kandidat terkuat jawara UEFA Conference League. Kompetisi ini tak hanya tentang AS Roma dan Tottenham Hotspur saja. FC Copenhagen, Stade Rennais, dan SK Slavia Prague dapat menjadi ancaman serius bagi klub-klub yang berambisi meraih trofi UEFA Conference League yang pertama kalinya.

Baca Juga: Mengenal UEFA Conference League, Kompetisi Kasta 3 Eropa

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya