5 Kiper Aktif dengan Clean Sheets Terbanyak sejak Tahun 2000

Gianluigi Buffon masih teratas!

Di dalam dunia sepak bola, kiper merupakan salah satu posisi yang sangat penting. Kiper merupakan orang terakhir yang bertugas untuk menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Salah satu tolak ukur keberhasilan seorang kiper ialah seberapa banyak clean sheets yang dia peroleh. 

Menariknya, terdapat beberapa kiper aktif yang diketahui memiliki clean sheets terbanyak sejak awal tahun 2000 lalu. Kebanyakan dari mereka memang sudah memasuki tahap akhir kariernya. Berikut 5 kiper aktif dengan clean sheets terbanyak sejak tahun 2000 lalu. 

1. Gianluigi Buffon - 409 clean sheets

5 Kiper Aktif dengan Clean Sheets Terbanyak sejak Tahun 2000potret Gianluigi Buffon (lastwordonsports.com)

Harus diakui bahwa Gianluigi Buffon merupakan salah satu kiper aktif terbaik saat ini. Pada musim ini, dia kembali ke klub masa kecilnya yang bermain di Serie B Italia, Parma. Musim ini kemungkinan besar akan menjadi musim terakhirnya sebagai pesepak bola aktif.

Buffon merupakan kiper dengan clean sheets terbanyak di era 2000-an. Sudah ada 409 clean sheets yang ditorehkannya dari 900 laga yang dijalaninya. Buffon merupakan satu-satunya kiper yang mampu meraih clean sheets sebanyak 400 kali atau lebih pada abad ke-21. 

2. Pepe Reina - 355 clean sheets

5 Kiper Aktif dengan Clean Sheets Terbanyak sejak Tahun 2000potret Pepe Reina bersama Lazio (thelaziali.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Pepe Reina masih aktif bermain hingga saat ini. Mantan kiper internasional Spanyol itu saat ini membela Lazio sejak musim lalu. Dalam sejarahnya, Reina pernah membela cukup banyak klub besar seperti AC Milan, Barcelona, Liverpool, Bayern Munchen, hingga Napoli. 

Selama berkarier di dunia sepak bola pada tahun 2000, dia sudah menorehkan 355 clean sheets dari 883 laga yang dijalaninya. Sayangnya, Reina baru memperoleh 38 caps untuk Spanyol mengingat dia harus bersaing dengan 2 kiper top lainnya, Iker Casillas dan Victor Valdes. 

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier League

3. Manuel Neuer - 344 clean sheets

5 Kiper Aktif dengan Clean Sheets Terbanyak sejak Tahun 2000potret Manuel Neuer bersama Bayern Munich (en.as.com)

Manuel Neuer merupakan satu-satunya kiper dalam daftar ini yang bermain di Liga Champions musim ini. Kiper asal Jerman itu sudah mencetak 344 clean sheets dari 757 laga yang dijalaninya. Neuer sendiri dikenal sebagai kiper yang memiliki kemampuan passing yang sangat akurat. 

Dia juga memiliki respon yang cekatan untuk menangkap bola. Tak heran, jika sudah banyak sekali clean sheets yang berhasil dia dapatkan, baik bersama Bayern Munich maupun FC Schalke 04.

4. Hugo Lloris - 285 clean sheets

5 Kiper Aktif dengan Clean Sheets Terbanyak sejak Tahun 2000potret Hugo Lloris bersama Tottenham (skysports.com)

Hugo Lloris merupakan kiper legendaris milik Tottenham Hotspur. Hampir sedekade dia membela Tottenham Hotspur, meski belum ada trofi yang disumbangkannya bagi klub tersebut. Walau begitu, dia merupakan pemain kunci atas keberhasilan Prancis dalam meraih trofi Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League 2020/2021. 

Dari 795 laga yang dijalaninya, Lloris sudah meraih 285 clean sheets, baik untuk klub maupun negaranya sejak tahun 2000. Dia merupakan kiper aktif keempat dengan clean sheets terbanyak sejauh ini. 

5. Samir Handanovic - 244 clean sheets

5 Kiper Aktif dengan Clean Sheets Terbanyak sejak Tahun 2000potret Samir Handanovic bersama Inter Milan (sempreinter.com)

Samir Handanovic merupakan kiper Inter Milan yang sudah membela selama 9 tahun. Kiper asal Slovenia itu merupakan peraih Golden Gloves Serie A pada musim lalu. Tak hanya itu, dia juga berperan penting dalam membawa Inter Milan menjuarai Serie A musim lalu.

Sejak 2000, dia sudah meraih 244 clean sheets dari 698 laga yang dijalaninya. Sayangnya, dia sendiri sudah pensiun dari timnas Slovenia sejak 2015 lalu dan posisinya digantikan oleh Jan Oblak. 

 

Nah, itu dia 5 kiper aktif dengan clean sheets terbanyak sejak tahun 2000 lalu. Kelima kiper di atas memang dikenal sebagai kiper yang sangat cekatan dan memiliki kemampuan menepis yang baik. Adakah kiper favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Kiper dengan Torehan Clean Sheet Terbanyak di Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya