5 Eks Pelatih Chelsea dengan Persentase Kemenangan Tertinggi

Termasuk Thomas Tuchel!

Baru-baru ini para penggemar sepak bola dikejutkan dengan pemecatan Thomas Tuchel oleh manajemen Chelsea. Hal tersebut tak lepas dari kekalahan Chelsea dari Dinamo Zagreb di pekan pertama Liga Champions 2022/2023 dengan skor 0-1. 

Padahal, Tuchel sendiri dikabarkan masuk dalam daftar eks pelatih Chelsea dengan persentase kemenangan tertinggi. Kira-kira, siapa saja nama yang masuk dalam daftar ini? Yuk, simak penjelasannya. 

1. Antonio Conte (65,09 persen)

5 Eks Pelatih Chelsea dengan Persentase Kemenangan TertinggiAntonio Conte (instagram.com/antonioconte)

Antonio Conte merupakan pelatih Chelsea selama 2016 hingga 2018 lalu. Conte sudah menyumbang berbagai trofi bagi Chelsea, seperti Premier League 2016/2017 dan Piala FA 2017/2018.

Tak hanya itu, Conte ternyata juga berstatus sebagai eks pelatih Chelsea dengan persentase kemenangan tertinggi sejauh ini, yaitu mencapai 65,09 persen. Persentase tersebut didapatkan dari 106 laga yang dijalaninya.

2. Jose Mourinho (63,55 persen)

5 Eks Pelatih Chelsea dengan Persentase Kemenangan TertinggiJose Mourinho (instagram.com/josemourinho)

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, juga masuk dalam daftar ini. Mourinho sendiri melatih Chelsea selama 2004 hingga 2007 dan 2013 hingga 2015 lalu. Selama dua periode tersebut, sudah ada 321 laga yang dijalaninya. 

Tingkat persentase kemenangan Mourinho selama melatih Chelsea sebesar 63,55 persen. Dia juga berhasil menyumbangkan beberapa trofi bagi Chelsea, seperti 3 trofi Premier League, 1 trofi Piala FA, 3 trofi Piala Liga, dan 1 trofi FA Community Shield.

Baca Juga: Mourinho Kalah Besar Lagi, Sekarang dengan AS Roma

3. Carlo Ancelotti (61,47 persen)

5 Eks Pelatih Chelsea dengan Persentase Kemenangan TertinggiCarlo Ancelotti (twitter.com/MrAncelotti)

Carlo Ancelotti juga sempat melatih Chelsea pada 2009 hingga 2011. Pelatih asal Italia itu menorehkan beberapa trofi selama melatih Chelsea, seperti 1 trofi Premier League, 1 trofi Piala FA, dan 1 trofi FA Community Shield. 

Ada 109 laga yang dijalani Ancelotti bersama Chelsea. Tingkat kemenangan Ancelotti bersama The Blues sendiri mencapai 61,47 persen dari seluruh laga yang dimainkannya di berbagai ajang.

4. Thomas Tuchel (60 persen)

5 Eks Pelatih Chelsea dengan Persentase Kemenangan TertinggiThomas Tuchel dan Raheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Thomas Tuchel menjadi pelatih terbaru yang dipecat Chelsea. Pemecatan ini tak lepas dari kekalahan Chelsea atas Dinamo Zagreb dengan skor 0-1. Padahal, Tuchel sudah menyumbangkan trofi Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan UEFA Supercup.

Persentase kemenangan Tuchel bersama Chelsea juga cukup baik, yaitu 60 persen. Persentase itu didapatkannya dari 100 laga yang dijalaninya bersama Chelsea sejak 26 Januari 2021 lalu.

5. Claudio Ranieri (53,77 persen)

5 Eks Pelatih Chelsea dengan Persentase Kemenangan TertinggiJohn Terry dan Claudio Ranieri saat memegang trofi. (twitter.com/numeroplayer)

Sebelum Chelsea memasuki era kejayaannya, klub ini dilatih oleh Claudio Ranieri. Dia melatih Chelsea pada 2000 hingga 2004 lalu sebelum akhirnya merapat ke Valencia. Selama periode tersebut, Ranieri sudah menjalani 199 laga bersama Chelsea.

Tingkat kemenangan Ranieri bersama Chelsea mencapai 53,77 persen kala itu. Dia menjadi pelatih Chelsea dengan persentase kemenangan tertinggi sebelum rekor tersebut dipecahkan oleh Carlo Ancelotti.

 

Kelima eks pelatih Chelsea itu telah memberikan prestasi yang luar biasa bagi Chelsea. Sayangnya, beberapa di antara mereka harus berakhir dengan pemecatan oleh manajemen Chelsea.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Thomas Tuchel Selama Melatih Chelsea

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya