5 Pelatih Sepak Bola yang Latih Mantan Klubnya pada Musim 2021/2022

Bagaimana performa kelima manajer tersebut di klubnya?

Bagi seorang manajer sepak bola, melatih mantan klub yang pernah dibelanya merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Apalagi jika dia pernah berstatus sebagai legenda di klub tersebut.

Fenomena manajer sepak bola yang melatih mantan klubnya sebenarnya merupakan hal yang wajar sejak dahulu kala. Pada musim 2021/2022, terdapat beberapa manajer sepak bola yang diketahui melatih mantan klubnya pada musim 2021/2022.

Kira-kira siapa saja mereka? Yuk, simak penjelasannya. 

1. Xavi (Barcelona)

5 Pelatih Sepak Bola yang Latih Mantan Klubnya pada Musim 2021/2022pelatih Barcelona Xavi Hernandez (marca.com)

Fans Barcelona pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Xavi Hernandez. Dia ditunjuk untuk menjadi pelatih Barcelona sejak awal November 2021 lalu untuk menggantikan peran Ronald Koeman.

Seperti yang diketahui, Xavi merupakan pemain Barcelona pada 1995 hingga 2015 lalu. Pengalaman dan prestasi Xavi selama menjadi pemain Barcelona cukup meyakinkan para suporter tentang masa depan cerah Barcelona ke depannya.

Walau begitu, musim pertama Xavi di Barcelona dapat dikatakan berat, karena klubnya tak mampu lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 dan dipercaya keluar dari persaingan perebutan trofi LaLiga.

2. Mikel Arteta (Arsenal)

5 Pelatih Sepak Bola yang Latih Mantan Klubnya pada Musim 2021/2022potret Mikel Arteta (fourfourtwo.com)

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, juga menjadi pelatih yang menangani mantan klubnya. Seperti yang diketahui, Arteta merupakan pemain Arsenal pada 2011 hingga 2016 setelah didatangkan dari Everton.

Dia ditunjuk menangani Arsenal sejak Desember 2019 dan langsung memberikan trofi Community Shield pada musim pertamanya. Pada musim 2021/2022, karier Arteta di Arsenal hampir saja terancam akibat performa buruk di empat laga awal Premier League.

Walau begitu, Arteta berhasil membangkitkan semangan para pemain sehingga saat ini mereka masuk dalam bersaingan tiket Liga Champions di 8 besar klasemen sementara Premier League. 

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola Terboros pada Abad ke-21, Siapa Saja?

3. Mauricio Pochettino (Paris Saint-Germain)

5 Pelatih Sepak Bola yang Latih Mantan Klubnya pada Musim 2021/2022Pelatih PSG Mauricio Pochettino (ukrgate.com)

Mauricio Pochettino merupakan pelatih Paris Saint-Germain sejak Januari 2021 lalu. Musim pertama Pochettino tak berjalan sesuai rencana akibat dia gagal membawa Paris Saint-Germain menjuarai Ligue 1 dan Liga Champions.

Walau begitu, manajemen PSG tetap memberikan kepercayaan penuh kepadanya pada musim ini. Pochettino merupakan pemain PSG selama 2001 hingga 2003.

Walau namanya kala itu kurang tenar, saat ini dia berhasil menjadi pelatih top yang kerap diperbincangkan publik. Apalagi dia menjadi kandidat terkuat pelatih Manchester United musim 2022/2023 untuk menggantikan Ralf Rangnick.

4. Diego Simeone (Atletico Madrid)

5 Pelatih Sepak Bola yang Latih Mantan Klubnya pada Musim 2021/2022Diego Simeone bersama Atletico Madrid (football-espana.net)

Fans Atletico Madrid pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Diego Simeone. Pelatih Atletico Madrid sejak 2011 lalu merupakan salah satu pelatih tersukses dalam sejarah klub tersebut.

Setidaknya dia sudah menyumbangkan dua trofi LaLiga, dua trofi Liga Europa, dua trofi UEFA Super Cup, dan masing-masing satu trofi Piala Spanyol dan Piala Super Spanyol.

Simeone juga sempat bermain bagi Atletico Madrid pada 1994 hingga 1996, dan 2003 hingga 2005 lalu. Dia juga sempat membela beberapa klub ternama lainnya seperti Inter Milan, Lazio, dan Sevilla. 

5. Wayne Rooney (Derby County)

5 Pelatih Sepak Bola yang Latih Mantan Klubnya pada Musim 2021/2022pelatih Derby County Wayne Rooney (skysports.com)

Ada juga nama Wayne Rooney yang masuk dalam daftar ini. Rooney sebenarnya lebih dikenal sebagai legenda Manchester United dan Everton. Namun, dia memutuskan untuk pensiun di Derby County pada Januari 2021. 

Setelah itu, Rooney ditunjuk sebagai pelatih tetap setelah sempat dipercaya sebagai pelatih-pemain di Derby County selama beberapa bulan. Derby County sendiri saat ini bermain di Championship 2021/2022 dan sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi.

 

Kelima pelatih tersebut saat ini melatih mantan klub mereka. Mampukah mereka meraih kesuksesan pada musim 2021/2022 ini?

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola yang Saat Ini Menjadi Asisten Pelatih

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya