5 Klub dengan Keuntungan Transfer Terbesar pada Bursa Transfer 21/22

Kelima klub ini untung banyak pada bursa transfer 2021/2022!

Bursa transfer musim panas 2021/2022 memang sudah berakhir beberapa waktu lalu. Berbagai kejutan terjadi pada bursa transfer musim panas ini dengan banyaknya pemain bintang yang pindah klub, seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, hingga Jack Grealish. Terdapat pula beberapa klub yang memperoleh pendapatan yang besar dengan adanya bursa transfer ini. 

Di sisi lain, pastinya juga ada klub yang telah mengeluarkan biaya yang besar pula agar dapat mendatangkan pemain yang diincarnya. Terdapat beberapa klub yang diketahui meraih keuntungan transfer terbesar pada bursa transfer musim panas 2021/2022. Kira-kira klub mana saja ya? Yuk, simak penjelasannya. 

1. Inter Milan - Rp2,7 triliun

5 Klub dengan Keuntungan Transfer Terbesar pada Bursa Transfer 21/22potret Romelu Lukaku bersama Inter Milan (sempreinter.com)

Inter Milan merupakan klub yang cukup banyak menjual pemain pentingnya pada bursa transfer musim panas ini. Beberapa pemain pentingnya yang dijual mahal ialah Romelu Lukaku, Achraf Hakimi, dan Matteo Politano. Pemain termahal yang dijual Inter Milan ialah Lukaku yang pindah ke Chelsea dengan harga 1,9 triliun rupiah. 

Total pendapatan Inter Milan secara keseluruhan ialah 197,05 juta euro atau 3,3 triliun rupiah. Di sisi lain, pengeluaran Inter Milan pada bursa transfer musim panas ini sebesar 36 juta euro atau setara 606 miliar saja. Dengan begitu, Inter Milan meraih keuntungan sekitar 2,7 triliun rupiah pada bursa transfer musim panas ini.

2. Borussia Dortmund - Rp1,05 triliun

5 Klub dengan Keuntungan Transfer Terbesar pada Bursa Transfer 21/22potret Jadon Sancho bersama Borussia Dortmund (insider-voice.com)

Borussia Dortmund meraih keuntungan sebesar 62,8 juta euro atau setara 1,05 triliun rupiah. Dengan hal tersebut, klub asal Jerman itu merupakan klub kedua dengan keuntungan terbesar pada bursa transfer musim panas ini setelah Inter Milan. Total pendapatan Borussia Dortmund sebesar 107,75 juta euro atau setara 1,8 triliun rupiah. 

Beberapa pemain Borussia Dortmund yang dijual mahal ialah Jadon Sancho dan Leonardo Balerdi. Ada pula pembelian Borussia Dortmund yang sebesar 45 juta euro atau setara 758 miliar rupiah. Donyell Malen merupakan pemain termahal Borussia Dortmund yang dibeli dari PSV pada bursa transfer musim panas kemarin.

Baca Juga: 10 Fakta Jadon Sancho, Rekrutan Anyar MU yang Tengah Bersinar

3. RB Salzburg - Rp900 miliar

5 Klub dengan Keuntungan Transfer Terbesar pada Bursa Transfer 21/22potret Patson Daka bersama RB Salzburg (breakingthelines.com)

Ada juga RB Salzburg yang meraih keuntungan besar pada bursa transfer musim panas ini. Setidaknya klub asal Austria itu meraih profit sebesar 53,4 juta euro atau setara 900 miliar rupiah. Pendapatan dari penjualan pemain klub tersebut sebesar 66,85 juta euro atau 1,1 triliun rupiah. 

Penjualan termahal mereka ialah transfer Patson Daka yang dijual ke Leicester City dengan harga 30 juta euro. Ada pula total pembelian RB Salzburg yang hanya sejumlah 13,5 juta euro atau setara 227 miliar rupiah. Kamil Piatkowski merupakan pembelian termahal mereka dengan harga 5 juta euro saja.

4. Udinese Calcio - Rp893 miliar

5 Klub dengan Keuntungan Transfer Terbesar pada Bursa Transfer 21/22potret Rodrigo De Paul bersama Udinese Calcio (theyoungpeacock.com)

Selain Inter Milan, ada juga klub Italia yang memperoleh keuntungan yang sangat besar pada bursa transfer musim panas 2021/2022, yaitu Udinese Calcio. Klub tersebut berhasil meraih profit sebesar 53 juta euro atau setara 893 miliar rupiah. Total pendapatan mereka dari aktivitas penjualan pemain sebesar 62,3 juta euro atau 1,05 triliun rupiah. 

Rodrigo De Paul yang ke Atletico Madrid dan Joan Musson yang ke Atalanta menjadi penjualan termahal mereka pada bursa transfer kemairn. Ada juga total pengeluaran mereka sebanyak 9,3 juta euro atau setara 156 miliar rupiah. Rata-rata harga pemain yang mereka beli hanya sebesar 1--3 juta euro saja dan tak heran jika Udinese meraih profit yang besar pada bursa transfer musim panas ini.

5. Barcelona - Rp826 miliar

5 Klub dengan Keuntungan Transfer Terbesar pada Bursa Transfer 21/22potret Emerson Royal berseragam Barcelona (today.in-24.com)

Pada bursa transfer musim panas ini Barcelona memang dikenal mendatangkan banyak sekali pemain top gratis, mulai dari Sergio Aguero, Memphis Depay, hingga Eric Garcia. Ada juga Emerson Royal yang dibeli dari Real Betis dengan harga 14 juta euro atau 236 miliar rupiah. 

Uniknya, Emerson Royal malah dijual lagi ke Tottenham dengan harga 25 juta euro atau 421 miliar rupiah. Ada pula beberapa penjualan dan peminjaman lainnya yang mengakibatkan Barcelona untung sebesar 49 juta euro atau setara 826 miliar rupiah.

 

Itu dia 5 klub yang meraih keuntungan terbanyak pada bursa transfer musim panas 2021/2022. Dapat dikatakan klub tersebut memiliki strategi bisnis yang bagus. Meskipun begitu, dengan keuntungan tersebut, banyak yang meragukan prestasi mereka pada musim ini, baik di tingkat domestik maupun internasional.

Baca Juga: Bek Barcelona Gerard Pique Serang Mantan Presiden Klub

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya