Comscore Tracker

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier League

Ada 2 kiper Manchester United!

Kiper merupakan aset paling penting yang dimiliki oleh setiap klub. Meskipun demikian, para kiper nyatanya tidak terlalu mendapat banyak sorotan seperti seorang penyerang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, peran kiper di Premier League tidak lagi dipandang sebelah mata.

Para penjaga gawang mampu membuktikan kualitasnya dan menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan tim. Dalam sejarah Premier League terdapat sejumlah kiper yang mampu mencatatkan clean sheet terbanyak dalam 1 musim. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 9 Kiper Termahal Liga Champions 2020/2021

5. Pepe Reina, 20 Clean Sheet Musim 2005/2006

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier Leagueinstagram.com/avfcofficial

Mantan pemain Liverpool, Pepe Reina pernah bermain spektakuler di Premier League. Pada musim 2005/06, ia mampu tampil brilian di bawah mistar gawang The Reds dengan mencatatkan 20 clean sheet. Karena capaiannya itu, ia meraih penghargaan Golden Glove untuk pertama kalinya.

Kiper asal Spanyol itu kemudian mendapatkan penghargaan serupa dalam dua musim berikutnya. Secara total, ia mampu meraihnya sebanyak 3 kali berturut-turut. Sayangnya, Liverpool pada musim 2005/2006 hanya mampu finis di posisi ketiga Premier League. Hingga saat ini belum ada lagi kiper Liverpool yang bisa menyamai rekor Reina.

4. David Seaman, 20 Clean Sheet Musim 1993/1994

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier League90min.com

David Seaman menjadi salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh Arsenal. Kiper asal Inggris itu dikenal karena melakukan banyak penyelamatan untuk Arsenal. Yang paling spektakuler adalah saat ia mencatatkan 20 clean sheet dalam 39 penampilan untuk The Gunners pada Premier League musim 1993/1994.

Selama 13 tahun berkarier di London, Seaman mampu mendapat 12 trofi, termasuk 2 trofi Premier League. Ia terpaksa pensiun dari sepakbola pada tahun 2004 karena cedera bahu yang berulang-ulang.

3. Edwin van der Sar, 21 Clean Sheet Musim 2008/2009

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier Leaguegoal.com

Edwin van der Sar adalah salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Selama 6 musim berseragam Setan Merah, ia telah meraih 12 trofi, termasuk 4 gelar Premier League. Pada musim 2008/09, kiper asal Belanda itu mampu mencatatkan 21 laga tanpa kebobolan dari 33 pertandingan di Premier League.

Ia juga mencatatkan rekor clean sheet terlama di dunia dengan tidak kebobolan 1 gol pun dalam 1.311 menit di musim itu. Manchester United menjadi klub terakhir yang dibela dalam karier profesionalnya. Ia memutuskan gantung sarung tangan pada 2011.

2. Peter Schmeichel, 21 Clean Sheet Musim 1994/1995

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier Leaguegoal.com

Ketika membahas tentang kiper terbaik yang menghiasi Premier League, kita tidak dapat mengabaikan sosok Peter Schmeichel. Kiper legendaris asal Denmark itu menjadi satu-satunya penjaga gawang dalam sejarah Premier League yang memenangi tiga gelar. Ia juga memenangi Euro 1992 bersama tim nasional Denmark.

Di musim 1994/1995, Schmeichel yang memainkan 32 pertandingan di Premier League mampu menciptakan 21 clean sheet. Sayangnya, Manchester United di musim itu hanya mampu finis di posisi kedua setelah tertinggal 1 poin dari Blackburn Rovers. Meskipun demikian, ia akan selalu dikenang sebagai salah satu kiper terhebat sepanjang masa Premier League.

1. Petr Cech, 24 Clean Sheet Musim 2004/2005

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier Leagueskysports.com

Petr Cech bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2004 setelah diboyong dari Stade Rennais. Kiper asal Ceko itu tampil menjanjikan di musim debutnya bersama The Blues. Menyusul cederanya Carlo Cudicini, Jose Mourinho mempromosikan Cech ke tim utama.

Penjaga gawang yang memiliki tinggi 1,96 meter ini mampu memanfaatkan peluang yang diberikan kepadanya. Cech berhasil memecahkan rekor pada musim 2004/2005. Saat itu ia mencatatkan 24 pertandingan tanpa kebobolan dan hanya kemasukan 15 gol sepanjang musim itu di Premier League.

Ia telah memenangi penghargaan Golden Glove sebanyak empat kali, terbanyak dari kiper mana pun di Premier League. Cech juga menjadi satu-satunya kiper di Premier League yang memenangi penghargaan tersebut dengan dua klub yang berbeda yakni Chelsea dan Arsenal.

Dari kelima kiper itu, kini hanya menyisakan Pepe Reina yang masih aktif sebagai pesepak bola. Namun, saat ini ia tak lagi bermain di Premier League, melainkan untuk klub Serie A, Lazio. Siapakah penjaga gawang favoritmu?

Baca Juga: Melepas Petr Cech, Salah Satu Kiper Terbaik Dunia dan Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya