Comscore Tracker

5 Negara yang Absen di Piala Eropa Selamanya, Ada Uni Soviet!

Beberapa negara bahkan ada yang pernah juara Piala Eropa!

Piala Eropa merupakan salah satu kompetisi sepak bola yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia. Bagaimana tidak, kompetisi empat tahunan itu dikenal sangat kompetitif untuk meraih trofi tersebut. Dalam sejarahnya, terdapat beberapa negara yang pernah menjuarai Piala Eropa namun negara tersebut harus bubar dan tidak akan mengikuti kompetisi itu lagi.

Padahal, peforma mereka sebenarnya merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar bola. Berikut 5 negara yang absen di Piala Eropa selamanya yang wajib kamu tahu. 

1. Uni Soviet

5 Negara yang Absen di Piala Eropa Selamanya, Ada Uni Soviet!potret skuad Timnas Uni Soviet(kiri)(thesefootballtimes.co)

Tak banyak yang tahu bahwa Uni Soviet merupakan negara pertama yang pernah menjuarai Piala Eropa. Uni Soviet berhasil mengalahkan Yugoslavia di partai final yang diselenggarakan di Prancis dengan skor 2-1. Sayangnya, para penggemar saat ini tidak akan bisa lagi melihat performa tim Uni Soviet.

Hal tersebut dikarenakan negara Uni Soviet sudah bubar terbagi menjadi beberapa negara pada tahun 1991 di bawah kepemimpinan Mikhail Gorbachev. Negara Uni Soviet sendiri juga pernah menjadi runner up Piala Eropa sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1964, 1972, dan 1988.

2. Yugoslavia

5 Negara yang Absen di Piala Eropa Selamanya, Ada Uni Soviet!potret Timnas Yugoslavia(psmag.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Yugoslavia kalah dari Uni Soviet di ajang Piala Eropa edisi pertama. Hal tersebut membuat Yugoslavia menjadi runner up pertama dalam sejarah kompetisi tersebut. Pada tahun 1968, Yugoslavia kembali masuk final Piala Eropa meskipun harus kalah dari Italia. 

Para penggemar sepak bola saat ini sudah tidak bisa melihat performa tim Yugoslavia karena pada awal 1990an negara tersebut terpecah menjadi beberapa negara. Beberapa negara yang dulu masuk wilayah Yugoslavia ialah Serbia, Kroasia, Slovenia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, dan Republik Makedonia.

Baca Juga: Tak Lolos, 5 Pemain Top Serbia yang Gagal Tampil di Piala Eropa 2020

3. Cekoslovakia

5 Negara yang Absen di Piala Eropa Selamanya, Ada Uni Soviet!potret skuad Cekoslovakia(english.radio.cz)

Cekoslovakia merupakan jawara Piala Eropa 1976. Kala itu, negara tersebut berhasil mengalahkan Jerman Barat melalui drama adu penalti. Cekoslovakia juga merupakan runner up Piala Eropa 1996 setelah dikalahkan oleh negara Jerman dengan skor 2-1.

Pada tahun 1992, Cekoslovakia pecah menjadi 2 bagian, yaitu Republik Ceko di bagian barat dan Slovakia di bagian timur. Meskipun berpisah, sebenarnya Cekoslovakia sendiri sama dengan Republik Ceko yang saat ini kita kenal. Sedangkan Slovakia sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama agar dapat berjaya di kompetisi internasional dan bahkan negara tersebut tidak ikut ajang Piala Eropa 2020 saat ini.

4. Jerman Timur

5 Negara yang Absen di Piala Eropa Selamanya, Ada Uni Soviet!potret skuad Jerman Timur(international-football.net)

Meskipun skuad Timnas Jerman Timur tidak sepopuler Jerman Barat, negara tersebut merupakan salah satu tim yang ditunggu-tunggu penampilannya.  Negara dengan nama resmi Republik Demokratik Jerman tersebut didirikan pada tahun 1949 dengan Berlin bagian timur sebagai pusat pemerintahan. Di Piala Eropa, tak banyak prestasi yang dihasilkan oleh skuad Jerman Timur.

Pada tahun 1990, tembok Berlin yang merupakan pembatas antara Jerman Barat dan Jerman Timur runtuh dan menandakan bersatunya kedua negara tersebut. Saat ini, Jerman Barat dan Jerman Timur sendiri dikenal dengan negara Jerman yang memang merupakan salah satu negara dengan skuad sepak bola terkuat. 

5. Jerman Barat

5 Negara yang Absen di Piala Eropa Selamanya, Ada Uni Soviet!potret skuad Jerman Barat(backpagefootball.com)

Pada awal 1990an, Jerman Barat resmi bersatu dengan Jerman Timur menjadi negara Jerman. Sebenarnya, Jerman yang saat ini kita kenal sekarang merupakan titisan dari skuad Jerman Barat. Negara Jerman Barat sendiri sudah menjuarai Piala Eropa sebanyak 2 kali, yaitu pada tahun 1972 dan 1980.

Setelah bergabung menjadi Jerman, negara tersebut berhasil menjuarai Piala Eropa 1996 setelah mengalahkan Republik Ceko dengan skor 1-2. Uniknya, Republik Ceko sendiri juga merupakan negara pecahan dari Cekoslovakia yang berpisah dari negara Slovakia.

Nah, itu dia 5 negara yang absen selamanya pada ajang Piala Eropa. Memang, Jerman dan Republik Ceko sendiri merupakan titisan dari beberapa negara di atas yang bermain di Piala Eropa 2020. Sedangkan Slovakia yang berpisah dari Cekoslovakia harus absen di Piala Eropa 2020 saat ini.

Baca Juga: Mengenang Kisah Kejayaan Timnas Yugoslavia, Mantan Raksasa Eropa!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya