5 Pemain dengan Penampilan Final Liga Champions Terbanyak

Cristiano Ronaldo dan Paolo Maldini jadi yang teratas

Liverpool berhasil melaju final Liga Champions 2021/2022 setelah mengalahkan Villareal pada leg kedua semifinal. Berbicara tentang Liga Champions, ada beberapa pesepak bola yang jadi langganan final kompetisi tersebut.

Pastinya hal itu menjadi kebanggaan tersendiri karena tak mudah untuk masuk ke final Liga Champions. Kira-kira siapa saja mereka? Berikut lima pemain dengan penampilan terbanyak di final Liga Champions.

1. Cristiano Ronaldo (6 kali)

5 Pemain dengan Penampilan Final Liga Champions TerbanyakCristiano Ronaldo bersama Juventus (football-italia.net)

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Bagaimana tidak, dia sudah berhasil meraih lima trofi Liga Champions. Empat trofi diraihnya bersama Real Madrid.

Sementara itu, satu trofi lainnya diraih saat dia membela Manchester United pada musim 2007/2008. Ronaldo juga jadi pemain dengan keterlibatan final Liga Champions terbanyak, yaitu enam kali.

2. Paolo Maldini (6 kali)

5 Pemain dengan Penampilan Final Liga Champions TerbanyakPaolo Maldini bersama AC Milan (skysports.com)

Legenda AC Milan, Paolo Maldini, juga jadi pemain dengan keterlibatan final Liga Champions terbanyak. Setidaknya dia sudah enam kali merasakan final Liga Champions. Maldini membela AC Milan selama 1985 hingga akhirnya dia pensiun pada 2009 di klub tersebut.

Dari enam final Liga Champions, Maldini berhasil meraih tiga trofi kompetisi tersebut, yaitu pada musim 1993/1994, 2002/2003, dan 2006/2007. Saat ini, dia menjadi direktur teknis klub AC Milan.

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan yang Paling Sering Tampil Bareng Paolo Maldini

3. Clarence Seedorf (5 kali)

5 Pemain dengan Penampilan Final Liga Champions TerbanyakClarence Seedorf bersama Real Madrid (footchampion.com)

Clarence Seedorf merupakan mantan pesepak bola top asal Belanda yang pernah membela beberapa klub top, seperti Ajax, Real Madrid, Inter Milan, dan AC Milan. Dia memutuskan untuk pensiun pada 2014 di klub Brasil Botafogo.

Seedorf berhasil melaju ke lima final Liga Champions di tiga klub berbeda, yaitu AC Milan, Real Madrid, dan Ajax. Menariknya, Seedorf tak pernah gagal dalam meraih trofi saat melaju ke final Liga Champions.

4. Patrice Evra (5 kali)

5 Pemain dengan Penampilan Final Liga Champions TerbanyakPatrice Evra bersama Manchester United (thisisanfield.com)

Patrice Evra merupakan salah satu bek kiri terbaik sepanjang sejarah. Dia pernah membela beberapa klub top, seperti AS Monaco, Manchester United, Juventus, hingga Marseille. Evra sudah lima kali masuk final Liga Champions. 

Namun, hanya ada satu trofi yang dia raih, yaitu pada 2007/2008 bersama Manchester United. Pemain asal Prancis itu juga meraih lima trofi Premier League bersama skuad Setan Merah saat masih dilatih Sir Alex Ferguson.

5. Edwin van der Sar (5 kali)

5 Pemain dengan Penampilan Final Liga Champions Terbanyakpotret Edwin van der Sar bersama Manchester United(edwinvandersarfan.info)

Edwin van der Sar merupakan eks kiper top Manchester United. Dia membela Setan Merah selama 2005 hingga 2011 lalu. Kiper asal Belanda itu juga pernah membela Ajax dan Juvetus. 

Van der Sar sudah tampil di lima final Liga Champions. Dia berhasil meraih dua trofi Liga Champions untuk dua klub yang berbeda, yaitu Ajax dan Manchester United.

 

Cristiano Ronaldo dan Paolo Maldini jadi pemain dengan penampilan final Liga Champions terbanyak. Menurutmu, adakah pemain yang akan melampui torehan kedua pemain tersebut?

Baca Juga: 9 Klub Liga Inggris yang Pernah Main di Final Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya